Tips Untuk Hidup Berhemat di Zaman Krisis

Share Article
Ilustrasi: Kerangrebus.com

Seperti yang kita ketahui, di jaman sekarang segala kegiatan akan sangat memerlukan uang. Oleh karena itu banyak di antara kita yang mengeluh kehabisan uang, padahal gaji dari pekerjaan mereka sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka. Oleh karena itu, kali ini saya akan berbagi tips untuk bisa menghemat uang anda.

1. Bulatkan Tekad
Apapun yang akan anda lakukan, selalu bulatkan tekad anda agar apa yang anda kerjakan tidak setengah-setengah. Selalu berkata “Saya Bisa” dalam hati anda, walaupun sesulit apapun keadaannya.

2. Mulailah Menabung
Salah satu cara berhemat adalah menabung. Sisihkanlah minimal 10% gaji anda untuk ditabung. Misalnya jika gaji anda 1 juta perbulan, maka sisihkanlah 100 ribu untuk ditabung, dan tabunglah uang anda di bank. Jangan sekali-kali menabung uang di celengan, karena dengan menabung di celengan akan membuat anda tergoda untuk membuka celengannya.

3. Buatlah Target Barang Yang Ingin Dibeli
Buatlah target untuk membeli barang. Misalnya anda menargetkan ingin membeli rumah. Maka otomatis anda akan menabung untuk membeli rumah impian anda. Dari sini anda akan berhemat dengan uang anda.

4. Pakailah Uang Seperlunya
Inilah factor yang sangat sulit dilakukan oleh orang jaman sekarang. Banyak orang jika sudah punya uang banyak jadi lupa untuk berhemat, akibatnya mereka akan banyak membeli barang yang tidak perlu, misalnya anda membeli baju dan mengikuti trend jaman sekarang. Sebaiknya, mulailah hidup sederhana dari sekarang.

5. Berinvestasilah
Berinvestasi juga sangat penting dalam hidup hemat, karena dengan investasi kita malahan bisa melipatgandakan uang kita tergantung bunga yang sudah dijanjikan.
Buat sobat sekalian yang gak tahu caranya berinvestasi, Klik disini…

6. Bersedekahlah
Semua agama mengajarkan kepada umatnya untuk bersedekah kepada sesame, karena selain dapat pahala, dengan bersedekah saya yakin uang yang kita sedekahin bakalan diganti 20x lipat oleh Tuhan. Tapi ingat.. jangan semua hartamu disedekahin. Hanya orang kelewat bodoh yang begitu. Bersedekah seiklasnya saja aja.

7. Berdoalah
Berdoalah kepada Tuhan agar diberi kekuatan dan tekad yang kuat agar anda bisa sukses berhemat. Karena doa adalah kekuatan terkuat di muka bumi ini.

Itu saja tips dari saya tentang cara hidup berhemat. Ingat.. semua bergantung kepada tekad dan kemauan anda untuk hidup hemat. Artikel saya tidak akan membantu jika anda tidak punya tekad dan kemauan untuk berhemat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca semua. Salam Sukses!! (Penulis: Made Gilang Aditya, Email: madegilangaditya at gmail.com)

loading...

Leave a Reply