Cara Beli Reksadana secara Online di Bareksa, Mulai Rp 100.000

Share Article

ENDONESIA.com – Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman subjektif pribad saya. Semua yang saya saya tulis di artikel ini tak ada kaitannya dengan company atau kepentingan pihak Bareksa.

Dalam klaimnya, Bareksa adalah marketplace finansial dan investasi terintegrasi pertama di Indonesia. Pendek kata, di dalam Bareksa kita bisa membeli aneka reksa dana. Secara pribadi, saya mengenal Bareksa setelah lebih dulu mengenal Indopremier, marketplace kompetitornya Bareksa.

Jadi, awal-awal bermunculan marketplace reksa dana secara online, saya terlebih dulu mendaftar di Indopremier. Baru setelah setahunan memakai Indopremier, saya melirik Bareksa. Tapi btw, dua marketplace ini sama-sama asyik dan saya masih menggunakan keduanya.

Baca juga: Cara Alami dan Terbaik Tingkatkan Warna Ikan Cupang Betta Agar Makin Cerah

Artikel kali ini hanya akan membahas hal sederhana yaitu cara membeli reksa dana di Bareksa. Jika artikel ini bermanfaat, saya akan melanjutkan tulisan lainnya untuk panduan di Indopremier.

Bareksa ini telah mendapat lisensi resmi sebagai Agen Penjual Reksa Dana dari Otoritas Jasa Keuangan sejak 2016. Di website Bareksa disebutkan marketplace Bareksa menjual produk reksa dana terlengkap dari manajer investasi yang terpercaya di Indonesia dan menguasai pangsa pasar jumlah investor reksa dana di Indonesia. Dari sisi legalitas, saya tak lagi khawatir dengan Bareksa.

Sebagai pengingat dasar, reksa dana adalah dana atau modal dari sekumpulan nasabah yang dikelola oleh manajer investasi untuk diinvestasikan dalam berbagai instrumen keuangan (saham, obligasi dan pasar uang).

Baca juga: Bagaimana Cara Pindah Faskes I BPJS Kesehatan Tanpa Pergi ke Kantor BPJS?

Selain menjual produk reksa dana, Bareksa juga merupakan salah satu mitra distribusi yang dipercaya oleh Kementerian Keuangan RI untuk menjual Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Bareksa juga menyediakan transaksi jual beli emas secara online.

Saya sudah mencoba dan menggunakan layanan beli reksa dana, beli emas, dan juga beli SBN dari Bareksa. Untuk reksa dana dan SBN, tampaknya oke-oke saja dan berjalan baik setelah bertahun-tahun saya pakai. Bulan ini saya untuk pertama kalinya ditransfer Bareksa untuk keuntungan pembelian salah satu SBN. Langsung transfer otomatis ke rekening tanpa direquest atau diminta.

Baca juga: Cara Memilih Hosting Terbaik Sesuai Kebutuhan, Dari Lokasi hingga AutoSSL

Untuk Bareksa yang beli emas, baru saya coba beberapa bulan lalu dan sebulan lalu dapat pengumuman bahwa Bareksa Emas sedang dipending (jadi gak bisa beli emas lagi, hanya saja masih bisa jual emas, tapi tentu saja tak akan saya jual saat ini karena harganya sedang jatuh). Bareksa Emas sedang saya pantau sejauh mana perkembangannya.

Waktu awal-awal mencoba beli reksa dana, saya gunakan fitur pembanding reksa dana di Indopremier, kemudian saya beli reksa dana di Indopremier dan sebagian di Bareksa. Harus diakui, fitur list dan perbandingan reksa dana di Indopremier emeng keren dibanding Bareksa.

Ups, tapi artikel ini bukan untuk membandingkan dua marketplace reksa dana itu ya. Oke, fokus ke bagaimana cara membeli reksa dana di Bareksa.

Simak panduan cara membeli reksa dana secara online di Bareksa

Waktu yang dibutuhkan: 20 menit.

Berikut panduan cara investasi atau membeli reksa dana di Bareksa:

  1. Anda harus sudah terdaftar di Bareksa

    Artikel ini bukan tentang cara mendaftar di Bareksa. Bagi yang belum mendaftar, silakan ke website Bareksa.com.

  2. Install Aplikasi Bareksa di Play Store Hape Anda

    Untuk operasional sehari-hari, saya sarankan gunakan apps Bareksa di ponsel atau hape Anda. Lebih praktis dan tetap aman. Di ponsel, tampilanya juga lebih sederhana dan lebih to the point. Semua fitur bisa dinikmati di app Bareksa, mulai dari beli hingga jual. Oh iya, sejauh ini tak ada fee ya baik ketika saya beli atau jual reksa dana di Bareksa. Juga perlu diingat, reksa dana hingga kini tak dikenaik pajak. Koreksi saya jika salah.

  3. Login ke App Bareksa

    Bareksa memiliki perlindungan dobel. Ini perlindungan standard sih untuk model transaksi sensitif seperti ini. Kita akan diminta memasukkan password dan juga PIN. Untuk hape yang sudah support finger print, akses PIN bisa diganti dengan finger print. Tentu ini semakin memudahkan operasional sehari-hari. Baik Indopremier maupun Bareksa sama-sama punya fitur ini:

    App Bareksa

  4. Langsung beli reksa dana saja ya

    Reksa dana kan ada macem-macem jenisnya. Di Bareksa dijual Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Saham, Campuran, dan Index & ETF. Nah, bagi pemula, ikutin saya produk rekomendasi dari Bareksa di bagian Pasar Uang. Reksa Dana Pasar Uang ini merupakan model reksa dana yang tak mengenal dampak pandemi, dia tetap stabil dalam situasi apa pun. Tak percaya? Langsung saja klik menu Produk di bagian bawah dari app Bareksa. Gambar setelah diklik di bawah ini:

    Tampilan Bareksa Apps

  5. Pilih-pilih rekomendasi reksa dana Pasar Uang untuk dibeli

    Saat ini, Bareksa merekomendasikan 3 reksa dana pasar uang yaitu Sucorinvest Money Market Fund dengan imbal hasil 6,81 per tahun, Syailendra Dana Kas dengan imbal hasil 6,06 persen, dan Sucorinvest Sharia Money Market Fund dengan imbal hasil 6,87 persen. Dengan pertimbangan Anda sendiri, pilih salah satu untuk Anda pinang. Klik detail masing-masing reksa dana itu untuk membandingkan ya.

    Keuntungan Reksa Dana Sucorinvest Sharia Money Market Fund

  6. Baca-baca dengan cermat sebelum membeli

    Baca-baca informasi reksa dananya yang sudah dilampirkan di Bareksa. Jangan lupa untuk memeriksa grafik harga per unit masing-masing reksa dana. Contoh mengintip grafik keuntungan reksa dana Sucorinvest Sharia Money Market Fund. Tekan tombol Beli di bawah jika sudah mempertimbangkan mana yang akan dibeli.

    Reksadana Sucorinvest Sharia Money Market Fund

  7. Klik tombol Beli jika sudah sreg. Putuskan sendiri ya.

    Nanti akan ada tampilan transaksi. Anda bisa beli reksa dana mulai Rp 100.000. Jadi, siapa pun bisa beli.

    Cara Beli Reksa Dana di Bareksa

  8. Masukkan nilai pembelian, misal Rp 500.000.

    Jangan lupa centang persetujuan. Kemudian klik tombol Order Sekarang.

    Cara Membeli Reksadana di Bareksa

  9. Akan ada informasi soal ketentuan harga

    Klik Saya Mengerti:


    Cara Beli Reksa Dana di Bareksa

  10. Lihat Ringkasan Pembelian kemudian Pilih Metode Pembayaran

    Tak ada fee untuk pembelian reksa dana di Bareksa. Setelah melihat ringkasan pembelian dan semuanya oke, kemudian pilih metode pembayaran. Bisa pakai Ovo atau Transfer Bank.

    Cara Beli Reksa Dana Online via Bareksa

  11. Saya contohkan pembayaran via Transfer Bank

    Klik Konfirmasi Pembayaran

    Cara Beli Reksa Dana Online

  12. Catat No Rek Pembayaran dan No Order

    Dua hal yang harus dicatat dan dimasukkan dalam transaksi adalah nomor rekening tujuan dan no order. No order dimasukkan di pesan atau berita transfer.

    Cara Beli Reksa Dana Online via Bareksa

  13. Screenshot transaksi online banking yang sudah berhasil atau foto struk tranfer via ATM

    Klik konfirmasi pembayaran dan upload lah bukti pembayaran tadi. Bisa menggunakan bukti fisik struk transfer via ATM atau screenshot hasil transaksi internet banking yang berhasil.

  14. Relaks, tunggu beberapa saat pembayaran akan diverifikasi

    Pembayaran Anda akan segera diverifikasi pihak Bareksa. Untuk bisa masuk ke portofolio Anda, perlu beberapa hari ya jadi tidak instan masuk ke portofolio. Apalagi jika Anda beli hari Jumat, wah bisa lama prosesnya karena ada hari Sabtu dan Minggu yang tak dihitung hari kerja.

    Jika ada persoalan, bisa kontak Bareksa via email atau via WhatsApp. Dua jalur komunikasi ini selalu mereka jawab kok jika ada pertanyaan atau komplain.

    SELAMAT MENCOBA!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *