8 Langkah Cara Membersihkan Kulkas atau Lemari Es Anda

Share Article
Kulkas

ENDONESIA.com – Lemari es yang jarang dibersihkan sudah pasti akan menimbulkan banyak persoalan. Mulai dari bau yang tidak sedap, tidak optimal menyimpan makanan, hingga ancaman menjadi tempat menyenangkan buat mikroorganisme yang berbahaya.

Berikut ini 8 langkah membersihkan kulkas atau lemari es Anda agar selalu bersih dan higienis.

1. Keluarkan semua makanan dari dalam kulkas.

Letakkan pada sebuah meja atau konter sehingga lemari es tersebut benar-benar kosong. Anda pasti menginginkan ruang yang kosong sehingga Anda dapat menyurvei ada atau tidak adanya kerusakan.

2. Buang semua makanan yang sudah lama, berjamur, dan tidak bisa dimakan, membungkusnya dengan aman untuk mencegah kebocoran atau menyebarnya jamur.

Pembersihan kulkas tiap satu tahun atau tiap tiga bulan mengingatkan kita pada barang atau makanan yang kita telah benar-benar lupa, dan sayangnya telah kalah dalam pertarungannya yang tak terelakkan melawan waktu. Buanglah segera atau simpanlah kembali, yang resikonya akan Anda tanggung sendiri.

Jangan segan untuk membuang barang atau makanan yang tidak pernah Anda gunakan. Acar yang telah berada lama jauh di dalam lemari es, jauh sebelum nenek mendapatkan gigi palsunya, mungkin harus dibuang. Kecuali jika Anda secara tidak sengaja ingin mengundang bencana.

3. Buang semua makanan yang sudah lama, berjamur, dan tidak bisa dimakan, membungkusnya dengan aman untuk mencegah kebocoran atau menyebarnya jamur.

Pembersihan kulkas tiap satu tahun atau tiap tiga bulan mengingatkan kita pada barang atau makanan yang kita telah benar-benar lupa, dan sayangnya telah kalah dalam pertarungannya yang tak terelakkan melawan waktu. “Inilah hidup”. Buanglah segera atau simpanlah kembali, yang resikonya akan Anda tanggung sendiri.

Jangan segan untuk membuang barang atau makanan yang tidak pernah Anda gunakan. Acar yang telah berada lama jauh di dalam lemari es, jauh sebelum nenek mendapatkan gigi palsunya, mungkin harus dibuang. Kecuali jika Anda secara tidak sengaja ingin mengundang bencana

4. Cucilah semua rak, laci, dan permukaan yang lain dengan tangan.

Sebagian besar barang yang Anda keluarkan dari lemari es Anda, tidak akan pas ataupun tidak boleh ditempatkan dalam mesin pencuci piring. Sebagai gantinya, basahi spons dengan busa sabun, ambilah sikat atau spons untuk menggosoknya, dan mulailah membersihkan barang-barang yang dapat dipindahkan dari lemari es Anda. Ini adalah saat pembersihan yang sebenarnya dan sangat penting.

Jangan pernah mencuci rak dingin yang terbuat dari kaca dengan air panas. Perubahan temperatur yang tiba-tiba dapat memecahkan rak kaca tersebut. Sebaliknya, gunakan air dingin atau pindahkan rak tersebut, dan biarkan suhunya menyesuaikan dengan suhu ruangan sebelum mencucinya.

Untuk bekas tumpahan atau noda yang sangat tebal, jangan takut untuk menggunakan kekuatan air panas dan amonia. Larutkan sedikit amonia ke dalam air panas (rasio perbandingan 1:5 harusnya lebih dari cukup) dan biarkan barang tersebut terendam sebelum menggosoknya.

Pastikan untuk membiarkan semua bagian rak, grill, dan lain-lain benar-benar mengering pada rak pengering, sebelum memasukannya kembali ke dalam lemari es.

5. Lap bagian dalam lemari es dengan larutan pembersih yang Anda sukai. Hajar setiap noda besar atau membandel, dan bersihkan semua permukaan yang tersisa dengan lap kain yang bersih atau spons bersih.

Anda mungkin tidak ingin menggunakan sabun atau pembersih kimiawi untuk bagian dalam lemari es Anda, karena makanan kemungkinan akan menyerap baunya. Sebagai gantinya, gunakan larutan pembersih alami berikut ini:
2 sendok makan baking soda dan 1 liter air panas.
1 bagian sari cuka apel dan 3 bagian air panas

Untuk noda yang sangat bandel atau menumpuk, cobalah menggunakan secolek pasta gigi putih. Pasta gigi ini berperan sebagai pembersih abrasif dan selain itu, baunya cukup enak

6. Pastikan untuk membersihkan pintu lemari es. 

Jika pintu lemari es Anda memiliki ruang untuk rak dan digunakan secara teratur, pastikan untuk membersihkan area itu juga, baik dengan pembersih kimiawi ataupun pembersih yang lebih lembut (seperti yang dijelaskan di atas).

7. Keringkan papan raknya sebelum meletakkannya kembali pada tempatnya di dalam lemari es. 

Dengan kain yang bersih, lap sisa air yang ada dari papan rak tersebut, dan tempatkan kembali di dalam lemari es.


8. Kembalikan makanan ke dalam lemari es.

 Lap semua toples, botol atau tupperware, dan masukkan kembali ke dalam lemari es. Cek ulang tanggal kadaluwarsa setiap barang yang mudah rusak, sebelum menempatkannya kembali.

Source Wikihow

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *