Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

Google Meet Juga Tumbang, Youtube Server Down dan Gmail Error di Sebagian Dunia, Apa yang Terjadi?

Share Article

ENDONESIA.com – Server Google terutama Youtube down pada Senin (14/12/2020) sekitar pukul 19.00 WIB atau kurang. Hingga berita ini dibuat, belum ada perkembangan dari tumbangnya server keluarga Google ini.

Update pukul 20.00: Server keluarga Google mulai pulih perlahan-lahan. Silakan cek.

Update komentar Google via Techcrunch:

Hari ini, pukul 3.47 pagi PT Google mengalami gangguan sistem otentikasi selama sekitar 45 menit karena masalah kuota penyimpanan internal. Layanan yang mengharuskan pengguna untuk masuk mengalami tingkat kesalahan tinggi selama periode ini. Masalah sistem otentikasi diselesaikan pada jam 4:32 pagi PT. Semua layanan sekarang dipulihkan. Kami mohon maaf kepada semua orang yang terpengaruh, dan kami akan melakukan peninjauan tindak lanjut secara menyeluruh untuk memastikan masalah ini tidak terulang kembali di masa mendatang.

Layanan email Gmail juga tak bisa diakses dan menampilkan pesan error. Google Play di Android juga tak bisa difungsikan karena ikut tumbang.

Tak hanya itu, aplikasi andalan anak-anak sekolah dan juga andalan orang-orang kantoran untuk meeting online, Google Meet, ikut tumbang. Server down hingga 30 menit lebih.

Baca juga: Youtube dan Gmail Indonesia Down Tak Bisa Diakses, Server Tumbang?

Laporan server Google tumbang ini berasal dari Indonesia, India, dan sebagian besar negara-negara di dunia. Hal yang mengagetkan, ketika kita mengakses meet.google.com, ditampilkan error khas Google ketika DNS tidak diarahkan dengan benar, seperti gambar di bawah ini:

Google Meet tumbang Senin 14 Desember 2020 mulai sekitar pukul 19.00 WIB kurang.

Pengecekan lebih lanjut, tidak semua negara mengalami down. Amerika masih bisa mengakses Youtube secara normal seperti pengecekan di bawah ini:

Amerika masih tetap bisa menikmati Youtube di saat beberapa negara di Asia tumbang.

Techcrunch melaporkan, server down Google juga melanda benua Eropa, Afrika, Australia, dan Asia. Produk Google yang tumbang yaitu Gmail, YouTube, Google Drive, Google Docs, Maps, Adwords, Adsense, Google Pay, Google Home, Google’s Chromecast, Google Meet, dll.

ENDONESIA.com akan terus mengupdate perkembangan ini.

loading...

Leave a Reply