728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 16 Oktober 2015

I-Doser Semakin Populer di Indonesia

Aplikasi i-doser, yang menyediakan layanan musik berirama binaural, semakin populer di Indonesia. Popularitas i-doser ini terutama terjadi pada pekan ini setelah muncul broadcast di berbagai media, terutama di media sosial, yang mengkhawatirkan i-doser sebagai narkoba digital.

Aplikasi i-doser sempat menjadi trending search di Google yang dalam sehari pencariannya mencapai 5.000 kali di platform Google. Semakin tinggi popularitasnya setelah media arus utama seperti Kompas dan Tempo menurunkan laporannya terkait i-doser.

Kompas bahkan membahasnya panjang lebar. Pada 15 Oktober 2015, Kompas menurunkan tulisan berjudul "Efek Mirip Narkoba Itu Sugesti Belaka…" dan "Efek I-Doser, Adiksi lewat Suara Sulit Terjadi". Pada intinya, Kompas menekankan bahwa tidak benar i-doser adalah narkoba digital.

Namun demikian, Badan Nasional Narkotika meminta Kementerian Komnikasi dan Informatika untuk memblokir beberapa situs yang menawarkan musik binaural tersebut. "Kami melakukan blokir sementara terhadap empat situs yang terkait dengan i-Doser," jelas Kapus Humas Kominfo Ismail Cawidu.  Empat situs tersebut adalah i-doser.com, idoseraudio.com, idosersofware.com, dan istoner.com.

Pemblokiran tersebut masih bersifat sementara karena BNN sendiri baru mau mengkaji dampak aplikasi yang sudah dirilis sejak lima tahun terakhir ini.  "Pengaruhnya tersebut masih dicek dari berbagai jenis obat dan pengaruhnya," terang Kepala Badan Nasional Narkotika (BNN), Budi Waseso. 

BNN telah menyatakan bahwa i-Doser bukan merupakan barang narkotika dengan merujuk pada pengertian Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009. Hingga Jumat (16/10/2015), empat situs tersebut masih bisa diakses.

Pemblokiran tersebut justru akan mempopulerkan berbagai aplikasi tersebut dan membuat penasaran generasi muda. Secara teoritis, i-doser dalam situsnya sudah menyatakan tak ada bukti sains atau kedokteran bahwa musik yang mereka produksi mampu memberikan efek seperti yang dijanjikan dalam dosisnya. (end)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 comments:

  1. Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
    telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
    sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
    punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
    kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
    Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
    tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
    lagi…terima kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
    masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
    dinmr hp beliau (081-322-565-355)ATAU KLIK DISINI
    dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

    BalasHapus

Item Reviewed: I-Doser Semakin Populer di Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM