Peta dan Tarif Tol Balikpapan – Samarinda Terbaru

Share Article
Peta Jalan Tol Balikpapan – Samarinda. Saat ini pintu tol yang aktif adalah Gerbang Tol Samboja di Balikpapan dan Gerbang Tol Simpang Pasir atau Gerbang Tol Palaran di Samarinda.

ENDONESIA.com – Berapa harga tarif tol Balikpapan Samarinda? Kapan tol Balikpapan Samarinda beroperasi? Apakah Tol Samarinda Balikpapan sudah bisa dilewati? Kapan tol balsam mulai bayar? Apakah tarif tol Balsam terlalu mahal? Apakah tol Balikpapan Samarinda sepi?

Segala pertanyaan itu akan terjawab di artikel ini. Simak artikel ini hingga kelar ya. Inilah cek tarif tol dan daftar harga serta tarif tol Balikpapan-Samarinda dilengkapi peta jalan tol yang selalu update dinamis.

Yang paling utama adalah tarif jalan tol. Bagi kamu pengendara kendaraan pribadi (golongan I), simak tarif tol di bawah ini. Bagi kendaraan golongan lain, scroll ke bawah untuk mendapatkan informasi tarif lengkap semua golongan di tabel.

Tarif Tol Balikpapan – Samarinda 2021 untuk Golongan I

  1. Samboja – Simpang Pasir / Palaran : Rp 75.000
  2. Samboja – Simpang Jembatan Mahkota 2 : Rp 83.500
  3. Simpang Pasir / Palaran – Samboja : Rp 75.500
  4. Simpang Jembatan Mahkota 2 – Samboja : Rp 83.5000

Untuk tarif di atas dan untuk pengalaman pertama punya tol di Kalimantan, tarif tersebut memang sangat mahal. Jika dirata-rata, per km harus bayar Rp 1.200.

Tarif Tol Balsam Kemahalan

Soal tarif tol yang mahal ini pernah disampaikan keberatan masyarakat Kalimantan Timur secara resmi ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada Juni 2020 lalu melalui DPR.

Namun, jawaban Basuki waktu itu penentuan tarif tak hanya melulu keputusan pemerintah melainkan hasil kesepakatan dengan investor juga.

“Soal tarif tidak bisa jadi keputusan sepihak pemerintah karena itu menjangkau kepada kepastian investasinya,” kata Basuki, seperti dikutip Detik.com.

Dampak dari mahalnya tol Balsam ini, banyak mendaraan terutama nonpribadi, memilih lewat jalur lama. Akibatnya, tol Balikpapan-Samarinda memang sehari-harinya sepi. Terlebih lagi di era pandemi, makin sepi.

Latar belakang dan sejarah tol Balsam atau tol Balikpapan – Samarinda

Untuk pertama kalinya, warga di Kalimantan Timur bahkan warga se-Pulau Kalimantan telah memiliki dan menikmati jalan tol.

Diresmikan pada 17 Desember 2019, tol yang akrab disebut sebagai Tol Balsam atau Tol Balikpapan – Samarinda ini membentang lurus hampir 100 kilometer atau tepatnya 99,02 km.

Samarinda adalah ibu kota provinsi Kalimantan, sementara Balikpapan dan sekitarnya merupakan kota yang digadang-gadang bakalan menjadi Ibu Kota Indonesia. Selama ini Balikpapan memang sering diplesetkan sebagai ibu kota Pulau Kalimantan.

Dikutip dari Wikipedia, Jalan Tol Balikpapan – Samarinda menggunakan skema pendanaan Supported-Build-Operate-Transfer dimana Pemerintah membangun sebagian seksi jalan tol dan sebagian lainnya dilelang kepada investor swasta. Adapun porsi Pemerintah adalah pembangunan dari Seksi I yang memiliki panjang 22,03 km dan Seksi V yang memiliki panjang 11,09 km.

Baca juga: Tarif Tol Trans Jawa 2021 Keberangkatan dari Jakarta, Disertai Peta Rute

Pembiayaan Seksi I diperoleh dari APBN dan APBD, sementara pembiayaan Seksi V bersumber dari pinjaman Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) sebesar Rp720 Miliar. Seksi II, III dan IV adalah bagian yang dibangun oleh investor pemenang lelang KPBU, dan direncanakan untuk dibiayai dengan skema Contractor Pre-financing (CPF) sehingga financial close ditargetkan setelah konstruksi selesai pada akhir 2019.

Berikut ini tabel harga tarif Jalan Tol Balsam (Balikpapan-Samarinda)

Asal PerjalananTujuan PerjalananGol IGol IIGol IIIGol IVGol V
SambojaSimpang Pasir75500113000113000151000151000
SambojaSimpang Jembatan Mahkota 283500125500125500167500167500
Simpang PasirSamboja75500113000113000151000151000
Simpang Jembatan Mahkota 2Samboja83500125500125500167500167500
Tabel Harga Tarif Tol Balikpapan – Samarinda

Kualitas jalan tol Balikpapan – Samarinda termasuk mulus. Bahkan, sambungan jembatan yang biasanya kita temukan bergelombang di jalan-jalan tol di Pulau Jawa, tak jumpai di Tol Balikpapan – Samarinda. Dengan kata lain, tol Balikpapan – Samarinda jauh lebih mulus dibandingkan, misalnya Tol Cipali (Cikopo – Palimanan).

Semua transaksi di Tol Balikapapan – Samarinda sudah bisa menggunakan e-toll atau e-money. Jadi, jangan khawatir, sistemnya masih sama dengan di Pulau Jawa.

Bagi kamu yang ingin bepergian, jangan lupa cek saldo e-toll atau e-money kamu, klik di sin Cara Cek Saldo E-Money E-Toll untuk Semua Jenis Kartu dari Ponsel. Baca juga: Cara Topup Isi Saldo E-Money E-Toll Tapcash Brizzi dari Hape atau Ponsel.

Cek tarif tol di Tarif Tol Balsam Balikpapan – Samarinda 2021

Sumber: Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT)

loading...