Bagaimana Kita Tahu Apakah Hewan sedang Merasa Senang atau Tidak?

Share Article

Melissa Starling, University of Sydney

Bagaimana caranya kita tahu hewan sedang merasa senang atau tidak kalau dia tidak punya ekor? – Goldie Rose, lima tahun.


Pertanyaan yang bagus, Goldie!

Binatang menggunakan ekor mereka untuk mengendalikan arah, menahan, menyeimbangkan tubuh, dan berenang, tapi mereka juga menggunakan ekor sebagai cara untuk berkomunikasi dengan satu sama lain.

Seekor anjing yang mengibas-ngibaskan ekornya adalah salah satu contohnya. Kita biasanya memahami kibasan ekor sebagai tanda bahwa seekor anjing sedang senang.

Namun, kibasan ekor bukan satu-satunya cara untuk mengetahui kapan mereka senang. Ada banyak binatang yang tidak memiliki ekor atau tidak menggunakan ekor untuk berkomunikasi dengan satu sama lain. Ekor yang tidak kaku dan berkibas biasanya adalah tanda seekor anjing sedang senang.

Jadi, bagaimana caranya kita mengetahui apakah seekor binatang sedang senang tanpa kibasan ekor?

Binatang memiliki cara yang berbeda-beda untuk menunjukkan kesenangan mereka, jadi kita perlu mengetahui lebih lanjut tentang masing-masing hewan.


Baca juga: Is your dog happy? Ten common misconceptions about dog behaviour


Sebagai contoh, kucing mendengkur ketika sedang senang (walau beberapa kucing juga mendengkur ketika mereka sedang kesakitan). Marmut bersiul ketika gembira dan mendengkur ketika senang.

Kelinci mengernyitkan hidung ketika senang dan kelinci juga bisa mengeluarkan suara mirip dengkuran dengan menggertakkan gigi. Ini biasanya menunjukkan bahwa kelinci sedang senang, tapi seperti kucing, terkadang kelinci mengeluarkan suara dengkuran keras ketika kesakitan.

Girl pats brown horse
Saat merasa senang, kuda akan mengarahkan telinganya ke kamu. Shutterstock

Musang mengeluarkan suara cuitan ketika mereka senang dan gembira, kuda akan mengarahkan telinganya ke arah kamu dan mulutnya rileks, dan burung kakatua bernyanyi, bersiul, atau mengeluarkan suara gesekan, dengkuran dengan paruhnya ketika senang.

Jadi, ada cara yang berbeda-beda bagi binatang untuk mengekspresikan kesenangan mereka, tapi terkadang mereka melakukan hal yang sama ketika kesakitan. Sangat membingungkan!

Kangaroo lying in the sun.
Jika binatang melakukan suatu aktivitas berkali-kali, seperti berjemur di matahari, kemungkinan besar aktivitas itu menyenangkan baginya. Shutterstock

Seringkali, kita bisa cukup tahu apakah binatang sedang senang atau tidak dengan mengamati cara mereka berperilaku secara umum.

Kucing yang mendengkur karena senang mungkin juga akan melingkarkan badannya di sekitar kaki kamu, atau rileks di pangkuan kamu, mengangkat ekornya tinggi-tinggi, atau berguling ke belakang. Ini semua menunjukkan bahwa kucing itu mempercayai dan tertarik dengan kamu.


Baca juga: Don’t let them out: 15 ways to keep your indoor cat happy


Demikian pula, seekor kelinci yang menggertakkan gigi sembari rileks kemungkinan besar juga akan merenggangkan badannya pada saat yang sama. Kamu bisa mengira-ngira seberapa rileks seekor kelinci dengan mengamati seberapa renggang badannya ketika beristirahat.

Jika seekor kelinci sedang kesakitan, biasanya membungkuk dan memejamkan matanya setengah tertutup seperti sedang meringis. Binatang yang rileks dan tidak tegang biasanya sedang merasa senang dan nyaman. https://www.youtube.com/embed/LEVEd8_maeA?wmode=transparent&start=0 Seekor kelinci bisa melompat sambil berputar ketika merasa senang.

Kita juga bisa mengetahui seberapa senangnya suatu binatang dengan melihat apa yang mereka lakukan.

Bermain adalah salah satu hal yang paling pasti untuk mengetahui apakah seekor binatang sedang senang atau tidak, karena hanya binatang yang sedang senang yang bermain.

Binatang yang senang dan suka bermain akan lompat ke udara, menyambar, menendang kaki mereka ke atas ketika berlarian, dan secara umum lebih energik daripada biasanya.


Baca juga: 10 things we do that puzzle and scare horses


Terakhir, kita bisa melihat pertanda binatang sedang senang dengan memperhatikan apa suka ia lakukan berulang kali.

Jika peliharaan kamu berulang kali berjemur di bawah matahari atau mencari cemilan enak atau menggali lubang, maka kita bisa tahu bahwa ketika mereka melakukannya, mereka kemungkinan sedang senang.

Jadi, untuk mengetahui kapan seekor binatang sedang senang, kita perlu melihat lebih dari apa yang dilakukan oleh satu bagian tubuh, dan kita mungkin perlu untuk mengamati mereka untuk mengenal mereka lebih dalam.

Untuk menjadi teman yang baik bagi peliharaan kita, kita perlu memberikan mereka kebebasan memilih aktivitas mereka sendiri, sehingga mereka bisa menunjukkan pada kita apa yang mereka sukai.

Selamat mengamati!


Ignatius Raditya Nugraha menerjemahkan artikel ini dari Bahasa Inggris.

Melissa Starling, Postdoctoral researcher, University of Sydney

Artikel ini terbit pertama kali di The Conversation. Baca artikel sumber.

loading...

Leave a Reply