Konsumsi Buah-buahan Mengandung Vitamin C, Mengapa Sebagian Kita Tetap Butuh Suplemen Vitamin C?

Share Article
Jeruk sumber vitamin C. Foto www.Pixel.la Free Stock Photos, CC0, via Wikimedia Commons
Jeruk sumber vitamin C. Foto www.Pixel.la Free Stock Photos, CC0, via Wikimedia Commons

Highlights:
Apa manfaat dan fungsi vitamin c?
Buah apa saja yang mengandung vitamin c?
Berapa kebutuhan vitamin c per hari?
Mengapa sebagian kita perlu tambahan suplemen vitamin c?

ENDONESIA.com -Sudah banyak diketahui manfaat vitamin c bagi tubuh kita. Namun, kesadaran yang rendah akan pentingnya asupan vitamin c, membuat konsumsi terhadap vitamin c harian secara rutin kadang terabaikan.

Padahal Vitamin C merupakan nutrisi yang paling aman dan efektif, yang bisa kita konsumsi harian. Jangan khawatir dengan kelebihan vitamin c, karena akan dikeluarkan melalui urin.

Meskipun vitamin c bukan kategori obat, namun manfaat vitamin C mampu memberi perlindungan terhadap kekurangan sistem kekebalan atau imun tubuh, membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular , membantu mengatasi masalah kesehatan pranatal, dan juga membantu mengencangkan kulit kita agar tetap mendapatkan nutrisi setiap saat.

Dikutip dari Webmd.com, tingkat asupan atas yang dapat ditoleransi (atau jumlah maksimum yang dapat Anda konsumsi dalam sehari yang kemungkinan tidak akan membahayakan) adalah 2000 mg sehari untuk orang dewasa

Sumber vitamin C dari buah-buahan. Infografik: The Natural Food Hub via Wikimedia Commons.

Disebutkan bahwa kadar vitamin C dalam darah yang lebih tinggi mungkin merupakan penanda nutrisi yang ideal untuk kesehatan secara keseluruhan. Semakin banyak kita mempelajari vitamin C, semakin baik pemahaman kita tentang betapa beragamnya vitamin itu dalam melindungi kesehatan kita, dari kardiovaskular, kanker , stroke , kesehatan mata [dan] kekebalan hingga hidup lebih lama.

Baca juga:
Manfaat, Kegunaan dan Fungsi Vitamin C, Penting untuk Imun Tubuh
Manfaat Vitamin B Kompleks yang Ajaib, Jangan Sampai Defisiensi

Berapa dosis Vitamin C yang cukup?

Menurut beberapa penelitian, tubuh kita idealnya mengonsumsi 500 miligram sehari, selain makan lima porsi buah dan sayuran .

“Tidak praktis bagi kebanyakan orang untuk mengonsumsi buah dan sayuran dalam porsi yang dibutuhkan secara konsisten, sedangkan mengonsumsi suplemen sekali sehari aman, efektif, dan mudah dilakukan,” kata Moyad, seperti dikutip dari Webmd. Moyad mencatat bahwa hanya 10 persen hingga 20 persen orang dewasa yang mendapatkan sembilan porsi buah dan sayuran yang direkomendasikan setiap hari.

Moyad mengatakan tidak ada kerugian nyata untuk mengonsumsi suplemen 500 miligram, kecuali memang beberapa jenis dapat mengiritasi perut untuk orang yang sensitif. Itu sebabnya dia merekomendasikan untuk mengonsumsi vitamin dalam bentuk non-asam dan buffered.

“Batas atas yang aman untuk vitamin C adalah 2.000 miligram sehari, dan ada rekam jejak yang bagus dengan bukti kuat bahwa mengonsumsi 500 miligram setiap hari adalah aman,” katanya.

Namun, juru bicara American Dietetic Association Dee Sandquist, RD, menyarankan untuk melakukan yang terbaik untuk memasukkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalam makanan Anda sebelum mengonsumsi suplemen .

“Upayakan untuk makan sembilan porsi buah dan sayuran setiap hari, karena Anda akan mendapatkan dosis vitamin C yang sehat bersama dengan banyak vitamin, mineral, dan fitokimia lainnya yang baik untuk pencegahan penyakit dan kesehatan secara keseluruhan,” katanya.

Secangkir jus jeruk atau setengah cangkir cabai merah sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda untuk Vitamin C.

Berikut adalah semua makanan dan minuman yang perlu Anda konsumsi untuk mencapai 500 miligram (mg):

Blewah, 1 cangkir (8 ons): 59mg
Jus jeruk, 1 cangkir: 97mg
Brokoli, dimasak, 1 cangkir: 74mg
Kubis merah, 1/2 cangkir: 40mg
Lada hijau, 1/2 cangkir, 60mg
Cabai merah, 1/2 cangkir, 95mg
Kiwi, 1 media: 70mg
Jus tomat, 1 cangkir: 45mg.

loading...

Leave a Reply