Booming Cities Indonesia 2020, Top 10 Wilayah Paling Berkembang, Jakarta Pusat Nomor 1

Share Article
Top 10 Wilayah Paling Berkembang di Indonesia menurut Booming Cities Indonesia 2020 Index oleh Lokadata
Top 10 Wilayah Paling Berkembang di Indonesia menurut Booming Cities Indonesia 2020 Index oleh Lokadata

ENDONESIA.com – Lokadata merilis laporan bertajuk Booming Cities Indonesia 2020.  Hasil riset ini diolah dari puluhan set data yang menyaring 514 kabupaten/kota di Indonesia.

Penyaringan dilakukan melalui 10 variabel ekonomi, sosial, dan keuangan, dalam rentang tahun 2017 sampai tahun 2019.

Dikutip dari website Lokadata, pemeringkatan Booming Cities merujuk pada wilayah dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang stabil, dengan kondisi keuangan warga yang “gemuk”, dan tidak memikul beban sosial yang berat. Intinya, inilah kota/kabupaten di Indonesia yang paling potensial untuk berkembang dan dikembangkan.

Baca juga: Booming Cities Indonesia 2020, Dowload di Sini

Pemeringkatan akan dilakukan rutin setiap tahun karena kota-kota terus berdenyut, bergerak secara dinamis. Banyak yang tumbuh, ada pula yang meredup, dan sebagian lagi melesat lebih cepat dari yang lain.

Dari hasil itu, Lokadata menyusun peringkat 10 Booming Cities Indonesia 2020. Provinsi DKI Jakarta menempatkan empat kota dalam 10 Booming Cities Indonesia 2020. Bali menyertakan satu kabupaten dan satu kota, Banten satu kota, Jawa Barat satu kota, dan Jawa Timur dua kota

Diramu dari 3 indeks

Indeks Aktivitas Ekonomi (economic activity index) mencerminkan tingkat stabilitas ekonomi, baik wilayah maupun individual warganya yang diukur dari kinerja ekonomi wilayah dan kondisi perekonomian warga.

Indeks Keuangan (financial index) menggambarkan kemampuan keuangan dan pergerakan ekonomi warga. Indeks ini dihasilkan dari kondisi keuangan per kapita yang tercermin dari dana pihak ketiga di perbankan serta kucuran kredit yang dikucurkan perbankan di wilayah tersebut, serta perkembangannya dalam kurun waktu observasi.

Sementara itu, Indeks Sosial (social index) memperlihatkan tingkat stabilitas sosial wilayah. Komponen indeks ini terdiri dari kondisi kemiskinan, pengangguran terbuka, rasio ketergantungan, serta proporsi pengeluaran makanan terhadap total pengeluaran.

Indeks Booming Cities ini merupakan rata-rata hasil pembobotan dari tiga sub indeks: economics activity index sebesar 40 persen, financial index 30 persen dan social index 30 persen.

Dari analisis terhadap ratusan kota dan kabupaten tersisa itu, Lokadata menyusun 10 kota dan kabupaten paling potensial: Booming Cities. Kota-kota ini bukan hanya berpeluang tumbuh lebih baik, tapi juga memiliki ruang besar untuk kehadiran bisnis.

Berikut ini Top 10 Kota-kota Paling Berkembang Menurut Booming Cities Indonesia 2020 Index:

  1. Jakarta Pusat
  2. Jakarta Selatan
  3. Denpasar
  4. Tangerang Selatan
  5. Badung
  6. Jakarta Utara
  7. Surabaya
  8. Jakarta Barat
  9. Bandung
  10. Kediri
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *