728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 09 Februari 2015

Poros Sumatera Deklarasi Dukung Hatta

*Hatta mengaku diminta mundur

Partai Amanat Nasional Poros Sumatera, mendeklarasikan dukungannya kepada Hatta Rajasa untuk maju sebagai calon ketua umum PAN dalam Kongres PAN di Bali, akhir Januari nanti. Dalam kesempatan itu, Hatta menyatakan kesediannya dan akan bersikukuh menjaga amanat itu walau ada yang memintanya mundur dalam bursa pencalonan kali ini.

Deklarasi dilakukan di Pekanbaru, Riau, pada Sabtu (17/1) malam. Acara dihadiri para politisi PAN, jajaran pengurus DPP, DPW, dan DPD PAN. Dalam sambutan di akhir acara, Hatta mengatakan, di setiap acara deklarasi dukungan kepada dirinya, selalu ada pertanyaan dan kekhawatiran jika nanti dirinya akhirnya mundur dari pencalonan.

“Karena memang saya ini selalu diminta mundur. Kongres di Semarang saya diminta mundur. Kongres di Batam, sebenarnya saya juga diminta mundur. Tapi karena sudah tak ketahan akhirnya jadi ketua juga,” kata Ketua PAN periode 2010-2015 ini. Hatta mengaku, pada Kongres di Bali yang akan berlangsung 28 Februari – 2 Maret 2015, dirinya juga sudah diminta untuk mundur dari bursa pencalonan.

Namun, Hatta tak membeberkan siapa yang menyuruhnya mundur. Menanggapi permintaan mundur tersebut, Hatta menyatakan tak akan menuruti permintaan itu setelah melihat dukungan dari berbagai daerah.

“Saya jawab dengan pantun saja: jika sudah makan berembang, dengan kedabu kita berpantang. Jika layar sudah terkembang, pantang surut kita ke belakang. Saudara-saudaraku sekalian, kita bersama-sama sukseskan kongres, saya akan jaga amanah saudara, kita wujudkan amanah itu dengan baik,” kata Hatta.

Hatta mengajak para pendukungnya untuk memperjuangkannya sungguh-sungguh. “Apabila kita membersihkan hati, berjuang untuk kepentingan bangsa dan negara, niscaya tangan Tuhan akan menuntaskan semua,” kata Hatta.

Koordinator Forum Pemenangan Hatta Rajasa Poros Sumatera, yang juga Ketua DPW Sumatera Barat, M Asli Chaidir, mengatakan, dari 174 suara yang dipegang pengurus DPW dan DPD se-Sumatera, yang menyatakan dukungan dan hadir mencapai 129 suara. Terdiri dari 119 suara DPD, dan 10 suara DPW.

Pengurus DPW dan DPD yang hadir berasal dari Provinsi Bengkulu, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Sumatera Utara, Aceh, Kepulauan Riau, dan Riau. Hadir pula dalam acara tersebut pengurus PAN Papua dan Nusa Tenggara Barat.

“Kami mengharapkan betul Pak Hatta menerima keikhlasan kami agar mau menjadi calon ketua dan kami akan menyuseskannya. Sumatera adalah garda terdepan agar kepemimpinan Pak Hatta dilanjutkan,” kata Chaidir.

Ketua Fraksi PAN DPR RI, Tjatur Sapto Edi, yang hadir dalam acara deklarasi, mengunggulkan Hatta untuk maju lagi menjadi ketua PAN karena Hatta dianggap berhasil memimpin PAN. Pada Pemilu 2014, PAN memperoleh 7,6 persen suara dengan jumlah kursi di DPR 48. “Naik dua kursi di DPR dibanding pemilu sebelumnya, tapi di daerah total peningkatan sampai 300 kursi,” katanya.

Tjatur mengatakan, Hatta adalah satu dari lima orang paling populer di Indonesia. “Saya menemani beliau di Munas Golkar, semua berebut berfoto dengan Pak Hatta, lebih ramai yang meminta foto dengan Pak Hatta daripada dengan ketua Golkar-nya sendiri,” kata Tjatur.

Tjatur menyadari, regenerasi dalam partai memang hal yang bagus. “Regenerasi itu alat bukan tujuan.
Kalau ketunanya sudah bagus, jangan diganti lagi, seperti dalam sepak bola,” katanya.
Dalam situasi seperti saat ini, Tjatur mengatakan saat ini PAN-lah yang membutuhkan Hatta untuk kembali memimpin. “PAN yang butuh Pak Hatta, bukan Pak Hatta yang membutuhkan PAN. Pak Hatta bukanlah pengikut, beliau ikut mendirikan partai ini,” kata Tjatur. (AMR)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Item Reviewed: Poros Sumatera Deklarasi Dukung Hatta Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM