WRI Rilis Peta Interaktif Kebakaran Hutan Terbaru

Share Article

World Research Institute (WRI) kembali merilis peta interaktif kebakaran hutan di Indonesia. Peta ini memperbaharui peta sebelumnya dengan penambahan data titik api dari NASA tanggal 20-23 Juni 2013. Sebelumnya hanya pada rentang 12-20 Juni 2013. Data kepemilikan lahan konsesi juga diperbaharui, dari sebelumnya pada 2010, kini menjadi 2013 atau yang terbaru. Data lokasi kepemilikan lahan konsesi ini diperoleh WRI dari Kementerian Kehutanan.

Pengumuman WRI bisa dilihat di sini.

Berdasarkan analisis terbaru dari WRI, menunjukkan adanya perkembangan sebaran peringatan titik api di Sumatera dari waktu ke waktu serta kaitannya dengan konsesi perusahaan. Dua data penting dalam analisis ini antara lain:

1) Peringatan titik api baru dari Data Api Aktif NASA, yang menunjukkan sebaran peringatan titik api terbaru selama periode 20-23 Juni (sebelumnya hanya pada 12-20 Juni)

2) Peta konsesi dan penggunaan lahan terbaru dari Kementerian Kehutanan Republik Indonesia, tertanggal 2013.

Catatan: Visualisasi di bawah ini bersumber dari data yang tersedia bagi publik dari NASA dan Pemerintah Indonesia. Para ahli di WRI telah melakukan usaha terbaik mereka untuk melakukan verifikasi terhadap informasi ini, namun tidak dapat mengkonfirmasi akurasi dari informasi awal tersebut.

Leave a Reply