Deposit Kripto XEM Sekarang, GRATIS Airdrop Symbol (XYM)

Share Article
Peluncuran produk Symbol (XYM) 15 Maret 2021.

ENDONESIA.com – Tanggal 15 Maret 2021 nanti, NEM (New Economy Movement) akan meluncurkan produk Symbol yang merupakan token kripto dengan kode XYM. Uniknya, untuk mendapatkan XYM di awal, kita bisa deposit XEM di wallet resmi XEM atau di beberapa exchange yang bekerjasama dengan NEM. XEM adalah mata uang kripto yang pertama dirilis NEM.

Disclaimer: Artikel ini tidak dimaksudkan untuk mengajak pembaca berinvestasi di kripto, ditujukan hanya untuk edukasi dan informasi. Saya bukan ahli di bidang finansial dan artikel ini bukan advice finansial untuk Anda. Berinvestasi di mata uang kripto merupakan investasi yang sangat riskan. Hari ini naik tajam, besok bisa pula anjlok tajam. Pelajari sendiri soal kripto dan seluk beluknya sebelum Anda berinvestasi di mata uang kripto.

Update: Peluncuran XYM akhirnya mundur dari jadwal yang ditetapkan yaitu 15 Maret 2021 karena sejumlah persoalan. Baca Peluncuran Kripto Symbol (XYM) Mundur dari Jadwal 15 Maret 2021, Bagaimana Masa Depannya?.

Di media sosial resmi NEM, disebutkan mainnet launch akan dilakukan pada 15 Maret. Snapshot dan pre-launch opt-in akan ditutup pada 12 Maret sekitar 00.50 UTC. Bagi yang melakukan deposit XEM sebelum waktu snapshot, maka akan mendapat airdrop atau gratis kripto XYM.

Baca juga How to Mining Monero : Cara Install XMR-Stak RX di VPS Ubuntu

Rumus untuk mendapatkan XYM ini adalah sebagai berikut: 1 XEM = 1 XEM + 1 XYM setelah snapshot.

Artinya, siapapun yang melakukan deposit sebelum tanggal snapshot, maka setiap 1 xem akan dihadiahi 1 xym. XEM akan tetap ada, berjalan beriringan bersama XYM.

Saat berita ini dibuat, harga XEM di coingecko adalah Rp 9.079. Harga ini turun 10,8 persen dalam 24 jam terakhir. Turunnya harga kemungkinan merupakan kekhawatiran investor bahwa setelah peluncuran XYM, maka NEM akan anjlok.

Bagi yang sudah memiliki XEM di wallet resmi dari NEM, maka perlu prosedur opt-in untuk bisa mendapatkan airdrop ini. Petunjuk bagaimana melakukan opt-in ini bisa dibaca di sini.

Tiga hal penting yang perlu Anda ketahui untuk mengklaim XYM Anda


Dikutip dari NEM, Opt-in adalah proses yang harus diikuti oleh setiap pemegang akun XEM untuk menerima token XYM mereka di blockchain publik Symbol saat diluncurkan. Untuk berpartisipasi dalam XYM, Anda harus memiliki XEM terlebih dahulu dan kemudian melakukan tindakan sadar untuk Ikut serta.

Cara ini akan membuat Anda menerima XYM. Jika Anda tidak berpartisipasi dalam Opt-in, Anda tidak akan menerima XYM. Baik Anda memilih ikut serta atau tidak, XEM Anda tidak akan terpengaruh, begitu juga jaringan NEM NIS1.

Dompet resmi dari NEM telah diperbarui untuk menyertakan modul Opt-in Symbol, yang akan memudahkan keikutsertaan melalui akun NEM Anda. Anda perlu mengunduh dompet NEM baru. Untuk ikut serta melalui perangkat seluler, Anda perlu mengunduh aplikasi seluler Symbol (tersedia di Android dan iOS).

Baca juga Apa Itu Kripto Ravencoin (RVN) dan Bagaimana Masa Depannya

Snapshot adalah status akun XEM (saldo, konfigurasi, dan namespace) di blockchain NEM NIS1 pada ketinggian blok tertentu. Untuk setiap 1 XEM yang Anda miliki pada saat Snapshot, Anda akan dialokasikan 1 XYM ke akun Simbol yang Anda buat selama proses opt-in.

Jika di wallet atau dompet resmi NEM harus melakukan opt-in secara manual, di beberapa exchange malah tak perlu melakukan apa-apa. Ada banyak deretan exchange yang mendapat airdrop XYM ini. Untuk Indonesia, XEM dijual juga di Indodax namun hingga kini tak ada informasi bahwa XEM di Indodax bisa mendapatkan airdrop.

Exchange Binance telah mengonfirmasi bahwa pihaknya ikut serta dalam program Opt-in ini. Pemegang XEM tak perlu melakukan apapun di Binance untuk mendapatkan airdrop XYM. Namun, ada syaratnya yaitu minimal 100 XEM.

Selain Binance, StackofStake juga melakukan program opt-in otomatis. StackofStake merupakan platform staking untuk beberapa kripto, termasuk XEM. Dengan melakukan deposit di XEM sebelum tanggal snapshot, kita akan mendapat airdrop XYM dengan jumlah yang sama. Artinya, jika ada 100 XEM di deposit kita, maka kita akan mendapat 100 XYM.

Namun, selain mendapat free XYM, keunggulan StackofStake adalah kita juga mendapat return dari staking XEM. Staking bisa dijelaskan dengan bahasa awam yaitu sama dengan menabung uang di bank, di mana nasabah akan mendapatkan bunga dari tabungan.

Staking adalah alternatif mining yang mengikuti konsensus Proof of Stake (PoS). Staking diklaim lebih sederhana, lebih hijau karena tak jor-joran hardware canggihuntuk mining dan tak perlu listrik luar biasa besar seperti di mining-mining kripto lainnya, dan lebih pasif (tak perlu melakukan apa-apa, hanya menabung saja). Staking di StackofStake untuk XEM akan mendapat reward sekitar 5,76 persen per tahun. Baca di sini jika tertarik untuk staking NEM sekaligus untuk mendapatkan gratis XYM.

Jika kita trading XEM di Binance atau Indodax, misalnya, kita hanya mendapat keuntungan dari kenaikan harga di XEM (jika harganya naik), maka di StackofStake selain mendapat kenaikan harga XEM tersebut, kita juga mendapat reward XEM dari staking di StackofStake. Dan kali ini karena special, kita akan mendapat tambahan gratis koin XYM.

Binance juga memiliki produk serupa yaitu di bagian Earn. Buka aplikasi Binance dari hape, kemudian klik Earn. Di situ akan ada beberapa produk saving atau staking. Hanya saja, karena mungkin pengguna Binance sudah banyak, kita akan sering menjumpai produk saving di Binance sudah sold-out. Jika mau mencoba Binance, silakan install appnya dari ponsel atau klik di sini.

Sharing pengalaman mengikuti Opt-in XEM demi mendapatkan airdrop XYM

PERINGATAN KERAS: Artikel ini tidak dimaksudkan untuk mengajak pembaca berinvestasi di kripto. Saya bukan ahli di bidang finansial dan artikel ini tidak dimaksudkan untuk mengajak membeli XEM maupun XYM. Berinvestasi di mata uang kripto merupakan investasi yang sangat riskan. Hari ini naik tajam, bisa bisa pula anjlok tajam. Pelajari sendiri soal kripto dan seluk beluknya sebelum Anda berinvestasi di mata uang kripto.

Untuk mengikuti Airdrop XYM ini plus mengincar reward staking dari StackofStake, penulis melakukan deposit dengan cara membeli XEM terlebih dulu dari Indodax dan dan Binance. Dua exchange ini memiliki produk XEM. Setelah XEM dibeli, maka baru mengirim (witdrawal) ke StackofStacke.

Di Indodax, biaya transfer XEM ini 10 XEM, sedangkan di Binance 4 XEM. Di Binance, kita bisa membeli kripto dengan menggunakan kartu kredit. Jika menggunakan kartu kredit, akan ada fee 2 persen. Fee 2 persen ini di dunia kripto sangat mahal. Karena itu, perhitungkan dengan cermat jika menggunakan metode pembayaran kartu kredit.

Membeli XEM di Binance juga 2 kali transaksi. Pertama, membeli token USDT terlebih dulu, baru kemudian membeli XEM. Tenta saja hal ini berimplikasi pada cost transaksi.

Di Indodax, prosesnya lebih simple karena XEM bisa dibeli langsung dengan dana rupiah di deposit kita. Jadi tinggal deposit rupiah, kemudian langsung beli XEM. Setelah itu baru witdrawal XEM ke Stackofstake.

Deposit XEM sudah mendarat di StackofStake….tinggal menunggu gratis token XYM.

Saya akan update hasil airdrop ini setelah airdrop XYM masuk di wallet StackofStake saya. Klik di sini jika Anda tertarik dengan StackofStake.

loading...