4:01 pm - Thursday September 30, 5232

I-Doser Semakin Populer di Indonesia

Aplikasi i-doser, yang menyediakan layanan musik berirama binaural, semakin populer di Indonesia. Popularitas i-doser ini terutama terjadi pada pekan ini setelah muncul broadcast di berbagai media, terutama di media sosial, yang mengkhawatirkan i-doser sebagai narkoba digital.

Aplikasi i-doser sempat menjadi trending search di Google yang dalam sehari pencariannya mencapai 5.000 kali di platform Google. Semakin tinggi popularitasnya setelah media arus utama seperti Kompas dan Tempo menurunkan laporannya terkait i-doser.

Kompas bahkan membahasnya panjang lebar. Pada 15 Oktober 2015, Kompas menurunkan tulisan berjudul “Efek Mirip Narkoba Itu Sugesti Belaka…” dan “Efek I-Doser, Adiksi lewat Suara Sulit Terjadi”. Pada intinya, Kompas menekankan bahwa tidak benar i-doser adalah narkoba digital.

Single content advertisement top

Namun demikian, Badan Nasional Narkotika meminta Kementerian Komnikasi dan Informatika untuk memblokir beberapa situs yang menawarkan musik binaural tersebut. “Kami melakukan blokir sementara terhadap empat situs yang terkait dengan i-Doser,” jelas Kapus Humas Kominfo Ismail Cawidu.  Empat situs tersebut adalah i-doser.com, idoseraudio.com, idosersofware.com, dan istoner.com.

Pemblokiran tersebut masih bersifat sementara karena BNN sendiri baru mau mengkaji dampak aplikasi yang sudah dirilis sejak lima tahun terakhir ini.  “Pengaruhnya tersebut masih dicek dari berbagai jenis obat dan pengaruhnya,” terang Kepala Badan Nasional Narkotika (BNN), Budi Waseso. 

BNN telah menyatakan bahwa i-Doser bukan merupakan barang narkotika dengan merujuk pada pengertian Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009. Hingga Jumat (16/10/2015), empat situs tersebut masih bisa diakses.

Pemblokiran tersebut justru akan mempopulerkan berbagai aplikasi tersebut dan membuat penasaran generasi muda. Secara teoritis, i-doser dalam situsnya sudah menyatakan tak ada bukti sains atau kedokteran bahwa musik yang mereka produksi mampu memberikan efek seperti yang dijanjikan dalam dosisnya. (end)

Single content advertisement bottom
Don't miss the stories followPortal Berita Indonesia and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Indra “The Rain”, dari Bermusik Hingga Membangun Bisnsis Startup

Apa itu I-Doser? Apakah Sebuah Narkoba Digital? Apakah Efek I-doser Efektif?

Related posts