Bagaimana Cara Membersihkan AC Sendiri? Simak Panduan Cuci AC Tanpa Alat Jet Sprayer

Share Article
Membersihkan AC rumah bisa dilakukan sendiri. (Foto Bidik Layar Youtube/Mfik Tech)

ENDONESIA.com – Bagaimana cara mencuci atau membersihkan AC (air conditioner) atau pendingin ruangan di rumah kita tanpa undang jasa servis AC? Apakah mungkin? Kalau mungkin, ribet pasti ya? Oh, ternyata tidak lho!

Di saat pandemi seperti ini, mengundang tukang servis AC ke rumah pasti kita akan pikir-pikir panjang. Takut terjadi sesuatu yang tak diinginkan terkait penularan virus.

Namun, jika kita tak segera membersihkan AC rumah, kondisinya akan semakin parah. Pasti di antara para pembaca semua, ada yang sudah lebih dari 3 bulan tak membersihkan AC atau bahkan sudah sampai enam bulan. Padahal, seharusnya, AC di rumah harus sering dicuci dua bulan sekali atau paling tidak tiga bulan sekali.

Baca juga: 8 Langkah Cara Membersihkan Kulkas agar Tetap Higienis

Jika tak segera dibersihkan, kotoran akan menumpuk di instalasi unit AC indoor maupun unit outdoor. Dampak nyatanya, AC menjadi tidak dingin dan sudah pasti boros listrik. Bagaimana tak boros listrik, saat AC tidak dingin, pasti kita biasa set suhu sampai 20 derajat atau bisa sampai 18 derajat. Itu pun tetap tidak dingin kan?

Nah, ternyata, kita bisa membersihkan AC sendiri tanpa mengundang tukang servis AC ke rumah. Bahkan peralatannya tak memerlukan jet sprayer yang biasa dipakai para tukang AC.

Baca juga: Pahami Perasaan Kucingmu dari Memperhatikan Gerak-gerik Ekor Kucing

Cukup menggunakan sikat gigi yang sudah tak terpakai, kemudian semprotan air atay sprayer kecil, dan lap yang bersih. Cara murah dan kreatif ini ditunjukkan oleh Mfik Tech di video Youtubenya. Simak tutorial Mfik Tech di bawah ini ya, bisa langsung dipraktikkan nih.

Bagi yang sudah mempraktikkannya, silakan komen di bawah ya, apakah berhasil ataukah gagal total. Selamat menyimak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *