Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

Cara Mencari / Menemukan Hape / Ponsel yang Hilang, Baik di Rumah Maupun Dicuri Orang

Share Article
Google Find My Device untuk mencari atau menemukan hape atau ponsel kita yang hilang, baik hilang di rumah maupun hilang dicuri orang.

ENDONESIA.com – Kadang kita kehilangan hape atau telepon seluler (ponsel), padahal kita tahu hape itu sebenarnya ada di sekitar kita, entah di kantor atau di rumah. Dan kita sudah berusaha menelepon / miscall via WhatsApp maupun via telepon biasa, tapi tetap tak terdengar di mana dia berada.

Kemungkinan nada deringnya terlalu kecil karena sempat dikecilkan sebelumnya. Atau dalam banyak kasus, nada dering sudah di-off-kan atau sudah dibuat silence. Jadi, ditelepon pun tidak bisa terdengar walau barangnya ada di dekat kita.

Baca juga Ingin Investasi Saham? Cek Tips Memilih Sekuritas yang Aman dari IDX

Dalam beberapa kasus, kadang kita lupa meninggalkan hape kita di rumah teman, atau mungkin pingin mengecek mungkin tertinggal di rumah saat kita pergi, atau tertinggal di kantor saat kita pulang. Lalu bagaimana cara menemukan ponsel kita dengan dua kondisi di atas?

Find My Device untuk menemukan ponsel yang hilang

Jawabnya gambang. Gunakan fitur Find My Device. Baik ponsel Android maupun iOS sama-sama memiliki fitur ini. Kali ini, saya akan membahasnya untuk ponsel Android.

Jika kamu lupa nama fitur untuk mencari hape kamu, jangan khawatir, googling saja dengan keyword yang masih kita ingat secara natural: misal find my device. Kalau lupa juga, pakai keyword lain misalnya: find my smartphone. Lupa juga? Pakai bahasa Indonesia juga bisa: temukan ponsel saya, atau yang sejenisnya.

Baca juga Tips Untuk Hidup Berhemat di Zaman Krisis

Saya sarankan kamu mencari hape kamu dengan laptop. Tapi jika tidak ada, pakai hape punya orang lain juga bisa tapi nanti kamu harus login pakai akun Gmail atau akun Google punya kamu sendiri di hape teman kamu tadi.

Nanti kita akan diarahkan ke url ini: https://www.google.com/android/find?u=0 .

Klik link itu, nanti koneksikan ke akun Google yang kita pakai di hape tersebut. Jadi, misal di hape kita itu ada email kita dengan akun [email protected], maka kamu harus pastikan saat membuka halaman di atas kamu sudah login di akun Google tersebut.

Kalau ternyata kamu login dengan akun lain, ganti akunnya dan pastikan kamu sudah login dengan akun google yang benar. Perhatikan, jika kamu sudah login dengan akun yang benar, maka kamu akan melihat nama hape kamu di sisi kiri. Jika kamu memiliki lebih dari satu hape dan kamu login dengan email yang sama, maka di sisi kiri kamu akan ada nama hape sebanyak yang kamu miliki.

Perhatikan, hape mana yang kamu cari? Sesuaikan hape yang akan kamu cari.

Jika kamu sudah memilih hape yang benar, maka cek status di bawah hape kamu itu di sisi kiri atas. Jika keterangannya “Can’t reach device”, itu berarti hape kamu mati atau tak ada jaringan internet. Dalam kasus ini kamu tak bisa mencari hape kamu dengan cara ini.

Perhatikan status ponsel yang kamu cari.

Jika status ponsel di bawah nama ponsel kamu ada informasi sinyal dan persentase baterai seperti di atas, berarti kamu bakal bisa mencari ponsel kamu karena ponsel kamu masih hidup dan ada koneksi internet.

Sekarang, jika kamu yakin hape kamu berada di sekitar kamu, untuk mencari di mana dia, klik PLAY SOUND di sebelah kiri itu. Ponsel kamu akan dipaksa berdering dengan suara maksimal, meskipun kamu telah menonaktifkan nada dering ponsel kamu. Meski kamu mengaktifkan mode silence, ponsel kamu akan dipaksa berbunyi nyaring paling maksimal.

Baca juga Cara Cek Saldo E-Money E-Toll untuk Semua Jenis Kartu dari Ponsel

Ponsel akan berbunyi selama 5 menit. Selama 5 menit, kamu harus segera mencarinya di mana dia. Bunyi dering hape ini keras sekali, jadi kalau dia ada di sekitar kamu pasti kamu akan mendengarnya. Jika tidak segera ketemu, khawatirnya baterai hape kamu habis sehingga kamu gak bisa menemukannya dan terputus dengan kamu nantinya.

Dalam kasus lain, jika kamu yakin hape kamu tidak berada di sekitar kamu, maka kamu bisa cek peta lokasi hape kamu terakhir kamu. Peta langsung nongol di sisi kanan ya, jadi langsung bisa kita kepoin di mana dia berada. Apakah di kantor? Di rumah? Di rumah teman? Kamu bisa melihatnya di peta itu asal hape kamu masih hidup dan terhubung ke internet.

Contoh lokasi hape kita berada.

Dalam kasus yang berbeda, misalnya hape kamu dicuri orang dan kamu belum sempat me-lock hape kamu, segera lock hape kamu. Caranya dengan klik Secure Device seperti gambar di bawah ini. Kamu juga bisa kasih pesan ke pencuri ponsel kamu dengan sopan agar dia tergerak mengembalikan ponsel kamu. Jangan kasih pesan yang mengancam karena dia akan buang hape kamu. Contoh pesan yang sopan:

Dear Bapak/Ibu yang mungkin menemukan hape saya, mohon kontak saya di nomor 08***** untuk mengembalikan hape saya ini. Saya akan bersedia memberi imbalan jika Bapak/Ibu bersedia menginfirmasikan hape saya ini dan mengembalikannya. Terima kasih.

Saya pernah menggunakan teknik ini dan akhirnya si penemu ponsel saya mengurungkan niatnya untuk merusak atau menjual hape saya dan akhirnya mengembalikannya kepada saya secara baik-baik.

Baca juga Cara Topup Isi Saldo E-Money E-Toll Tapcash Brizzi dari Hape atau Ponsel

Secure Device ini kita bisa memaksa device kita terhubung dengan kita sehingga kita bisa menguping pembicaraan orang yang mencuri hape kita. Saya pernah menggunakan fitur ini dan bisa mendengar orang yang menemukan hape saya kebingungan mematikan atau menggunakan fitur lain di ponsel saya karena hape saya sudah berhasil saya lock.

Orang yang menemukan hape saya itu tak bisa melakukan apapun kecuali dia menerima telepon dari saya. Fitur Secure Device ini juga bisa memaksa hape kita membuka kamera dan merekam wajah orang yang menemukan hape kita atau orang yang sedang memegang hape kita.

Namun skenario kita bisa berubah menjadi bencana, ketika orang yang menemukan hape kita tadi mematikan hape kita, kemudian menjualnya ke orang lain dan berhasil mereset hape kita ke default pabrik melalui cara shortcut/bukan melalui antarmuka ponsel kita seperti layaknya pemakaian reguler.

Dalam kondisi ekstrem, jika kita yakin tak akan bisa mengembalikan hape kita yang hilang dan kita yakin di hape kita berisi informasi rahasia yang sangat penting, maka tindakan yang harus kita lakukan adalah masuk ke opsi ketiga yaitu Erase Device seperti gambar di atas.

Erase Device berarti kita akan menghapus isi hape kita termasuk apps, catatan dokumen, file-file yang kita punya, foto dan video, semuanya yang ada di hape kita. Perlu disadari, setelah kita memakai fitur Erase Device maka kita tak akan lagi bisa connect ke hape kita dan kita tak punya kesempatan lagi mengontak penemu hape kita. Ini adalah langkah terakhir untuk keamanan data kita. Silakan memilih cara ini dengan pertimbangan yang matang. (ELDA)

loading...

Leave a Reply