728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 19 Desember 2014

Anggota KPU Padang Lawas Utara Diberhentikan Tetap

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu menjatuhkan sanksi kepada anggota KPU Padang Lawas Utara Arifuddin Muda Harahap. Sanksi tersebut disampaikan dalam sidang dengan agenda pembacaan 5 Putusan, Jumat (19/12).

Dalam pertimbangan putusan, Arifuddin mengakui tidak hadir dalam rapat pleno sebanyak lima kali berturut-turut. Ketidakhadiran Teradu dengan alasan tidak menerima undangan.

“Alasan yang sulit diterima nalar. Pertama, sebagai anggota KPU sepatutnya Teradu setiap hari kerja berada di kantor. kedua, era teknologi komunikasi yang sangat maju. Pemberitahuan atau penyampaian undangan rapat pleno dalam praktiknya dilakukan dengan menyerahkan baik secara langsung maupun melalui telepon dan/atau pengiriman pesan singkat (Sort Message Send),” kata, Saut H Sirait, anggota majelis saat membacakan Putusan, Jumat (19/12).

Alasan bahwa ketidakhadiran Teradu dalam rapat pleno sebanyak 5 kali berturut-turut karena kunjungan tugas ke PPK, merupakan sesuatu alasan yang tidak benar dan tidak dapat diterima. Hal tersebut diperkuat dengan keterangan Ketua dan Anggota KPU lainnya yang menyatakan bahwa, tidak ada pemberitahuan maupun informasi keberangkatan serta maksud dan tujuan Teradu ke PPK. Pembagian tugas koordinator wilayah sesuai dengan PPK sama sekali tidak dilaksanakan Teradu, bahkan mengunjungi PPK Sigompulon yang tidak termasuk dalam wilayah tanggungjawabnya.

“Berdasarkan hal tersebut, alasan ketidakhadiran Teradu sebanyak 5 (lima) kali karena tidak mendapatkan undangan dan karena kunjungan ke PPK tidak dapat diterima,” ujarnya.

Dalam perkara ini, Mulia Banurea, ketua KPU Provinsi Sumatera Utara, mengadukan Teradu, karena usai melakukan evaluasi internal dalam rangka menindaklanjuti laporan Nomor 88/KPU-Kab/002.964953/IV/2014 yang disampaikan oleh Sdr. Safri Siregar selaku Ketua KPU Kabupaten Padang Lawas Utara perihal laporan Berita Acara Rapat Pleno KPU Kabupaten Padang Lawas Utara yang tidak dihadiri oleh Sdr. Arifuddin Muda Harahap yang dengan alasan yang tidak jelas sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut. Padahal waktu dilaksanakannya Rapat Pleno tersebut adalah dalam rangka menanggapi/merespon permasalahan yang muncul pada hari Pemungutan Suara, Penghitungan Suara dan Rekapitulasi di tingkat KPPS, PPS, dan PPK dan persoalan internal lainnya dalam rangka penyelesaian masalah dan konflik. (*)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Anggota KPU Padang Lawas Utara Diberhentikan Tetap Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM