728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 09 Februari 2015

Bawaslu Ingin Tarik Sengketa ke Pusat

Badan Pengawas Pemilu berkeinginan menjauhkan sengketa administrasi pemilihan kepala daerah di kabupaten/kota dan provinsi ke pusat. Tujuannya agar bisa menjauhkan titik api konflik dari daerah ke pusat.

Anggota Bawaslu, Nasrullah, di Jakarta, Kamis (29/1), mengandaikan, jika ada yang merasa tidak puas dengan keputusan KPU kabupaten/kota atau provinsi, maka keputusan KPU itu bisa digugat calon lain. Jika menurut desain Perppu Pilkada, yang kini sudah menjadi UU, sengketa administrasi diselesaikan Panwas kabupaten/kota atau di Bawaslu provinsi.

“Jika diselesaikan di arena kontestasi, misal di kabupaten/kota tempat pilkada berlangsung, ini seperti mendekatkan titik api dengan sumbunya, salah sedikit dalam mengambil keputusan bisa konflik karena saking dekatnya persoalan,” kata Nasrullah.

Karena itu, Bawaslu mengusulkan agar sengketa administrasi pemilu di kabupaten/kota langsung ditarik ke Bawaslu pusat. Bawaslu hanya ingin menarik sengketa administrasi dan pada tahapan proses, tidak termasuk sengketa hasil pilkada.

“Jadi kalau tak puas, orang mau marah ya silakan marah ke Bawaslu pusat,” kata Nasrullah. Pengambil keputusan sengketa, dijauhkan jaraknya dengan lokasi kontestasi. Lalu, bagaimana jika nanti ternyata di pusat banyak sekali gugatan? “Nah itu nanti baru bisa didelegasikan ke Provinsi. Jauh lebih manis seperti itu, pendelegasian dari tingkat atas ke bawah,” kata Nasrullah.

Ahli hukum tata negara Universitas Parahyangan, Asep Warlan Yusuf, mengatakan, desain seperti itu menjadikan penyelesaian sengketa menjadi lama, panjang, dan tidak sederhana prosedurnya. “Misalnya, kalau di Papua harus ke Jakarta. Seharusnya penyelesaian sengketa itu cepat, kalau diserahkan semua ke pusat apakah tertangani?” kata Asep.

Problem lainnya, jika memang sengketa administrasi ditarik ke Bawaslu pusat takutnya malah lebih mahal dan lama sehingga bisa mengganggu tahapan. Jika ditarik ke provinsi, kemungkinan masih bisa diterima.

Hanya saja, kata Asep, perlu diperhatikan nantinya bagaimana penguatan sumber daya manusia di Bawaslu provinsi. “Bawaslu provinsi harus diisi orang-orang yang kompeten,” kata Asep. (AMR)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Item Reviewed: Bawaslu Ingin Tarik Sengketa ke Pusat Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM