Panduan Lengkap Mencegah dan Membasmi Kutu Busuk atau Kutu Kasur di Tempat Tidur

Share Article
Cara Memberantas Kutu Busuk atau Tungau alias Tumbila atau Kepinding atau Tinggi
Cara Memberantas Kutu Busuk atau Tungau alias Tumbila atau Kepinding atau Tinggi. Foto: Youtube

ENDONESIA.com – Jika tempat tidur sudah diinvasi sama kutu busuk atau kutu kasur atau tungau atau tumbila atau kepinding atau tinggi, wah sudah pasti ini akan berlangsung lama pemberantasannya. Sampai saat ini, sulit memang untuk mengetahui kutu busuk atau kutu kasur ini datangnya dari mana dan bagaimana cara efektir mengusir dan memberantasnya. Artikel ini akan membahas berbagai penanganan soal kutu busuk lengkap.

Endonesianer, suka atau tidak suka, hama telah menjadi masalah internasional selama sekitar 5.000 tahun. Alasan utama penyebaran serangga kecil ini adalah melalui perjalanan dan perdagangan global. Hama adalah jenis utama Cimexlectularius. Kutu ini sangat mungkin ada di mana-mana dalam kehidupan manusia mana pun: dari rumah hingga hotel, apartemen, bus, atau bioskop.

Baca juga: Cara Ampuh Memberantas dan Membasmi Kutu Busuk atau Tungau di Kasur

Tempat Persembunyian Kutu Kasur

Dikutip dari Wikipedia, kutu busuk adalah serangga parasit dari keluarga Cimicidae. Mereka ini spesies yang meminum darah manusia dan hewan berdarah panas lainnya. Kutu busuk senang tinggal di rumah manusia, khususnya pada tempat tidur. Kutu busuk biasa tinggal dan bertelur di lipatan tempat tidur atau bantal dan tempat-tempat tersembunyi lainnya.

Di Indonesia, sampai akhir 1970-an, permasalahan kutu busuk banyak ditemukan di rumah, hotel, bus, tempat pertunjukan, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, kutu busuk bisa menggigit tanpa disadari korbannya, tetapi gigitan kutu busuk akan terasa di pagi hari dan biasanya ia akan agresif pada malam hari.

Gejala Gigitan Kutu Kasur pada Kulit

Gigitan kutu busuk akan menimbulkan bekas berupa bentol dan terasa gatal serta panas pada korbannya. Kutu busuk juga suka dengan tempat yang gelap. Si parasit ini bisa menimbulkan penyakit ruam-ruam, efek psikologis, dan gejala alergi. Hewan ini beraroma tidak sedap dan sangat menyengat di hidung.

Kutu busuk perlu darah untuk perkembangannya dari menetas hingga dewasa. Umumnya ia ditemukan di tempat tidur, kursi, atau sofa, dan tempat tempat yang lembap.

Kenapa kutu busuk seperti tak ada habis-habisnya setelah kita berantas? Kutu busuk betina bertelur 200 butir (3-4 butir telur setiap harinya). Dalam 5 bulan, kutu busuk berukuran 6-10 mm hingga dewasa. Mampu bertahan hidup hingga 10 bulan tanpa makanan. Wow sekali kan….

Baca juga: 1 Sendok Makan / Teh Berapa Gram? 100 Gram Berapa Sdm / Sdt ? Cek Konversi Takaran Sendok ke Gram

Tanda Ada Kutu Kasur atau Kutu Busuk di Tempat Tidur

Paling mudah menandainya adalah, anak-anak sering merasa gatal-gatal dan menimbulkan ruam atau bentol-bentol. Bentol-bentol kena gigitan kutu busuk berbeda dengan gigitan nyamuk. Bentol pada gigitan kutu busuk biasanya lebih merah dibanding nyamuk. Dan tingkat kegatalannya lebih tinggi dan lebih lama dibanding gigitan nyamuk.

Tanda fisik pada kasur yaitu ada bercak-bercak merah atau hitam yang merupakan jejak kutu busuk yang kenyang menghisap darah manusia. Kutu busuk juga meninggalkan kotoran berwarna hitam yang biasanya ada di lipatan-lipatan kasur.

Kutu Kasur dan Kutu Busuk ada di Tempat Tidur? Berikut ini beberapa poin penting dalam penanganan kutu busuk termasuk ara membasminya dan cara mencegahnya datang kembali,

Tips 8 Cara Mudah Basmi Kutu Kasur dan Cara Menghindari Penyebarannya di Rumah

1. Gunakan Insektisida

TIDAK DIREKOMENDASIKAN UNTUK YANG PUNYA BAYI DI RUMAH. Di pasaran, banyak yang menjual insektisida untuk kutu busuk ini. Cobalah minimal satu merek. Biasanya, satu kali percobaan belum tentu membuahkan hasil. Lakukan penyemprotan beberapa kali.

2. Jemur Kasur di Bawah Sinar Matahari

Kutu busuk atau tumbila atau kepinding atau tinggi ini benci cahaya dan menyukai kegelapan. Terik matahari dalam waktu lama bisa membuat mereka kabur dari kasur. Sambil menjemur, usahakan sambil berburu kutu busuk ini sambil secara manual dipites atau dimatikan. Bolak-balik kasurnya ya karena kalau cuman satu sisi yang dijemur, mereka hanya akan lari ke sisi sebaliknya untuk berlindung dari cahaya matahari.

3. Manfaatkan Kapur Barus dan Gel Silika

Kapur barus aromanya tak disukai kutu busuk. Gel silika yang memiliki struktur yang tajam serta sifatnya yang kering, bisa membuat kutu busuk berada dalam kondisi kering dan menyiksa. Tabur kapur barus dan gel silika yang ditumbuk halus di tempat yang sering dijumpai tempat nongkrong para kutu busuk.

4. Campurkan Kapur Barus dengan Minyak Tanah

Campuran gerusan kapur barus dengan minyak tanah menjadi aroma tak sedap yang tak disukai kutu busuk. Jika kaki kutu busuk melewati kapur barus dan minyak tanah ini maka dia dipastikan akan kapok berada di kasur itu dan setidaknya dia akan kabur hingga mati karena kelaparan.

5. Semprot Cuka

Cuka itu asam dan menyengat. Kutu busuk tak menyukainya. Jika sarang dia disemprot dengan cuka, dia akan kabur untuk mencari sarang baru. Belum tentu mati memang karena dia punya cangkang kulit yang bisa melindunginya dari cairan seperti cuka. Setidaknya, dia akan tak kerasan di kasur kita.

6. Semprot Air Garam

Air garam juga tak disukai kutu kasur atau kutu busuk atau tumbila atau kepinding ini. Garam mampu membuat tubuh dia terdehidrasi dan jika menempel dalam waktu lama bisa membuat dia kehabisan cairan dengan cepat.

7. Gunakan Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner mampu membersihkan dan mengangkat langsung kutu busuk dan telur-telurnya, baik yang tak kasat mata maupun yang terlihat mata. Cara ini lebih ramah lingkungan dan tak melibatkan zat-zat yang bisa membahayakan anak-anak kita. Hanya saja, perlu kesabaran dan harus dilakukan berkali-kali dan rutin.

8. Jika Semua Tak Mempan, Sewa Jasa Pembersih Kutu Kasur

Memberantas kutu busuk itu perlu stamina ekstra, butuh kesabaran, butuh waktu panjang, dan butuh kondisi psikologis yang tenang. Kutu busuk ini memang bisa bikin stress kita karena tak mudah untuk membasmi dan memberantasnya.

Satu cara tak mungkin bisa menghilangkan mereka secara tuntas. Harus memakai banyak cara dan itu butuh waktu, tenaga, dan kesabaran. Jika Anda tak memiliki semuanya itu, ya kibarkan bendera putih tanda menyerah kemudian telepon jasa pembersih kutu busuk saja. Silakan googling sendiri ya karena tulisan ini tak diendorse oleh perusahaan jasa pembersih kutu busuk hehehe.

Baca juga: Bagaimana Cara Membersihkan AC Sendiri? Simak Panduan Cuci AC Tanpa Alat Jet Sprayer

Tips 4 Cara Mencegah Munculnya Kutu Busuk

Mencegah itu jauh lebih efektif daripada menunggu datangnya kutu busuk. Ketika sudah datang, itu akan jadi bencana dan sulit untuk memberantasnya. Berikut ini tips mencegah munculnya kutu busuk di tempat tidur kita:

1. Sering Bersih-Bersih dengan Vacuum Cleaner di Kasur dan di Lantai Kamar

Vacuum cleaner bisa mengangkat langsung kotoran dan debu, serta kemungkinan kutu busuk serta telur kutu busuk. Lakukan rutin tiap minggu.

2. Jangan Bongkar Koper Setelah Bepergian di Atas Tempat Tidur

Jika kita habis bepergian dari luar kota dan sempat menginap di hotel, atau sempat bersentuhan dengan sofa taksi, bus, pesawat, dan tempat tidur di hotel, kamu kemungkinan membawa kutu busuk ke dalam rumah. Jangan buka koper di atas tempat tidur karena itu akan mempercepat invasi ke dalam kasur kita.

3. Jemur Kasur di Bawah Sinar Matahari

Rutin lakukan setidaknya beberapa bulan sekali untuk menjemur tempat tidur kita di bawah terik matahari. Matahari paling efektif untuk memberantas berbagai serangga termasuk kutu busuk.

4. Cuci Bed Cover dengan Baik dan Benar

Sering-sering cuci bed cover, linen, atau seprei, sarung bantal/guling, dan selimut dengan baik dan benar. Jasa laundry yang menggunakan teknik pencucian hangat efektif untuk membersihkan berbagai kemungkinan serangga termasuk kutu busuk. Atau, jika kamu punya baby di rumah, luangkan waktu untuk mencuci menggunakan air hangat atau merendamnya terlebih dulu dengan air panas. Ini cara mudah untuk memastikan semua perlengkapan di atas kasur kita steril dari berbagai serangga termaruk steril dari kutu busuk.

Baca juga: 1 Cup Berapa mL / Gram ? Inilah Konversi Takaran Cangkir ke Mililiter dan Gram

Cara Mencegah Gigitan Kutu Kasur dan Cara Mengobatinya

Jika anak Anda sudah terkena gigitan kutu busuk, gunakan minyak kayu putih atau minyak tawon atau minyak telon, atau minyak sereh untuk mengurangi rasa sakitnya. Produk anti gatal seperti bedak bayi dan produk model caladine juga bisa cepat mengurangi rasa gatal dan menghilangkan bentol-bentol bahkan bisa menghilangkan alergi. Untuk mencegah agar anak kita tak kena gititan kutu busuk, sebelum tidur bisa diolesi minyak sereh. Aroma sereh yang menyengat tak disukai oleh kutu busuk.

WARNING: jika kamu punya bayi di rumah, jangan gunakan insektisida yang berbahaya ya. Gunakan cara yang aman misal dengan mengandalkan vacuum cleaner.

Baca juga: Konversi 1 Galon Berapa Liter Air ?

Di artikel berikutnya kita akan membabas: Bagaimana jasa pembasmi kutu busuk bekerja? Bagaimana cara mencegah kutu busuk di rumah? Seperti apa bentuk dan ciri-ciri gigitan kutu busuk? Seperti apa tanda ada kutu busuk?

Leave a Reply