728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 16 Oktober 2014

KPU Tetap Siapkan Aturan Pilkada Langsung


*Pemerintah berbeda pendapat


Komisi Pemilihan Umum memastikan akan terus berproses dalam menyiapkan Pemilihan Kepala Daerah secara langsung, meskipun DPR belum menyetujui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) No 1/2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota. Asumsinya, Perppu telah memiliki kekuatan hukum dan telah menjadi hukum positif yang berlaku.

Demikian disampaikan Ketua KPU, Husni Kamil Manik, di Jakarta, Rabu (15/10). Salah satu yang sudah disiapkan secara riil, bukan sekadar persiapa awal, adalah pembuatan berbagai Peraturan KPU (PKPU) untuk menjalankan teknis Pilkada serentak nantinya. Penegasan KPU ini sedikit berbeda dengan sikap pemerintah, yang membayangkan seharusnya KPU hanya melakukan persiapan awal.

Husni juga menegaskan, KPU juga tak menyiapkan skenario lain di luar apa yang diamanatkan dalam Perppu, misalnya dengan menyiapkan dua skenario Pilkada secara langsung dan Pilkada melalui DPRD. “Sekitar 10 PKPU akan kita siapkan, semua disusun untuk Pilkada langsung,” kata Husni.

Bagi KPU, Perppu telah berlaku dan sudah bisa dijadikan landasan bekerja secara nyata, bukan simulasi atau sekadar persiapan awal. “Apapun masalahnya, KPU punya tanggung jawab menindaklanjuti isi Perppu itu dan menuangkannya dalam Peraturan KPU (PKPU), dan mekanisme penetapan PKPU harus melalui konsultasi DPR dan Pemerintah,” kata Husni.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Djohermansyah Djohan, juga memastikan, Perppu telah menjadi hukum positif dan KPU sudah bisa menggelar persiapan. Namun demikian, guna mengantisipasi jika nantinya Perppu tak disetujui DPR pada sidang Januari 2015 nanti, Djohermansyah mengatakan apa yang dilakukan KPU adalah sekadar persiapan awal.

“Kan persiapan awal, belum bikin peraturan, draf dulu, kemudian membahas soal pendanaan, bikin ancer-ancer perkiraan dulu dana berapa yang dibutuhkan,” kata Djohermansyah.

Ditanya apakah tak menunggu Perppu agar dibahas dulu di DPR, Husni menegaskan tak perlu. “Enggak perlu menunggu, kan harus segera dikerjakan,” katanya.

KPU menyadari, beban mennyiapkan Pilkada serentak di tahun 2015 bukanlah pekerjaan mudah. “Ini kan pekerjaan yang harus segera dikerjakan dan membutuhkan waktu. Jika nanti ini tak dikerjakan, kemudian KPU belum siap apa-apa, justru beban kerja KPU yang akan menumpuk dan itu berat,” kata Husni.

Jika memungkinkan, KPU menginginkan agar Perppu segera dibahas oleh DPR agar segera ada kepastian hukum. “Jadi jangan nanti kita udah mulai jauh, ternyata payung hukumnya berubah lagi. Jadi sistem kerja seperi ini memang menjadi tidak efektif dan tidak juga efisien,” kata Husni. (AMR)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: KPU Tetap Siapkan Aturan Pilkada Langsung Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM