Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

Simak, 4 Mata Uang Kripto yang Didukung Paypal di 2021

Share Article
Logo Paypal. Source: Paypal

ENDONESIA.com – Mata uang kripto atau cryptocurrency kini semakin banyak diadopsi ke dalam sistem pembayaran.

Terakhir, pada akhir tahun lalu, perusahaan sistem pembayaran Paypal mengumumkan akan menggunakan Bitcoin dan kawan-kawannya untuk digunakan dalam sistem pembayaran.

Ada empat mata uang kripto yang didukung Paypal yaitu Bitcoin, Ethereum, Bitcoin Cash dan Litecoin. Meski ini hanya diperuntukkan bagi pengguna di Amerika Serikat, namun keputusan Paypal ini menjadi keputusan yang menguntungkan dunia kripto.

Baca juga: Mau Investasi atau Pinjam Uang? Cek Dulu Daftar Fintech Legal dan Berizin di OJK Ini

Secara singkat, keempat jenis koin kripto itu dapat dijelaskan sebagai berikut:

Bitcoin

Bitcoin ditemukan pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto, ini adalah Cryptocurrency terbesar menurut nilainya.

Ethereum

Juga dikenal sebagai Ether, ini adalah Cryptocurrency terbesar ke-2 menurut nilainya. Ini adalah Blockchain terdesentralisasi yang menampilkan fungsionalitas kontrak pintar.

Bitcoin Cash

Dibuat pada tahun 2017, grup di belakang Bitcoin Cash mengatakan waktu transaksi lebih cepat daripada Bitcoin asli.

Litecoin

Dirancang untuk menjadi metode pembayaran masa depan dan dapat ditambang lebih cepat daripada Bitcoin – menghasilkan satu koin baru setiap 2,5 menit (sedangkan Bitcoin menghasilkan satu koin setiap 10 menit).

Masa depan Cryptocurrency

Masa depan cryptocurrency semakin cerah karena satu per satu perusahaan-perusahaan besar menyatakan ikut bergabung untuk mengadopsi uang kripto. Dalam siaran pers Paypal, perusahaan ini memberi istilah: Layanan Baru yang Memungkinkan Pengguna Membeli, Memegang, dan Menjual Cryptocurrency.

Dengan keputusan Paypal ini, maka pengguna di Amerika Serikat bisa menggunakan cryptocurrency sebagai sumber pendanaan untuk perdagangan digital di 26 juta pedagangnya.

Baca juga: Ingin Investasi Saham? Cek Tips Memilih Sekuritas yang Aman dari IDX

“Pembaruan 11/12/20: Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa semua pemegang akun PayPal yang memenuhi syarat di AS sekarang dapat membeli, menahan, dan menjual cryptocurrency langsung dengan PayPal. Unduh aplikasi PayPal atau masuk ke akun Anda untuk mempelajari lebih lanjut,” kata juru bicara Paypal.

Latar belakang keputusan Paypal

Paypal mencatat, migrasi menuju pembayaran digital dan representasi nilai digital terus meningkat saat ini. Hal ini didorong oleh pandemi COVID-19 dan meningkatnya minat terhadap mata uang digital dari bank sentral dan konsumen.

Karena itu, PayPal Holdings, Inc. (NASDAQ: PYPL) mengumumkan peluncuran layanan baru yang memungkinkan pelanggannya membeli, menahan, dan menjual mata uang kripto langsung dari akun PayPal mereka, dan mengisyaratkan rencananya untuk meningkatkan utilitas mata uang kripto secara signifikan dengan membuatnya tersedia sebagai pendanaan sumber pembelian di 26 juta pedagangnya di seluruh dunia.

Adopsi arus utama cryptocurrency secara tradisional sebenarnya dihalangi oleh utilitas terbatas mereka sebagai instrumen pertukaran karena volatilitas, biaya dan kecepatan untuk bertransaksi. Namun, janji platform teknologi canggih menawarkan kemungkinan pengarusutamaan mata uang digital.

Menurut survei Bank for International Settlements, satu dari 10 bank sentral – mewakili sekitar seperlima dari populasi dunia – memperkirakan akan menerbitkan mata uang digital mereka sendiri dalam tiga tahun ke depan.

“Pergeseran ke bentuk mata uang digital tidak bisa dihindari, membawa serta keuntungan yang jelas dalam hal inklusi dan akses keuangan; efisiensi, kecepatan dan ketahanan sistem pembayaran; dan kemampuan pemerintah untuk menyalurkan dana kepada warga dengan cepat,” kata Dan Schulman , presiden dan CEO, PayPal.

“Jangkauan global kami, keahlian pembayaran digital, jaringan dua sisi, dan kontrol keamanan dan kepatuhan yang ketat memberi kami kesempatan, dan tanggung jawab, untuk membantu memfasilitasi pemahaman, penebusan, dan interoperabilitas dari instrumen pertukaran baru ini. Kami sangat ingin bekerja dengan bank sentral dan regulator di seluruh dunia untuk menawarkan dukungan kami, dan berkontribusi secara bermakna untuk membentuk peran yang akan dimainkan mata uang digital di masa depan keuangan dan perdagangan global,” katanya.

Bisa beli, jual, dan tahan cryptocurrency di Paypal

Untuk meningkatkan pemahaman konsumen dan adopsi cryptocurrency, perusahaan memperkenalkan kemampuan untuk membeli, menahan, dan menjual cryptocurrency tertentu, awalnya menampilkan Bitcoin, Ethereum, Bitcoin Cash dan Litecoin, langsung di dalam dompet digital PayPal.

Layanan ini kini tersedia untuk pemegang akun PayPal di AS. Perusahaan berencana untuk memperluas fitur ke Venmo dan memilih pasar internasional pada paruh pertama 2021. Layanan ini diaktifkan di AS melalui kemitraan dengan Paxos Trust Company , penyedia teregulasi dari produk dan layanan cryptocurrency.

PayPal juga telah diberikan Bitlicense bersyarat pertama dari jenisnya oleh Departemen Layanan Keuangan Negara Bagian New York (NYDFS).

“Persetujuan NYDFS hari ini mengikuti pengumuman Juni 2020 kami untuk kerangka kerja baru untuk Bitlicense bersyarat untuk mendorong, mempromosikan, dan membantu lembaga yang tertarik agar memiliki cara yang diatur dengan baik untuk mengakses pasar mata uang virtual New York dengan cara yang tepat waktu dan melindungi konsumen New York , melalui kemitraan dengan perusahaan mata uang virtual resmi New York ,” kata Linda A. Lacewell , pengawas, NYDFS.

“NYDFS akan terus mendorong dan mendukung penyedia layanan keuangan untuk beroperasi, tumbuh, tetap, dan berkembang di New Yorkdan bekerja dengan inovator untuk memungkinkan mereka berkecambah dan menguji ide-ide mereka, untuk sektor jasa keuangan yang dinamis dan berwawasan ke depan, terutama saat kami bekerja untuk membangun kembali New York dengan lebih baik di tengah pandemi ini,” katanya.

Sebagai bagian dari penawaran ini, PayPal akan memberikan konten pendidikan kepada pemegang akun untuk membantu mereka memahami ekosistem mata uang kripto, risiko dan peluang yang terkait dengan investasi dalam mata uang kripto, dan informasi tentang teknologi blockchain. Tidak ada biaya layanan saat membeli atau menjual cryptocurrency hingga 31 Desember 2020 , dan tidak ada biaya untuk memegang cryptocurrency di akun PayPal.

Meningkatkan Penggunaan Cryptocurrency dalam Perdagangan Digital

Mulai awal 2021, pelanggan PayPal akan dapat menggunakan kepemilikan cryptocurrency mereka sebagai sumber pendanaan untuk membayar di 26 juta pedagang PayPal di seluruh dunia.

Konsumen akan dapat secara instan mengonversi saldo cryptocurrency pilihan mereka ke mata uang fiat, dengan kepastian nilai dan tanpa biaya tambahan.

Pedagang PayPal tidak akan dikenai biaya tambahan, karena semua transaksi akan diselesaikan dengan mata uang fiat dengan tarif PayPal mereka saat ini. Akibatnya, cryptocurrency hanya menjadi sumber pendanaan lain di dalam dompet digital PayPal, menambahkan utilitas yang ditingkatkan untuk pemegang cryptocurrency, sambil menangani kekhawatiran sebelumnya seputar volatilitas, biaya dan kecepatan transaksi berbasis cryptocurrency.

Investasi pada Infrastruktur Layanan Keuangan Generasi Mendatang

Selain menyediakan layanan cryptocurrency yang signifikan ini, PayPal telah mengeksplorasi potensi mata uang digital melalui kemitraan dengan platform cryptocurrency berlisensi dan teregulasi serta dengan bank sentral di seluruh dunia.

Selama lima tahun terakhir, PayPal telah meningkatkan fokus dan sumber dayanya untuk mengeksplorasi infrastruktur layanan keuangan digital generasi berikutnya dan peningkatan perdagangan digital melalui tim riset internal yang berfokus pada blockchain.

Pada 2019, PayPal Ventures, badan modal ventura perusahaan, berinvestasi di TRM Labs , sebuah perusahaan yang berfokus membantu lembaga keuangan mencegah penipuan cryptocurrency dan kejahatan keuangan, dan Cambridge Blockchain, perusahaan perangkat lunak kepatuhan dan manajemen identitas berbasis blockchain.

PayPal akan terus mengeksplorasi potensi teknologi buku besar terdistribusi untuk meningkatkan layanan keuangan dan memastikannya lebih cepat, lebih aman, dan lebih murah. Perusahaan bermaksud untuk bekerja bahu membahu dengan regulator, pemerintah dan bank sentral dalam upaya ini.

Apa Itu PayPal

PayPal tetap menjadi yang terdepan dalam revolusi pembayaran digital selama lebih dari 20 tahun. Dengan memanfaatkan teknologi untuk membuat layanan keuangan dan perdagangan lebih nyaman, terjangkau, dan aman, platform PayPal memberdayakan lebih dari 300 juta konsumen dan pedagang di lebih dari 200 pasar untuk bergabung dan berkembang dalam ekonomi global.

loading...