Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

Sekarang Bisa Staking EGLD / Elrond Tanpa Waiting List, Minimal 1 EGLD dengan Reward 20 Persen / Tahun

Share Article
ELROND (EGLD) sekarang menyediakan staking mulai dari 1 EGLD atau sekitar Rp 2 juta, dengan reward sekitar 20 persen per tahun.

ENDONESIA.com – Mulai 27 Maret 2021, publik sudah bisa staking mata uang kripto (cryptocurrency) Elrond atau EGLD. Tanpa waiting list, proses cepat, minimum staking diturunkan dari 10 EGLD menjadi 1 EGLD, dan bisa dilakukan dari wallet berbasis web maupun wallet berbasis aplikasi yaitu Maiar di ponsel Android maupun iOS.

DISCLAIMER KERAS: Artikel ini tidak ditujukan untuk mengajak berinvestasi, membeli, atau menjual, atau staking, atau delegating koin cryptocurrency. Artikel dibuat dalam konteks edukasi dan untuk keperluan updating pemberitaan. Berinvestasi di koin-koin kripto sangat riskan dan membutuhkan pengetahuan spesifik yang berbeda dengan instrumen investasi lainnya. Harga kripto sangat fluktuatif dan bisa membuat seseorang kaya mendadak atau bangkrut mendadak dalam sekejap. Sangat tidak disarankan Anda melakukan investasi hanya karena membaca sebuah berita. Lakukan sendiri riset mendalam terhadap koin-koin kripto yang akan Anda beli. Jangan takut “ketinggalan kereta” atau FOMO (fear of missing out) karena masih banyak koin-koin berharga lainnya. Lanjutkan membaca jika Anda paham disclaimer ini.

Sebelumnya, hanya ada 1 alternatif bagi investor retail untuk berpartisipasi untuk mendapatkan reward EGLD, yaitu melalui Delegate atau bisa pula jika punya dana lebih bisa menjadi validator. Untuk menjadi delegator, minimal harus 10 EGLD (sekitar Rp 20 juta) dan terlebih lagi masih dalam status waiting list. Sedangkan untuk menjadi validator, minimal harus punya 2.500 EGLD (sekitar Rp 5 miliar).

Bagi investor retail atau recehan, banyak yang tak bisa berpartisipasi dalam sistem delegate karena yang pertama mahal harus memenuhi minimal 10 EGLD (setara dengan Rp 20 juta saat ini), dan kalau pun punya 10 EGLD harus antre dan mengikuti waiting list. Meskipun setiap waiting list delegate tetap mendapatkan reward, namun rewardnya lebih kecil dibanding yang benar-benar sudah bisa delegate.

Dengan demikian, kabar terkait staking terbaru, bisa menjadi solusi eksklusivitas EGLD selama ini. Staking dalam istilah keuangan konvensional bisa disamakan dengan menabung. Seseorang menyetorkan dana ke institusi keuangan misalnya bank, kemudian mendapatkan imbalan berupa bunga.

Apa itu Staking?

Staking kurang lebih sama dengan menabung. Dikutip dari Maiar, staking berarti mengunci cryptocurrency, dalam hal ini EGLD, untuk mengamankan jaringan blockchain yang mendasarinya dan menerima hadiah untuk itu. Ini adalah bagian penting dari mekanisme konsensus Proof of Stake (PoS), yang merupakan alternatif yang jauh lebih hemat energi untuk penambangan Proof of Work.

Konsensus terjadi ketika semua komputer di jaringan menyetujui saldo akun dan transaksi yang terjadi di antara mereka. Untuk memproses pesan jaringan dan memverifikasinya hingga konsensus tercapai, komputer (Validator) diberi penghargaan oleh protokol.

Dukutip dari twit Benjamin Mincu, sekarang kita bisa staking EGLD baik melalui web wallet (melalui komputer / laptop) maupun melalui ponsel dengan install aplikas Maiar.

Berapa reward untuk Staking?

Dari sisi reward, menjadi delegator di Elrond memang lebih menguntungkan dengan reward sekitar 29 persen per tahun dan tanpa ditarik komisi oleh pihak validator. Sedangkan untuk staking, rewardnya sekitar 20 persen per tahun. Dari reward yang diterima, pihak validator yang ketempatan dana kita akan menarik fee bervariasi dari 15 sd 17 persen.

Gambar di atas adalah kalkulator untuk delegator yang memberikan perkiraan reward 29 persen. Jika kita berhasil mendelegasikan 10 EGLD atau sekitar Rp 20 juta, maka diperkirakan per bulan akan mendapatkan reward 35,77 dollar AS atau sekitar Rp 515.533. Sekali lagi, ini hanya perkiraan atau estimasi dengan reward 29 persen APY (annual percentage yield).

Elrond sejauh ini belum mengeluarkan kalkulator untuk staking. Namun, salah satu validator EGLD, Aaurelion.de, membuatkan kalkulator untuk staking EGLD dengan reward 20 persen per tahun, sbb:

Gambar di atas adalah perkiraan jika staking dengan 1 EGLD atau sekitar Rp 2 juta, akan mendapatkan 2,04 Euro per bulan atau sekitar Rp 34.772. Dengan kalkulator di atas, jika kita staking dengan 10 EGLD atau Rp 20 juta, maka per bulan kita akan mendapatkan 20,42 Euro atau Rp 348.065. Ingat, untuk staking, maka kita akan dikenai fee yang bervariasi mulai 15 sd 18 persen tergantung validatornya. Dengan demikian, reward tsb akan dipogong misalnya 15 persen, berarti hanya akan mendapatkan Rp 348.065 – Rp 52.209 = Rp 295.856.

Untuk melakukan delegating maupun staking, caranya cukup mudah tinggal ikuti petunjuk di layar, hanya beberapa klik sudah selesai. Hanya saja untuk delegating, sekarang ini masih belum bisa langsung mendelegasikan dana kita karena masih dalam fase terbatas atau waiting list. Sedangkan untuk staking, ada 1 tahap penting utk melakukan staking setelah tekan tombol stake, yaitu memilih validator yang akan kita percayakan untuk staking dana kita.

Elrond sendiri sudah melisting beberapa validator unggulan yang sudah mereka verifikasi. Saran saya untuk memilih Featured validator yang sudah diverifikasi oleh Elrond.

Wallet Elrond via web bisa diakses di https://wallet.elrond.com/dashboard.

Tampilan wallet Elrond / EGLD.

Meski sudah ada Staking versi baru, Elrond masih mengaktifkan Delegating versi lama di bawah menu Staking yang baru, tampilannya seperti di bawah ini.

Tampilan menu Delegating di Elrond / EGLD.

Untuk aplikasi Maiar, bisa dicek di sini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.elrond.maiar.wallet&hl=in&gl=US

DISCLAIMER KERAS: Artikel ini tidak ditujukan untuk mengajak berinvestasi, membeli, atau menjual, atau staking, atau delegating koin cryptocurrency. Artikel dibuat dalam konteks edukasi dan untuk keperluan updating pemberitaan. Berinvestasi di koin-koin kripto sangat riskan dan membutuhkan pengetahuan spesifik yang berbeda dengan instrumen investasi lainnya. Harga kripto sangat fluktuatif dan bisa membuat seseorang kaya mendadak atau bangkrut mendadak dalam sekejap. Sangat tidak disarankan Anda melakukan investasi hanya karena membaca sebuah berita. Lakukan sendiri riset mendalam terhadap koin-koin kripto yang akan Anda beli. Jangan takut “ketinggalan kereta” atau FOMO (fear of missing out) karena masih banyak koin-koin berharga lainnya.

loading...

Leave a Reply