728x90 AdSpace

Latest News
Minggu, 19 April 2015

Di Medsos, Ridwan Kamil Justru Terpopuler terkait Konferensi Asia Afrika

Jakarta, Endonesia--Siapakah orang yang paling populer di media sosial terkait perayaan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika? Bukan Presiden Joko Widodo, bukan pula Wakil Presiden Jusuf Kalla, melainkan Walikota Bandung Ridwan Kamil. Jadi, pantas saja jika ada orang asing yang mengiri Ridwan Kamil adalah presiden ketika Joko Widodo meninjau persiapan KAA di Bandung.

Analis media sosial Awesometrics, Fitria Risdayani, mengatakan, Awesometrics melakukan pemantauan terhadap percakapan yang berkaitan dengan Konfrensi Asia Afrika dengan menggunakan beberapa katakunci berikut; Konfrensi Asia Afrika, Konferensi Asia Afrika, KAA dan Asia Africa Confrence. Waktu yang digunakan untuk memantau percakapan ini yaitu selama seminggu, dimulai dari 9 April-16 April 2015.

Selama periode pemantauan, Awesometrics berhasil merekam pembicaraan mengenai KAA baik di media online maupun twitter sebanyak 66.207 mentions. Hal ini membuktikan bahwa peringatan KAA tahun ini telah berhasil meraih perhatian publik. Sebanyak 92% percakapan mengenai KAA di dominasi oleh pengguna Twitter.

Jelang akhir pekan ini, percakapan di twitter terlihat meningkat, beda dengan pemberitaan, sejak 15 April, mention oleh media online malah menurun. "Kerja keras warga Bandung yang dikomandani sang Walikota, Ridwan Kamil, diapresiasi oleh publik. Sehingga, twit-twit Ridwan Kamil tentang proses persiapan menyambut KAA adalah paling banyak dipilih untuk diretweet. Lalu, pengumuman oleh pihak aparat dan pujian dari Wakil Presiden Jusuf Kalla terhadap kinerja Ridwan Kamil juga mendapat simpati dari netizen, yang meyakinkan bahwa KAA akan berlangsung aman dan lancar," kata Fitria.

Salah satu cara untuk melihat pola percakapan di Twitter dengan menggunakan fitur Top Users by Impact dan most retweeted statuses. Dilihat dari pola percakapan dari akun yang paling banyak terhadap isu KAA, masih didominasi oleh akun-akun portal berita. "Hal ini berarti penyampaian isu yang berkembang mengenai KAA di Twitter masih merujuk pada artikel yang dikeluarkan oleh media, dengan kata lain media lah yang mengiring isu mengenai KAA di Twitter," kata Fitria.

Hal ini juga menandakan bahwa esensi dari Peringatan KAA ini bagi netizen Indonesia masih banyak dipandang sebagai selebrasi. Pernyataan ini didukung juga dari pola percakapan di most retweeted statuses. Dimana isu yang paling banyak diangguki oleh netizen mengenai acara beberes Kota Bandung yang digawangi oleh Ridwan Kamil. Sementara isu yang berkaitan dengan tema perayaan tahun ini, belum terlihat di percakapan Twitter.

Sedangkan mengenai topik yang paling banyak diperbincangkan di media online Indonesia, berkaitan dengan menjelang persiapan peringatan KAA. Mulai dari pengawalan konferensi sampai kepada suvernir batu akik. (adm)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

6 comments:

  1. thank for u article

    http://obatpembesarpenisvimax.com/

    BalasHapus

Item Reviewed: Di Medsos, Ridwan Kamil Justru Terpopuler terkait Konferensi Asia Afrika Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM