Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

Uang Kripto Dogecoin Terbang di Atas 247 Persen, Server Indodax Sempat Down

Share Article
Grafik pergerakan harga Dogecoin di Coingecko per 28 Januari 2021 puku 22.33 WIB.

ENDONESIA.com – Mata uang kripto (cryptocurrency) Dogecoin pada hari Kamis (28/1/2021) terbang hingga di atas 247 persen dalam 24 jam terakhir. Kenaikan ini terjadi sejak Kamis sore.

Saat yang bersamaan, Bitcoin yang sempat turun dalam hari Kamis ini juga kembali pulih. Namun, kenaikan bitcoin tak setinggi pada Doge. Posisi Bitcoin hanya pulih dari penurunan sebelumnya. Kini bitcoin di kisaran Rp 440.000.0000 sd Rp 470.000.000 menurut harga di Indodax.

Koin Doge bergambar meme anjing ini terbang di sekitar Rp 340 pada pukul 22.26 WIB dari sebelumnya hanya di kisaran Rp 105.

Saat bersamaan, ketika semua mata tertuju pada Dogecoin, server Indodax yang merupakan exchange terbesar di Indonesia mengalami masalah. Server down sekitar pukul 22.15.

Namun, persoalan server ini hanya terjadi sekian menit saja. Pengguna kemudian bisa kembali login secara normal, walaupun beberapa fitur, misalnya fitur chatroom, sempat dinonaktifkan sesaat.

Login di aplikasi tiba-tiba terpental dan harus login ulang namun saat login ditolak.

Versi desktop pun juga bermasalah. Setelah login, halaman Indodax mengalami error.

Belum diketahui penyebab error server Indodax ini dan belum dipastikan apakah terkait lonjakan pengguna Indodax. Namun sebelum persoalan ini muncul, pengguna Indodax di hari yang sama, sebelumnya mendapatkan notifikasi untuk upgrade app Indodax.

Di media sosial, seperti Twitter, hiruk pikuk seluruh dunia dari para penggemar kripto sahut-menyahut merayakan kenaikan tajam mata uang kritpo berlambangkan anjing ini.

Mereka ramai-ramai mengajak semua pemegang Doge untuk hold dengan target harga 1 dollar AS.

Mengepa Dogecoin Meroket?

Koin Doge memang fenomenal di tahun 2020 hingga saat ini. Selain karena Dogecoin ini pernah ditwit oleh bos Tesla, Elon Musk, baru-baru ini, thestreet.com melaporkan kenaikan harga Dogecoin karena para investor retail menggembar-gemborkan untuk hold Dogecoin dengan target harga tertentu.

Menurut thestreet.com, pengguna di utas Reddit SatoshiStreetBets menggembar-gemborkan keuntungan dengan satu pengguna mengatakan “Doge = GME crypto,” dengan “GME” mengacu pada pengecer video game GameStop ( GME ) – yang nilainya telah berlipat empat minggu ini.

Pengguna lain dilaporkan memposting “kita perlu doge untuk $ 1.”

Dogecoin memiliki kapitalisasi pasar sekitar $ 1,4 miliar, menjadikannya cryptocurrency dengan nilai tertinggi ke-33 di dunia, menurut layanan pelacakan crypto CoinGecko.

GameStop adalah pengecer video game yang sedang berjuang untuk menemukan pangsa pasar baru.

Saham GameStop telah meningkat 1700% sejak saat itu, termasuk lonjakan hari Rabu kemarin sebesar 135%..

Saham GameStop naik 10% sebelum dipasarkan Kamis setelah Robinhood membatasi pedagang untuk membeli saham pengecer video game, AMC Entertainment . Robinhood adalah perusahaan sekuritas di Amerika yang memperdagangkan saham dan kripto.

Perlawanan pedagang ritel

Kenaikan harga kripto dan juga harga saham GameStop merupakan perlawanan para investor dan trader ritel atau perseorangan. Perlawanan ini dilatarbelakangi kesewenang-wenangan rantai lembaga keuangan konvensional di AS.

Forbes memberitakan, harga Bitcoin, Doge, dan cryptocurrency lainnya telah naik setelah aplikasi perdagangan saham Robinhood membatasi pengguna retail untuk memperdagangkan saham dari GameStop dan saham lain. Hal ini justru membuat saham GameStop melonjak dalam beberapa hari terakhir. Sebagian investor diyakini beralih ke kripto, termasuk Dogecoin.

Dikutip dari Forbes, rally dogecoin kemungkinan akan berumur pendek. Terkait kenaikan Doge dan beberapa koin kripto, pendukung bitcoin dan cryptocurrency dengan cepat mengklaim bahwa ini respons dari apa yang dilakukan Robinhood.

“Kurangnya transparansi di pasar tradisional telah mengakibatkan pengawasan terbatas, tetapi juga kurangnya kesempatan bagi investor ritel, yang diperburuk oleh penurunan nilai dolar,” Meltem Demirors, kepala strategi di manajer aset digital CoinShares yang berbasis di London, dikutip dari Forbes.

“Crypto membalikkan struktur kekuatan ini, dan benar-benar menjadi dasar, pergerakan yang dipimpin ritel, dengan pasar bitcoin berkembang sepenuhnya di luar Wall Street dan sistem keuangan tradisional. Pasar Crypto terbuka dan dapat diakses oleh siapa saja dengan ponsel pintar, dan bitcoin hadir kesempatan yang sama bagi investor dari semua jenis.”

Komunitas bitcoin dan kripto mendukung kenaikan harga bitcoin, doge, dan koin-koin lainnya, menganggapnya sebagai sinyal ini membuat orang-orang berbondong-bondong ke kripto.

“Bitcoin naik lagi karena masalah GameStop menjadi pusat perhatian,” kata Paolo Ardoino, kepala teknologi di bursa cryptocurrency Bitfinex yang berbasis di Hong Kong dan terdaftar di British Virgin Islands, seperti dikutip Forbes.

“Karena para pendukung investor ritel menentang struktur dan praktik pasar keuangan saat ini, penting untuk dicatat bahwa banyak pekerjaan yang dilakukan di ruang blockchain telah terinspirasi oleh hambatan ini,” katanya.

Dikutip dari cointelegraph.com, data dari Cointelegraph Markets , CoinMarketCap dan Tradingview menunjukkan transformasi yang terjadi di ekosistem DOGE semalam pada 27 Januari, dengan DOGE / USD mencapai $ 0,0138.

Dalam hitungan jam pada hari Kamis, uang kripto ini menambahkan lebih dari 80% ke harga spotnya.

Peningkatan tersebut disertai dengan lonjakan minat yang sama di media sosial, dengan aktivitas Twitter naik lebih dari 300%. Sumber berita, tampaknya, adalah grup Reddit yang sama-sama yang memicu kenaikan dramatis namun sangat kontroversial untuk harga saham perusahaan elektronik konsumen AS GameStop.

Akun Twitter parodi yang menyamar sebagai moderator untuk r / Wallstreetbets bertanya : “Apakah Doge pernah mendapatkan satu dolar?”

Selanjutnya, tagar #dogecoin dan # dogecoininto1dollar mulai menggema dan menjadi tren di kalangan pengguna di Amerika Serikat. Harga 1 dollar ini merujuk pada mimpi lama di antara investor altcoin.

Dogecoin sudah memiliki kesamaan dengan GME, keduanya telah mendapatkan imbas tweet dari CEO Tesla dan orang terkaya di dunia, Elon Musk dalam beberapa minggu terakhir. Seperti yang dilaporkan Cointelegraph , dukungan Musk terhadap DOGE cukup untuk mendorong aksi harga yang serius.

Di Reddit sendiri, pengguna mencoba memasukkan petunjuk untuk berinvestasi dalam altcoin berbasis meme, meskipun postingan khusus telah dihapus oleh moderator r / Wallstreetbets.

Para pendukung cryptocurrency berpendapat bahwa pengguna Reddit menggabungkan kekuatan untuk melampaui institusi yang tidak siap hanya bermain-main dengan aturan kapitalisme.

“Saya tahu hal-hal GameStop ini lucu, tetapi Anda harus ingat ini menyakiti orang-orang nyata yang memiliki banyak kapal,” Kevin Farzad, anggota grup musik Sure Sure, menambahkan .

Saham GME naik 200% pada hari Rabu, dengan perdagangan setelah jam kerja. Secara keseluruhan, saham tersebut naik 1.600% sejak 12 Januari.

DISCLAIMER: Artikel ini hanya untuk edukasi dan pemberitaan semata. Tidak ditujukan untuk mengajak membeli, menahan, atau menjual mata uang kripto. Berinvestasi di uang kripto memiliki risiko tinggi. Pahami dan pertimbangkan sebelum melakukan investasi.

loading...