Ghosting Adalah…Arti Kata Terpopuler 2020 Google

Share Article
Ilustrasi broken heart. Gambar oleh Pexels dari Pixabay

ENDONESIA.com – Apa itu ghosting? Ghosting maksudnya apa? Apa itu cowok ghosting? Apa itu ghosting Twitter? Kenapa ghosting?

Di luar dugaan, kata ghosting menjadi kata terpopuler dalam pencarian di Google tahun 2020. Ini cukup mengejutkan. Jadi, yang paling banyak dicari warga +62 bukan terkait pandemi, tapi terkait relationship.

Ghosting ini sering dipakai di berbagai percakapan media sosial. Sebelum masuk ke penggunaan di Indonesia, berikut ini dijabarkan asal-usul kata ghosting dan artinya menurut beberapa kamus populer.

Arti Ghosting Menurut Oxford Languages:

  1. kemunculan “hantu “atau gambar sekunder (berbayang) di televisi atau layar tampilan lainnya.
    Contoh: Tampilan layar ini lebih tajam dan tidak terlalu rentan terhadap ghosting.
  2. praktik mengakhiri hubungan pribadi dengan seseorang dengan tiba-tiba dan tanpa penjelasan menarik diri dari semua komunikasi.
    Contoh: Saya pikir ghosting adalah kebiasaan kencan yang mengerikan bagi banyak orang, jangan sampai mengalaminya.

Arti Ghosting Menurut Urban Dictionary:

Ketika seseorang memutuskan semua komunikasi dengan teman-teman mereka atau orang yang mereka kencani, tanpa peringatan atau pemberitahuan sebelumnya. Anda kebanyakan akan melihat mereka menghindari panggilan telepon teman, media sosial, dan menghindarinya di depan umum.
Contoh: Saya belum melihat Tom dalam 3 bulan. Saya pikir dia mungkin membuat saya ghosting.

Arti Ghosting Menurut Dictionary.com:

Paparan di Dictionary.com tentang ghosting dibuat oleh Jane Solomon adalah leksikografer yang tinggal di Oakland. Kata benda ghost atau hantu telah ada sejak lama, sejak sebelum 900, ketika bahasa Inggris Kuno digunakan.

Awalnya ghost merujuk pada jiwa orang mati atau roh tanpa tubuh, dan arti ini masih digunakan. Di masa lalu, hantu dan ghosting telah berkembang maknanya, dan saat ini istilah ini sering digunakan dalam kaitannya dengan kencan.

Kamu bisa jadi korban ghosting jika suatu hari kamu menyadari bahwa orang yang kamu temui selama dua bulan tidak lagi membalas pesan kamu. Di-wa gak jawab, ditelepon gak angkat, di-DM via media sosial gak merespons.

Ghosting ini juga bisa menjadi kata kerja dan kini banyak digunakan. Kamu bisa berkencan dengan seseorang selama beberapa bulan dan kemudian ghosting. Dictionary.com mendefinisikan ghosting sebagai “praktik mengakhiri semua kontak secara tiba-tiba dengan seseorang tanpa penjelasan, terutama dalam hubungan romantis”.

Dengan ghosting tidak ada percakapan putus. Hal itu terjadi karena hubungan tidak cukup serius untuk menjamin putus secara formal atau karena konfrontasi dianggap terlalu sulit atau tidak sebanding dengan masalahnya.

Apa pun alasannya, tindakan ghosting secara efektif diaggap sudah mengakhiri hubungan.

Kapan orang mulai menggunakan kata ghosting?
Arti ghosting “mengakhiri hubungan” relatif baru dalam bahasa Inggris. Pada tanggal 23 November 2007, entri Urban Dictionary untuk rasa ghost ini muncul: “To ghost: Memutuskan semua hubungan dengan seorang gadis. Contoh penggunaan kata: Aku benar-benar ghosting ke Ania mulai sekarang.

Sebelum tahun 2007, beberapa pengertian ghosting dan ghost yang serupa muncul di Urban Dictionary, namun, mereka tidak berada dalam konteks khusus untuk putus tanpa benar-benar putus.

Kemungkinan penyebaran rasa ghosting ini terkait dengan peningkatan penggunaan aplikasi kencan online. Meskipun kencan online telah ada selama lebih dari dua puluh tahun, Tinder mulai populer di akhir tahun 2012, dan muncul di mana-mana pada tahun 2013. Sekitar waktu itu istilah ghosting benar-benar populer di media arus utama. Pada 2014 dan 2015, publikasi besar seperti New York Times, Huffington Post, dan Independent menulis tentang itu.

Arti ghosting ini memang mengikuti akar kata hantu dalam ungkapan get ghost, yang berarti “segera pergi; menghilang” yang mendapatkan popularitas di hip-hop tahun 90-an. The Right Rhymes menunjukkan contoh ungkapan ini yang mengacu pada hubungan seksual sejak tahun 1994.

Namun, lirik ini tampaknya secara khusus tentang one-night stand. Lebih jauh ke belakang, Kamus Bahasa Inggris Oxford mencantumkan frasa to ghost it atau membayangi dan to ghost away yang berarti “mencuri seperti hantu,” yang berasal dari tahun 1800-an. Dalam pembaruan ini, Dictionary.com juga menambahkan pengertian terkait ghosting: “tindakan meninggalkan acara atau pertunangan sosial secara tiba-tiba tanpa mengucapkan selamat tinggal.”

Keterkaitan ini tampaknya dapat digunakan, tetapi asal muasal rasa “mengakhiri hubungan” dari ghosting tetap tidak diketahui. Ini semua menambah misteri istilah, yang dapat disetujui oleh setiap korban ghosting.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *