1 Sendok Teh, 1 Sendok Makan, dan 1 Sendok Takar Obat Berapa ml ? 10 ml Berapa Sendok?

Share Article
Berbagai jenis sendok obat (Google Search)

ENDONESIA.com – 1 sendok teh berapa ml? 1 sendok makan berapa ml? 1 sendok takar obat berapa ml? 10 ml berapa sendok makan / sendok teh? Ini penjelasannya. Pertanyaan lainnya adalah berapa ml 1 sendok teh/sendok makan? Berapa sendok 15 ml? Berapa sendok 10 ml? Berapa takaran 1 sendok teh/sendok makan? Konversi 1 sendok makan berapa ml? Simak artikel berikut ini.

Ketika kita beli obat berbentuk sirup, selalu ada anjuran pakainya atau dosisnya. Misal, 1 sendok teh, 1 sendok makan, atau 1 sendok takar obat. Seringnya, anjuran penting ini tanpa memasukkan konversi berapa mililiter (ml) jika menggunakan takaran yang presisi. Atau dalam kasus yang sering terjadi, si produsen obat tak menyertakan sendok takar sehingga menyulitkan konsumen.

Model aturan pakai obat yang menggunakan ukuran sendok teh atau disingkat sdt dan sendok makan (biasa disingkat sdm) adalah model lama yang seharusnya sudah dibakukan ke dalam konversi mililiter (ml). Penggunaan satuan ml tentu akan lebih presisi, terlebih jika paket obat tersebut juga disertai dengan sendok takar dengan skala yang tepat.

Cara Alami dan Terbaik Tingkatkan Warna Ikan Cupang Betta Agar Makin Cerah

Konversi ukuran sendok teh dan sendok makan ke ml

Jika dikonversi ke ml, 1 sendok teh sama dengan 4,9 ml atau jika dibulatkan menjadi 5 ml (mililiter) dan 1 sendok makan adalah 14,7 ml atau jika dibulatkan menjadi 15 ml.

Konversi 1 sendok teh ke ml. 1 sendok teh = 4,9 ml atau dibulatkan jadi 5 ml. (Google)
Konversi 1 sendok makan = 14,7 ml atau dibulatkan menjadi 15 ml. (Google)

Jadi, jika beli obat tanpa disertai sendok takaran bawaan dari obat, tapi di rumah ada sendok takar obat yang tertera petunjuk volume mililiternya, maka gunakanlah sendok takar tersebut. Menggunakan sendok teh dan sendok makan memang bisa dipakai untuk kira-kira, namun tak sepresisi sendok takar obat.

Ada pula obat yang tak menggunakan acuan sendok teh maupun sendok makan. Mereka menggunakan kata: sendok takar. Masalahnya, si produsen obat ini dalam kenyataannya tak menyertakan sendok takar di dalam paket penjualannya. Ini kebiasaan produsen obat yang menganggap enteng soal dosis dan tidak care dengan konsumennya. Ternyata, ketentuan 1 sendok takar ini mengacu pada 5 ml. Jadi, 1 sendok takar adalah 5 ml.

Nah, ada kebiasaan buruk produsen obat lainnya yang di dalam petunjuk pemakaiannya sudah memberi info dalam bentuk satuan ml. Misal, 5 ml, 10 ml, atau 15 ml. Masalahnya adalah: ternyata dalam paket penjualan itu tak menyertakan sendok takar tersebut. Nah, saat yang sama, di rumah kita ternyata tidak ada sendok takar obat.

Bagaimaan jika disebutkan ml tapi kita tak punya sendok takar di rumah?

Dalam situasi seperti itu, tak ada masalah jika kita kembali ke cara lama, yaitu mengonversinya ke ukuran sendok teh atau sendok makan. Perlu diingat rumus konversi di atas, 5 ml berarti sama dengan 1 sdt atau 1 sendok teh dan 15 ml itu sama dengan 1 sdm atau 1 sendok makan.

Jadi, jika ditanyakan 10 ml itu berapa sendok teh? Jawabannya 10 ml sama dengan 2 sendok teh. Sedangkan 15 ml itu sama dengan 1 sendok makan, atau jika menggunakan sendok teh maka 15 ml itu sama dengan 3 sendok teh.

Nah, gampang kan mengingatnya? Tips: jika pas membeli obat mendapat sendok takar, simpanlah sendok tersebut. Sendok takar ini ada 2 model, yang model ceper seperti sendok biasa yang biasanya ukuran 5 ml (disebut juga sendok takar obat), dan yang model bulat yang sampai 15 ml. Simpan sendok ini jangan dibuang karena suatu saat akan berguna.

Pembahasan di atas untuk bentuk cairan ya atau bentuk obat sirup. Untuk bentuk padatan, beda lagi, yang bisanya dalam mg. Sebagai contoh, 1 sendok makan garam = 10 gram. Tiap bahan akan berbeda berat gramnya, misal 1 sendok makan tepung maizena/terigu = 8 gram.

Berikut rangkuman konversi satuan sendok teh, sendok makan, sendok takar, dengan satuan mililiter (ml):

1 sendok teh = 5 ml

1 sendok makan = 15 ml

1 sendok takar obat = 5 ml

5 ml = 1 sendok teh

10 ml = 2 sendok teh

15 ml = 1 sendok makan

Tips: jika petunjuk penggunaan obat menyebutkan 5 ml dan Anda punya sendok takar yang model 5 ml (bentuk sendok takar biasa) dan 15 ml (bentuk bulat), gunakanlah yang sendok 5 ml karena lebih presisi.

One thought on “1 Sendok Teh, 1 Sendok Makan, dan 1 Sendok Takar Obat Berapa ml ? 10 ml Berapa Sendok?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *