Inilah Peringkat Provider Internet Terbaik di Indonesia Menurut Speedtest

Share Article
Peringkat ISP di Indonesia Kategori Fixed Broadband
Peringkat ISP di Indonesia Kategori Fixed Broadband

ENDONESIA.com – Bagi kamu yang doyan main game, artikel ini wajib kamu baca sampai selesai. Untuk bermain game, koneksi internet yang kenceng, stabil, dan memiliki latensi rendah merupakan impian setiap gamer.

Nah, persoalan di negara kita ini memang terkait latensi yang masih tinggi. Persoalan latensi sebelumnya tidak dianggap sesuatu yang urgen di negeri ini, kecuali jika sudah terkait dengan transaksi penting misal perbankan.

Namun, saat ini perkara latensi ini tak bisa dianggap remeh-temeh. Para gamers pun jika mendapatkan latensi yang tinggi pasti akan teriak dan mengancam cabut berhenti langganan internet service provider (ISP) yang dipakai.

Baca juga: Hasil Speedtest Internet Telkomsel vs Indihome di Samarinda

Dikutip dari opensignal.com, latensi adalah pelambatan yang dialami pengguna karena data melakukan perjalanan bolak-balik melalui jaringan. Jika latensi jaringan Anda tinggi, jaringan akan terasa kurang responsif dan lebih lambat bereaksi terhadap permintaan Anda

Studi terbaru dari Speedtest.net yang dirilis November 2020, soal latensi, patokan utama untuk pengalaman bermain game berkualitas tinggi ini, belum tersebar secara merata di negara Indonesia.

Meskipun sebagian besar game dimainkan pada perangkat seluler, jaringan “broadband tetap” atau fixed broadband yang mendukung game konsol dan PC sering menunjukkan latensi yang jauh lebih rendah di banyak wilayah.

“Kini, kami sedang memeriksa latensi pada “broadband tetap” dan seluler di tingkat negara, provinsi, dan kota di Indonesia untuk melihat di wilayah mana gamer dapat bermain dengan lancar dengan hanya mengalami sedikit jeda,” begitu pengantar studi yang dilakukan Speedtest.

Latensi (disebut juga ping) adalah waktu reaksi koneksi yang diukur dalam milidetik. Untuk mendapatkan pengalaman bermain game terbaik, pengguna setidaknya perlu mengharapkan latensi sebesar 59 ms atau kurang.

Latensi saat bermain game dapat bervariasi, tergantung pada server yang terhubung. Selain itu, menghubungkan ke server di dalam wilayah pemain game sendiri lebih disukai. Speedtest menguji ke server terdekat dengan latensi terendah—sering kali dalam pusat populasi yang sama dengan pengguna.

Telkom menunjukkan latensi terendah di Q1 2020

ookla_Indonesia_mobile_fixed_latency_chart_0620id
Latensi Telkom

Selama Q1 2020, latensi rata-rata Indonesia pada “broadband tetap” adalah 20 ms. Sedangkan pada broadband seluler, latensi rata-rata adalah 42 ms.

Pada tingkat negara, penyedia layanan “broadband tetap” di Indonesia menunjukkan latensi dalam kisaran antara 16 ms hingga 35 ms selama Q1 2020.

Telkom memiliki latensi terendah sebesar 16 ms pada broadband tetap. Kemudian disusul oleh MyRepublic dengan 17 ms. Biznet dan First Media memiliki latensi tertinggi, masing-masing sebesar 24 ms dan 35 ms.

Peringkat Provider Internet Terbaik Berdasarkan Tingkat Latensi Kategori “Broadband Tetap”

NoNama ISPLatensi
1Telkom16 ms
2MyRepublic17 ms
3Biznet24 ms
4First Media35 ms
Tabel Peringkat ISP Fixed Broadband di Indonesia
ookla_Indonesia_fixed_provider_latency_chart_0620id
Peringkat latensi isp-isp di Indonesia.

Peringkat Provider Internet Terbaik Berdasarkan Tingkat Latensi Kategori Broadband Seluler

Telkomsel dan 3 memiliki latensi terendah pada ponsel di 36 ms. Selama periode ini, latensi rata-rata IM3 Ooredoo, XL, dan Smartfren berkisar antara 36 ms hingga 48 ms.

NoNama ISPLatensi
1Telkomsel36 ms
2Three / 336 ms
3IM3 Ooreedoo43 ms
4XL Axiata46 ms
5Smartfren48 ms
Tabel peringkat ISP di Indonesia kategori broadband seluler
ookla_Indonesia_mobile_provider_latency_chart_0720_id

Kinerja internet tetap konsisten selama pandemi

Kecepatan internet juga menjadi hal yang sangat penting saat bermain game. Kami telah menggunakan data dari Speedtest Intelligence® untuk melacak kecepatan internet di tingkat global selama pandemi.

Hasilnya, kecepatan broadband seluler dan tetap di Indonesia sebagian besar konsisten dengan kinerja pra-pandemi.

ookla_Indonesia_performance_0620id

Volume pengguna yang menggunakan Speedtest pada broadband seluler dan tetap meningkat drastis antara minggu 9 Maret hingga 13 April 2020 ketika banyak orang menyesuaikan diri dengan pola penggunaan internet baru selama pandemi. Volume pengujian mulai menurun setelah minggu 13 April.

ookla_Indonesia_volume_change_0620id

Source: Speedtest.net

loading...

One thought on “Inilah Peringkat Provider Internet Terbaik di Indonesia Menurut Speedtest

Leave a Reply