Cara Resize dan Kompres Gambar / Foto dengan Mudah di Hape atau Laptop

Share Article
Resize foto menggunakan Reduce Images.

ENDONESIA.com – Kadang-kadang, kita diminta kirim gambar, foto, picture, meme, scan dokumen, atau apa pun ke sebuah layanan yang mengharuskan kita upload sendiri.

Kendala ukuran file yang besar

Nah, biasanya layanan upload data untuk file gambar ini dibatasi maksimal 2MB. Kalau kita sedang bekerja di laptop, resize gambar bukan urusan sulit karena banyak tersedia software edit foto yang proper.

Tapi, kalau kita pas hanya pegang hape atau ponsel, kesulitan untuk resize ataupun kompres gambar ke ukuran kecil yang diharapkan itu kadang sungguh menjadi siksaan sendiri.

Baca juga: Link Nonton Attack on Titan (AoT) Season 4 (Final Season) Full Gratis dan Legal

Selain kadang kita gak punya software editing foto yang menyediakan fungsi resize dan kompres, seringnya kita juga malas untuk install aplikasi editing foto.

Biasanya karena memang space atau storage atau ruang penyimpanan di hape kita sudah terbatas. So, urusan resize dan kompres ini jadi persoalan.

Pengertian resize dan kompres gambar / foto

Resize adalah ketika kamu ingin mengecilkan atau membesarkan ukuran gambar, yang biasanya dinyatakan dalam pixel atau bisa pula dengan cm.

Sedangkan kompres adalah proses mengecilkan ukuran foto menjadi kecil tanpa harus mengecilkan ukuran atau size foto. Proses kompres dinyatakan dalam prosentase, misal kompres hingga 50 persen.

Oo iya, kadang di laptop, kita sudah berhasil resize ke ukuran kecil tapi ternyata ukuran filenya tetap besar melebihi 2 MB. Pada kasus seperti ini, kita tetap membutuhkan kompres yang memungkinkan mengecilkan ukuran file sampai di bawah 2MB.

Baca juga: 1 Sendok Teh, 1 Sendok Makan, dan 1 Sendok Takar Obat Berapa ml ? 10 ml Berapa Sendok?

Nah, dalam hal ini, kita waktunya membutuhkan solusi praktis yang bisa mengatasi dua hal tersebut: resize sekaligus kompres. Ada dua software online untuk memproses resize dan kompres ini. Simak….

Solusi resize dan kompres online dengan Reduce Images

Pilihan pertama saya adalah resizer generator bernama Reduce Images. Bagi yang ingin cepat-cepat resize dan kompres image foto langsung aja ke sini ya https://www.reduceimages.com/.

Software online ini memproses resize dan kompres secara online.

Kata yang punya software: Resize JPG, PNG, GIF or BMP images online, selecting the new image’s size and quality. This way you will get lighter images, easier to upload to websites, send by e-mail or share with friends.

Pengalaman saya, dari sebuah foto ukuran 1,2 MB, setelah dicemplungin ke Reduce Images dengan size yang tetap dan kompres menjadi 40 persen, akhirnya ukuran file mengecil menjadi 83,44 kb.

Resize dan kompres online dengan “Online Photo Resizer and Image Optimizer”

Software kedua ini pemakaiannya mirip dengan yang pertama. Alamatnya ada di https://compressimage.toolur.com/.

Dari ukuran file yang sama dengan kasus Reduce Images, yaitu 1,2MB, dengan parameter yang sama yaitu size foto tetap tidak diubah, hanya mengubah kompresi menjadi 40 persen, saya mendapat ukuran file menjadi 65 kb.

Resizer dan optimizer foto

Dua software resizer dan optimizer foto/image/gambar/picture di atas bisa dipakai salah satu. Dua-duanya memberikan hasil yang oke dan praktis, bisa dilakukan dari hape kamu.

Jadi gak perlu cari laptop hanya untuk resize dan kompres foto.

Logika di Balik Resize dan Kompres Gambar

Meski sederhana dan kita anggap biasa saja karena sudah bisa kita terima apa adanya, ternyata teknologi dan logic di balik resize dan kompres foto cukup menarik. Berikut di bawah ini dikutip dari ReduceImages.com tentang ukuran gambar dan logika resize dan kompres di baliknya.

Baca selengkapnya di artikel ini terkait sains di balik ukuran gambar.

loading...

2 thoughts on “Cara Resize dan Kompres Gambar / Foto dengan Mudah di Hape atau Laptop

Leave a Reply