Fitur Penting dan Urgen di Tokopedia yang Mungkin Kamu Tak Sadar

Share Article
Banyak vocer atau kupon di Tokopedia yang tak disadari orang.

ENDONESIA.com – Banyak fitur menarik dan juga penting plus urgen yang ada di Tokopedia tapi jika kita tak jeli maka kita tak menyadarinya.

Padahal, fitur itu bisa menjadi “penyelamat” kita atau bisa memberi banyak kemudahan, efisien, dan juga bisa memberi keuntungan buat kita.

Pada umumnya, orang secara umum sudah menyadari bahwa Tokopedia adalah marketplace dari banyak barang yang tersedia mulai dari elektronik, perlengkapan sehari-hari, hingga barang-barang unik.

Namun, masih banyak fitur dan fungsi di Tokopedia yang jika kita jelajahi dan kita kenali suatu saat bisa kita butuhkan dan mempersingkat waktu kita. Inilah gunanya mengenali berbagai fitur ini secara smart.

Oke, inilah fitur-fitur, fungsi, dan produk yang ada di Tokopedia tapi mungkin kita tak menyadarinya. Saya rangkum berdasarkan pengalaman pribadi selama bertahun-tahun menggunakan Tokopedia sebagai pembeli.

1. Fitur Bebas Ongkir Tokopedia

Saya tahu, semua orang yang pernah pakai Tokopedia tahu soal fitur Bebas Ongkir ini. Namun, banyak yang tak menyadari, ketika mereka checkout pesanan, tak sadar bahwa barang yang mereka pilih tak ada tanda icon “Bebas Ongkir”.

Dampaknya, produk tersebut tak mendapatkan pengurangan diskon bebas ongkos kirim hingga Rp 40.000. Ada syarat mendapatkan bebas ongkir ini di Tokopedia yaitu minimum belanja Rp 50.000.

Tahukah Anda? Untuk membeli masker di Balikpapan Kalimantan Timur ternyata jauh lebih murah jika dibeli di Tokopedia? Karena, pertama, harga masker kualitas medis 3 ply isi 50 pcs sangat murah di Tokopedia. Kedua, karena ongkirnya pun juga murah hanya Rp 9.000 setelah diskon jika toko berada di Jabodetabek.

Tahukah Anda? Bagi orang Samrinda Kalimantan Timur sekali pun, membeli bibit tanaman hidup misalnya jeruk, anggur, jambu air, tanaman daun salam, dll itu jauh lebih murah jika beli via Tokopedia yang penjualnya ada di Kediri Jawa Timur? Itu terjadi karena harga tanaman relatif murah dan ongkirnya hanya Rp 12.000 setelah dipotong bebas ongkir Rp 40.000.

Namun, pastikan membeli barang yang ada ikon Bebas Ongkir ya.

2. Komplain ke Tokopedia Jika Barang yang Diterima Tak Sesuai Pesanan

Banyak orang yang ngamuk-ngamuk di kolom komentar karena barang yang ia terima tak sesuai dengan pesanan. Entah pecah, cacat, atau benar-benar tak sesuai pesanan. Di kolom komentar, orang-orang ini akhirnya terpaksa menggunakan atau menerima barang tersebut dengan alasan malas ngurus.

Sebenarnya, ada tombol pengajuan komplain jika barang kita tak sesuai. Jangan cepat-cepat pencet tombol SELESAI tanda barang sudah diterima jika kita belum melihat barangnya. Jika barangnya tidak sesuai, segera ajukan komplain sebelum tekan tombol terima barang. Jangan sampai sudah tekan tombol Selesai baru protes.

Atau, jangan sampai tenggat waktu menekan tombol Selesai sudah habis tapi kita belum tahu kondisi barang. Jadi, segera cek kondisi barang, ketika tahu ada yang tak sesuai maka ajukan komplain sebelum status barang kiriman menjadi sudah diterima atau Selesai.

Saya beberapa kali komplain dan selalu mendapatkan solusi yang memuaskan. Misalnya, saya pernah membeli barang yang harusnya berjumlah 10 pcs, tapi hanya dikirim 5 pcs.

Di fitur komplain, kita bisa ajukan dengan menunjukkan bukti foto bahwa memang kita hanya menerima sebagian. Akhirnya, saya dapat pengembalian harga via Tokopedia untuk 5 pcs yang belum dikirim.

Saya juga pernah mendapat barang yang ukurannya beda. Misal beli tshirt yang harusnya L untuk dewasa, ternyata dikirm ukuran L untuk anak-anak. Saya ajukan komplain resmi via tombol yang ada di Tokopedia dan sang penjual dengen gentle mengakui kesalahan dan mengirim barang yang sesuai. Ongkir ditanggung oleh penjual karena dia yang salah.

Tahukah Anda? Seller yang baik selalu takut dengan tombol komplain di Tokopedia. Karena itu, gunakan tombol komplain untuk mengganti komentar marah-marah di kolom komentar si penjualnya karena itu tak akan mengubah keadaan.

3. Pembulatan Harga Saat Beli Barang di Tokopedia Bisa Dibelikan Emas

Beli emas sedikit demi sedikit di Tokopedia tak terasa jika membeli dalam jumlah kecil. Foto Dok Endonesia.com

Ini fitur yang saya sukai di Tokopedia. Saat membeli barang, misal total Rp 96.000, Tokopedia di akhir checkout selalu menawari untuk membeli emas dengan cara membulatkannya ke atas, misal dalam contoh ini menjadi Rp 100.000. Itu berarti, pembulatan sebsar Rp 4.000 digunakan untuk membeli emas.

Saya selalu memanfaatkan fitur ini karena mebeli emas tanpa disadari amat ringan rasanya. Beda jika kita benar-benar membeli emas dengan sengaja serasa berat karena harga emas sekarang berkisar di Rp 800.000 sd Rp 900.000.

Pembulatan saat beli sesuatu di Tokopedia bisa digunakan untuk beli emas.

4. Sering ada vocer atau kupon diskon saat top-up beli apa pun di Tokopedia

Beli paket data Rp 100.000 bisa dapat kupon Rp 7.000

Mau beli pulsa? Token listrik? Isi uang digital untuk bayar tol? Semua jika dilakukan di Tokopedia akan ada diskonnya atau mendapat tambahan poin. Bahkan, untuk pembelian biasa pun saya sering mendapatkan kupon lumayan besar.

Cek voucher atau kupon diskon yang sedang aktif sebelum membayar top-up atau pembelian uang digital ini. Lumayan lho karen di saat pihak lain mencoba narik fee ke kita ketika isi e-money atau beli pulsa/kuota/token listrik, Tokopedia malah memberi tambahan poin.

Cek vouchernya atau kuponnya sebelum membeli sesuatu.

5. Bisa beli tiket wahana permainan di Tokopedia

Tiket wahana permainan pun dijual di Tokopedia

Banyak wahana permainan yang bagus di seputaran Jabodetabek dan di luar Jabodetabek, namun biasanya harganya mahal dan harus antre tiket.

Nah, ternyata di Tokopedia ada juga jualan tiket wahana permainan dan tempat wisata ini, misal Ancol, TMII, Dufan, Seaworld, Waterbom Bali, dan masih banyak lagi. Biasanya, tiket ini lebih murah harganya dibanding yang dijual langsung oleh wahana permainan tersebut.

Menunya ada di bagian Event & Hiburan. Kebiasaan saya sebelum membawa anak-anak ke wahana permainan, saya cek dulu tiketnya di Tokopedia. Biasanya lebih murah dan lebih praktis bayarnya karena bisa pakai model payment berbagai macam.

6. Beli game online Google Playstore bisa di Tokopedia

Ini pengalaman pribadi saya ketika anak saya meminta didownloadkan game di Google Playstore, ternyata harus bayar downloadnya. Murah sih hanya Rp 5.000. Tapi di mana bisa belinya? Yang jelas saya tak mau pakai kartu kredit di Google Playstore.

Iseng cek di Tokopedia, ternyata banyak juga dijual voucer game. Mulai game-game umum yang ada di Google Playstore, sampai game-game spesifik yang sedang ngetrend misal Free Fire, Mobole Legends, Genshin Impact, PUBG Mobile, League of Legends Wild Rift, One Punch Man, Lords Mobile, Rise of Kingdom, Black Desert Mobile, Call of Duty Mobile, Clash of Clans, dll.

Itu dulu dari saya, nanti kalau ingat ada yang belum ditulis akan ditambahkan lagi. Selamat mencoba.

loading...

Leave a Reply