Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

9 Jenis Titan Shifter di Anime Attack on Titan (Shingeki no Kyojin)

Share Article
Armored Titan vs Attack Titan

ENDONESIA.com – Bagi kamu penggemar anime Attack on Titan (AoT) atau Shingeki no Kyojin, pasti kamu sudah tahu soal manusia yang punya kemampuan berubah jadi titan jika dia menginginkannya.

Titan seperti ini memiliki kecerdasan, relatif bisa mengontrol diri, dan bisa berubah kembali menjadi manusia. Jenis seperti ini disebut titan shifter, yaitu titan yang bisa berubah lagi menjadi manusia dan sebaliknya.

Bagi kamu yang belum nonton, baca Link Nonton Attack on Titan (AoT) Sub Indo Full Gratis Lengkap Season 1, Season 2, Season 3, dan Season 4.

Titan yang tak lagi bisa berubah menjadi manusia disebut titan mindless atau titan liar. Dia tak memiliki kecerdasan dan selamanya akan menjadi titan jika tak memakan manusia yang punya kekuatan titan shifter.

Attack on Titan merupakan sebuah epic yang mengisahkan pertarungan perebutan pengaruh dan kekuasaan yang salah satu kubu menggunakan senjata titan. Adalah Ymir Fritz, nenek moyang bangsa Eldia, yang saat itu mendapatkan kekuatan yang bersumber dari perjanjian dengan iblis. Ymir ini beda ya dengan karakter Ymir yang satu angkatan dengan Eren Yeager dkk (angkatan Kadet 104).

Baca juga Nonton Attack on Titan (AoT) Season 4 Episode 8 Full Sub Indonesia.

Kebetulan memang ada nama Ymir yang dari kadet 104 dan bisa berubah menjadi Jaw Titan (salah satu dari 9 titan shifter) setelah dia secara kebetulan berhasil memakan Marcel. Marcel ini temannya Reiner Braun, Berthold, dan Anie. Ketiga orang ini punya misi merebut salah satu titan shifter, Founding Titan atau Titan Pendiri, di Pulau Paradis (tempat tinggal Eren dkk). Ymir Fritz yang dimaksud sebagai pendiri titan bukan yang memakan Marcel ini.

Baca juga 10 Karakter Attack on Titan (AoT)

Dari satu titan Ymir Fritz ini nantinya diturunkan ke sembilan (9) orang keturunannya menjadi 9 kekuatan titan shifter. Masing-masing punya kekuatan spesifik yang berbeda satu sama lain.

Singkat cerita, dengan kekuatan titannya, Ymir dan bangsa Eldia pernah memasuki era keemasan. Di era kekalahan dan perpecahan bangsa Eldia yang kemudian diwarisi para keturunan Ymir, atau di era Eren Yeager dkk, Eren dan orang-orang di Pulau Paradis tidak tahu bahwa titan mindless atau titan liar ini sebenarnya manusia juga. Adalah orang-orang Marley yang menyuntikkan serum titan kepada manusia sebagai bentuk hukuman.

Manusia yang disuntik serum titan akan berubah menjadi titan liar atau mindless titan dan dilepas ke Pulau Paradis agar memangsa warga Pulau Paradis. Karena banyaknya titan liar yang berkeliaran di luar, itu lah mengapa orang-orang Pulau Paradis, yang sebenarnya juga pewaris atau keturunan Ymir, membentengi diri dengan tembok tinggi agar tak diganggu oleh titan. Titan memang secara intuisi akan mencari manusia untuk dimakan dengan harapan dia bisa memakan titan shifter agar bisa berubah kembali menjadi titan. Titan liar memakan manusia bukan karena lapar, tapi karena misi ingin menjadi manusia kembali.

Baca juga Sinopsis Attack on Titan (AoT) Season 4 Episode 8 : Peluru Sang Pembunuh

Oke, kita akan bahas 9 jenis titan shifter.

Kesembilan titan shifter itu adalah Attack Titan atau Titan Penyerang, Female Titan atau Titan Perempuan, Armored Titan atau Titan Berzirah, Colossal Titan atau Titan Kolosal, Beast Titan atau Titan Binatang, Jaw Titan atau Titan Rahang, Cart Titan atau Titan Pengangkut, War Hammer Titan atau Titan Palu Perang, dan Founding Titan atau Titan Pendiri.

Berikut ini penjelasan 9 Titan Shifter dengan masing-masing kekuatannya.

1. Attack Titan atau Titan Penyerang

Attack Titan atau Titan Penyerang

Di dalam anime, Attack Titan atau Titan Penyerang ini merupakan titan pertama yang diketahui warga Pulau Paradis. Kehadirannya mengejutkan karena untuk pertama kalinya umat manusia mengetahui bahwa manusia bisa menjadi titan dan bisa diajak kerja sama. Dikira semua titan adalah titan liar dan tak bisa berubah menjadi manusia.

Eren Yeager adalah pewaris Attack Titan atau Titan Penyerang. Ia mewarisi ini dari ayahnya, Grisha Yeager. Grisha ini seorang dokter. Grisha sebenarnya orang di luar tembok Pulau Paradis. Dia datang dari Tanah Marley di seberang Pulau Paradis. Marley ini nantinya akan menjadi musuh Eren dkk.

Lalu, Grisha Yeager dapat titan penyerang dari mana? Grisha mendapatkannya dari Eren Kruger, keturunan Eldia di pengasingan Marley yang memata-matai Marley demi kebangkitan bangsa Eldia.

Grisha mendapatkan titan penyerang dari Kruger secara sukarela, lebih kepada pewarisan sukarela dari Kruger dengan misi untuk mencari Titan Pendiri atau Founding Titan. Kelak, Grisha melaksanakan misi Kruger ini dengan menyeberang ke Pulau Paradis, menyusup sebagai dokter, menikahi orang Paradis dan memiliki anak Eren Yeager, dan kemudian di saat Reiner, Berthold, dan Anie menyerang Shigensiha dan Tembok Maria, si Grisha ini menyelinap ke tempat persembunyian Rodd Reiss untuk merebut Titan Pendiri.

2. Female Titan atau Titan Perempuan

Female Titan atau Titan Perempuan

Manusia kedua yang diketahui bisa berubah wujud menjadi titan adalah Annie Leonhart yang berubah meniad Female Titan. Annie ini berasal dari Marley, berangkat ke Pulau Paradis dan menyusup menjadi kadet bersama Reiner Braun dan Berthold.

Female Titan dikenal dengan manuver yang gesit, kuat, dan bahkan mampu mengalahkan attack titan-nya Eren Yeager di awal-awal pertarungan. Namun pada akhir pertarungan, Female Titan bisa dikalahkan Eren. Untuk melindungi dirinya, Annie memproteksi diri secara spontan dengan kristal. Salah satu kekuatan unik Female Titan adalah bisa memanggil titan-titan liar.

3. Armored Titan atau Titan Berzirah

Armored Titan atau Titan Berzirah

Armored Titan atau Titan Berzirah bersama Titan Kolosal adalah titan pertama yang dilihat Eren Yeager sewaktu kecil. Tahun 845, Reiner Braun bersama Berthold dan Annie Leonhart dikirim bangsa Marley ke Pulau Paradis untuk mencari dan merebut Titan Pendiri (Founding Titan).

Reiner-lah yang berubah menjadi Armored Titan atau Titan Berzirah yang kemudian menjebol tembok di Distrik Shiganshina, tempat tinggal Eren Yeager dkk. Reiner juga menjebol Tembok Maria. Pada kesempatan itu Titan Kolosal juga menampakkan diri yang merupakan perwujudan dari Berthold. Anie si Female Titan tak menampakkan diri tapi dia berada di luar tembok untuk memanggil para titan liar masuk.

Lebih dari sepertiga populasi Pulau Paradis tewas dimakan titan atau kelaparan. Jumlahnya sekitar 250.000 jiwa. Salah satunya adalah ibu Eren yang dimakan titan. Sejak saat itulah Eren Yeager bersumpah untuk menghabisi titan dari muka bumi.

Keunggulan Titan Berzirah ini adalah badannya yang kuat, keras karena memiliki perlindungan seperti baja, dan daya tahan yang kuat.

4. Colossal Titan atau Titan Kolosal

Colossal Titan atau Titan Kolosal

Titan Kolosal diwarisi oleh Berthold yang bekerja untuk Marley. Dia bersama Reiner menyerbu Pulau Paradis untuk mencari Founding Titan atau Titan Pendiri. Kekuatan Titan Kolosal adalah ketika mengamuk dia mengeluarkan hawa panas yang dalam sekejap bisa memporakporandakan rumah-rumah dan apa saja yang dia hadapi.

Kelak, Titan Kolosal ini akan diwarisi oleh Armin. Itu berarti, Armin harus memakan Berthold? Tepat sekali. Ketika Armin dalam kondisi sekarat karena melawan Berthold yang berubah menjadi Titan Kolosal, Armin disuntik serum titan oleh Levi Ackerman. Levi mendapatkan serum titan ini dari pamannya, Kenny Ackerman. Kenny sendiri mencuri serum titan ini dari Rodd Reiss ketika Rodd Reiss menangkap Eren Yeager yang sedianya akan dimakan oleh anak Rod Reiss yang bernama Krista (yang kemudian Krista ini mengungkap jati dirinya bernama Historia). Singkat cerita, setelah disuntik serum titan, maka armin menjadi titan liar dan kemudian memakan Berthold.

5. Beast Titan atau Titan Bintang

Beast Titan atau Titan Binatang

Pada kemunculan awalnya, Beast Titan atau Titan Binatang ini sangat menyebalkan. Orang yang menjadi titan licik ini adalah Zeke Yeager dari Marley. Zeke di awal-awal cerita adalah anak durhaka dari bangsa Eldia yang bekerja untuk Marley. Dia tega melaporkan bapak ibunya ke Marley bahwa bapak ibunya berkhianat dan menyiapkan gerapan Restorasi Eldia.

Akibat laporan Zeke ini, orangtua dan para anggota gerakan Restorasi Eldia terbongkar dan dihukum dengan disuntik serum titan. Mereka dilepaskan Marley ke Pulau Paradis agar memakan orang-orang Eldia di Pulau Paradis.

Dan Zeke pun melenggang menjadi orang penting di Marley. Dia kemudian mewarisi Beast Titan. Lalu siapa ayah Zeke yang dilaporkan sendiri oleh Zeke? Dia lah Grisha Yeager, orang yang harusnya dihukum menjadi titan liar tapi diselamatkan oleh Eren Kruger. Bahkan Grisha mendapat warisan Titan Penyerang. Lha……berarti Beast Titan alias Zeke Yeager ini saudaranya Eren Yeager dong? Benar sekali…..tapi saudara titi, satu bapak beda ibu.

Beast Titan ini punya kekuatan unik yaitu pandai melempar sesuatu ke target sasaran. Pasukan Pengintai Pulau Paradis banyak yang tewas akibat serangan Beast Titan. Beast Titan ini hanya bisa dikalahkan oleh Levi Ackerman.

Keunggulan Beast Titan ini adalah mampu memerintahkan titan liar, lemparan batunya akurat, dan bisa mengubah manusia menjadi titan dengan teriakannya.

6. Jaw Titan atau Titan Rahang

Jawa Titan atau Titan Rahang

Pewaris Jaw Titan ini adalah Marcel Galliard, warga Eldia di Pengasingan Liberio yang berada di kawasan Marley. Dia bekerja untuk Marley. Bersama Reiner, Berthold, dan Annie, Marcel diutus ke Pulau Paradis untuk mencari dan mengambil Founding Titan.

Jaw Titan dikenali dengan rahangnya yang kuat. Tingginya tak seberapa. Dia gesit dan mudah bergerak. Marcel tak sempat banyak beraksi di Paradis karena tak sengaja dimakan oleh Ymir. Ymir ini tadinya titan liar. Dengan demikian, Ymir menjadi titan shifter setelah memakan Marcel.

Kelak, Ymir ini juga menyusup ke dalam Pulau Paradis dan menjadi kadet angkatan 104. Keberadaan Ymir ini tak disadari baik dari kubu Pulau Paradis maupun kubu Reiner dkk. Pada akhirnya, Ymir akan mengembalikan Jaw Titan ke Marley secara sukarela. Nantinya, Jaw Titan akan diwariskan kepada Porco Galliard, adiknya Marcel Galliard yang dimakan Ymir.

7. Cart Titan atau Titan Pengangkut

Cart Titan atau Titan Pengangkut

Cart Titan ini muncul saat bersama-sama Reiner, Zeke, dan Berthold menyerang Pulau Paradis. Pewaris Cart Titan atau Titan Pengangkut adalah Pieck Finger. Pieck ini satu angkatan dengan Reiner, orang Eldia yang bekerja untuk Marley.

Karena punggung Cart Titan yang lebar, bisa digunakan untuk mengangkut apa saja. Mulai dari logistik bahan makanan hingga persenjataan. Di Marley, saat perang Timur Tengah, Cart Titan membawa senjata senjata berat untuk menembaki musuh.

Tinggi tubuhnya hanya 4 meter, cukup rendah untuk ukuran titan. Dia berjalan dengan empat kaki seperti binatang. Cart Titan paling lama bisa bertahan menjadi titan hingga 4 tahun. Karena terlalu lama menjadi titan, Pieck kadang lupa cara berjalan seperti manusia.

8. War Hammer Titan atau Titan Palu Perang

War Hammer Titan atau Titan Palu Perang

Titan yang satu ini jarang keluar ke hadapan publik. Pewaris Titan Palu Perang atau War Hammer Titan ini adalah keluarga Tybur. Pewaris Titan Palu Perang ini sengaja disembunyikan agar tidak diincar oleh musuh.

Dalam AoT Season 4, terungkap bahwa pewaris Titan Palu Perang adalah Lara Tybur. Lara ini adiknya Willy Tybur. Willy Tybur ini orang yang sangat berpengaruh di Marley karena dulu menyimpan rahasia perjanjian damai di Marley. Pada akhirnya, Lara Tybur ini kelak akan diincar oleh Eren dan berhasil dimakan oleh Eren.

Titan Palu Perang memiliki kemampuan bisa membuat senjata dari pemadatan sebuah benda terutama dari tanah. Berbeda dengan titan lainnya yang memiliki kelemahan di tengkuk, Titan Palu Perang tak memiliki kelemahan ini. Itu terjadi karena titan ini dikendalikan dari jarak jauh menggunakan kabel. Jadi, operator atau manusia yang mewarisinya tak harus berada di badan titan.

Senjata utama titan ini tentu saja adalah palu. Dengan palu, dia hampir melumatkan Eren.

9. Founding Titan atau Titan Pendiri

Founding Titan atau Titan Pendiri

Jenis titan shifter yang satu ini, Founding Titan atau Titan Pendiri, merupakan jenis paripurna alias jenis titan paling tinggi levelnya. Dialah pewaris pendiri dari Ymir. Titan inilah yang menjadi asal usul berbagai perang yang terjadi.

Titan Pendiri disembunyikan rapat-rapat oleh keluarga Rodd Reiss. Rodd Reiss ini sebenarnya dialah yang berhak menjadi raja di Pulau Paradis. Namun justru Rodd Reiss ini menghindar dari publik. Bersembunyi dengan alasan untuk kedamaian dunia. Rodd Reiss tak peduli dengan kakacauan dunia dan memilih menyembunyikan Titan Pendiri. Padahal, kekuatan itu bisa digunakan untuk menghentikan perang.

Adalah Eren Kruger dan Grisha Yeager, orang Eldia di seberang pulau yang tinggal di daerah Marley, yang merasakan ketidakadilan ketika kekuatan Founding Titan tak digunakan untuk menyelamatkan dunia. Karena itu, Grisha Yeager pergi ke Pulau Paradis untuk mencuri Founding Titan dari Rodd Reiss. Misi ini berhasil di saat bersamaan Reiner dkk menjebol tembok Distrik Shiganshina dan Tembok Maria.

Grisha Yeager adalah ayah dari Eren Yeager. Maka, titan pendiri ini akhirnya diwariskan ke Eren. Jadi, Eren adalah pewaris titan paling paripurna, titan paling kuat. Hanya saja, kekuatan Titan Pendiri baru efektif bekerja ketika di dalam orang tersebut mengalir darah biru atau darah kerajaan. Karens itu, fokus Eren berikutnya adalah mencari darah biru atau darah keturunan kerajaan tersebut.

Keunggulan Titan Pendiri atau Founding Titan ini adalah dapat mengendalikan titan yang lainnya baik titan liar maupun titan shifter, dapat menghapus ingatan banyak orang sekaligus seperti yang diterapkan di Pulau Paradis, dan dapat menjadikan manusia menjadi titan, atau dapat menciptakan titan-titan shifter lainnya.

Baca juga Link Nonton Attack on Titan (AoT) Season 4 (Final Season) Full Gratis dan Legal.

loading...