Untuk Merayakan Ramadhan, Pengembang Badr Rilis Enam Aplikasi

Share Article

Badr Interactive, perusahaan lokal pengembang aplikasi bertemakan Muslim kembali merilis enam aplikasi di bulan Ramadhan ini. Peluncuran di bulan Ramadhan diharapkan mampu menjadi solusi dan referensi bagi masyarakat, terutama umat Islam.

Setelah meluncurkan aplikasi Evaluasi Ibadah Harian, Ramadhan Guide, Du’a in Qur’an, Complete Qur’an, Ustadz Badr, Ahmad Laila Interactive Book di Ramadhan lalu, kali ini ada enam aplikasi Islami yang diluncurkan Badr Interactive di momen Ramadhan ini. Keenam aplikasi tersebut adalah aplikasi Lacak Masjid, Da’i List, Learn Qur’an, Be Hafidz, BISTREam Radio, dan Islamic Comic.

Aplikasi yang diluncurkan secara bersamaan di awal Ramadhan ini adalah Lacak Masjid dan Da’i List. Kedua aplikasi ini adalah hasil kolaborasi yang dilakukan oleh Badr Interactive dengan Remaja Masjid Sunda Kelapa (RISKA) Menteng.

Lacak Masjid adalah aplikasi yang akan membantu para pengguna untuk mencari lokasi masjid terdekat di sekitar mereka. Aplikasi ini muncul dari kenyataan bahwa masyarakat, terutama pemudik yang sedang dalam perjalanan sering kali kebingungan mencari lokasi masjid terdekat di sekitar mereka. Dengan aplikasi Lacak Masjid ini diharapkan permasalahan tersebut dapat teratasi.

Dengan mengunduh aplikasi Lacak Masjid, pengguna dapat mengakses informasi mengenai masjid terdekat di sekitar mereka dan dapat beribadah dengan nyaman.

Sering mengadakan kegiatan keagamaan yang menghadirkan da’i sebagai pembicara, tetapi selalu kesulitan mencari referensi da’i yang ingin diundang? Aplikasi Da’i List hadir menjadi solusi. Badr Interactive meluncurkan aplikasi ini untuk memudahkan masyarakat yang ingin mengundang da’i yang tepat untuk memberikan khutbah maupun tausiyah di acara-acara mereka.

Tidak hanya dilengkapi nama dan data-data seputar da’i, aplikasi ini juga menyediakan spesialisasi ilmu yang dikuasai oleh da’i.
Aplikasi menarik dan inovatif lainnya yang diluncurkan Badr Interactive tahun ini adalah aplikasi Learn Qur’an.

Aplikasi ini bermula dari fakta bahwa sebagian masyarakat, terutama yang sudah berusia dewasa dan sibuk bekerja sesungguhnya memiliki keinginan tersendiri untuk belajar membaca Al-Qur’an. Akan tetapi, keterbatasan waktu dan kendala lainnya menjadi penghalang untuk belajar.

Learn Quran hadir untuk mempertemukan keinginan dan kebutuhan tersebut. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat belajar Al-Qur’an mulai dari dasar pengucapan dan makhrojal huruf hingga mempelajari tajwid. Aplikasi ini juga menyediakan fitur yang dapat digunakan untuk berlatih membaca Al-Qur’an, yaitu fitur rekam suara serta fitur mendengarkan bacaan di aplikasi tersebut. Tentu saja, aplikasi ini juga cocok digunakan untuk berbagai kalangan usia yang ingin belajar Al-Qur’an.

BISTream Radio adalah aplikasi yang dibuat oleh Badr Interactive yang idenya ingin memudahkan para pendengar radio untuk mengakses saluran-saluran Islami. Indenya sederhana, membuat sebuah aplikasi yang terdiri dari banyak list stasiun radio dan dapat didengarkan streaming langsung dari aplikasi tersebut.

Di bulan Ramadhan, pendengar radio memiliki kecenderungan untuk stay tune di program-program Ramadhan. Dengan mengunduh aplikasi ini, para pendengar radio akan langsung terhubung ke berbagai saluran radio Islami tanpa perlu mencari satu per satu saluran.

Sebut saja Radio MQ FM Bandung, Radio Muslim Jakarta, RadioMuslim.com Yogyakarta, Radio Suara Muslim Surabaya, dan masih banyak lagi. Keempat aplikasi di atas telah diluncurkan Badr Interactive pada tanggal 26 Juli 2013 bertepatan dengan meet up DepokMobi yang berlangsung di kantor Badr Interactive.

Dua aplikasi selanjutnya yang akan segera diluncurkan di akhir Ramadhan adalah aplikasi Be Hafidz dan Islamic Comic.
Selain memfasilitasi para pengguna yang ingin belajar membaca Al-Qur’an melalui aplikasi Learn Quran, Badr Interactive juga berinisiatif untuk memfasilitasi para pengguna smartphone yang sedang menghapal Al-Qur’an.

Inisiatif ini kami telurkan dalam aplikasi Be Hafidz. Aplikasi Be Hafidz sendiri adalah aplikasi yang berasal dari ide pengguna. Di awal Ramadhan, Badr Interactive mengadakan kompetisi Ide Aplikasi Ramadhan yang terbuka untuk umum. Setiap orang bebas mengikutsertakan ide aplikasi yang diinginkannya untuk dapat dibuatkan oleh Badr Interactive.

Aplikasi Be Hafidz yang merupakan ide dari salah seorang peserta dari Solo berhasil keluar sebagai pemenang sebab aplikasi ini sejalan dengan ide yang memang telah dipikirkan oleh Badr Interactive. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat menghapal dan mengulang hapalannya (muraja’ah).

Jika memilih mode menghapal, maka pengguna dapat memilih ayat-ayat yang ingin dihapal, lalu ayat tersebut dapat didengarkan berulang-ulang di aplikasi tersebut. Ketika mengaktifkan mode mengulang hapalan, maka aplikasi ini akan memberikan beberapa soal dan pengguna dipersilakan melanjutkan ayat yang diperdengarkan oleh aplikasi ini.

Aplikasi ini nantinya akan menyertakan jawaban dari uji hapalan tersebut. Sangat menarik bukan? Bagi yang sedang menghapal Qur’an, silakan unduh Be Hafidz untuk menjadi teman Anda dalam menghapal.

Aplikasi Islami terakhir yang ingin dihadirkan oleh Badr Interactivedi tahun ini adalah aplikasi hiburan Islamic Comic. Aplikasi ini adalah aplikasi hasil kolaborasi Badr Interactive dengan komikus dalam dan luar negeri. Ingin tahu komikus-komikus tersebut? Silakan unduh aplikasinya.

Pada aplikasi ini, Badr Interactive mengajak komikus-komikus untuk memasukkan karya-karya komik mereka yang bernilai Islami atau nilai-nilai kebaikan lainnya agar dapat diakses oleh lebih banyak pengguna. Komik Islami pada dasarnya bertujuan menyampaikan nilai-nilai Islam dengan cara lebih kasual dan menghibur.

Badr Interactive berinisiatif untuk membuatkan wadah berbagi kebaikan bagi seniman-seniman berhati mulia dan kreatif tersebut melalu aplikasi Islamic Comic.

Selain aplikasi-aplikasi baru di atas, Badr Interactive juga meng-upgrade aplikasi-aplikasi buatan Badr Interactive tahun lalu sehingga dapat digunakan di lebih banyak platform. Untuk platform android, Badr Interactive telah meng-upgrade aplikasi Du’a in Qur’an dan Complete Qur’an. Bagi pengguna iOS, Anda kini dapat menikmati aplikasi Ahmad Laila Interactive Book, Du’a in Qur’an, dan Evaluasi Ibadah di gadget Anda masing-masing.

Keseluruhan aplikasi di atas dapat diunduh mulai 26 Juli 2013 di store Anda masing-masing.

Menurut rilis Badr Interactive, tujuan merilis berbagai aplikasi tersebut adalah untuk meninggikan Islam melalui IT. Aplikasi-aplikasi Islami ini adalah komitmen Badr Interactive atas visi tersebut. Semoga aplikasi-aplikasi yang telah kami hasilkan bermanfaat bagi para pengguna. Selamat menikmati.

Badr Interactive adalah pengembang aplikasi dari Depok, Jawa Barat, yang resmi berdiri tanggal 15 Mei 2011. Mereka menekuni jasa pengembangan aplikasi mobile di berbagai platform. Badr Interactive pernah terpilih menjadi 20 perusahaan teknologi terbaik versi Majalah Teknopreneur di awal tahun 2013. (adm)

loading...

Leave a Reply