Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

Oximeter

Oximeter atau Pulse Oximeter atau Oximeter Denyut adalah perangkat non-invasif yang memperkirakan jumlah oksigen dalam darah. Cara kerja Oximeter adalah dengan mengirimkan cahaya inframerah ke kapiler di jari tangan, kaki, atau daun telinga kemudian mengukur seberapa banyak cahaya yang dipantulkan dari gas.

Pembacaan menunjukkan berapa persentase darah jenuh, yang dikenal sebagai tingkat SpO2. Tes ini memiliki jendela kesalahan 2 persen. Itu berarti pembacaannya mungkin sebanyak 2 persen lebih tinggi atau lebih rendah dari tingkat oksigen darah Anda yang sebenarnya.

Tes ini mungkin sedikit kurang akurat, tetapi sangat mudah dilakukan oleh dokter. Jadi dokter mengandalkannya untuk pembacaan cepat.

Hal-hal seperti cat kuku gelap atau ekstremitas dingin dapat menyebabkan denyut nadi membaca lebih rendah dari biasanya. Dokter Anda mungkin menghapus cat kuku apa pun dari kuku Anda sebelum menggunakan oximeter atau jika pembacaan Anda tampak rendah secara tidak normal.

Karena denyut nadi non-invasif, Anda dapat melakukan tes ini sendiri. Anda dapat membeli perangkat pulse oximeter ini di sebagian besar toko yang menjual produk terkait kesehatan atau secara online.

Sumber: Healthline.com, Apa Pulse Oximeter Itu? Haruskah Kita Punya di Rumah?

loading...