728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 04 September 2014

Xiaomi Redmi 1s Sukses Bikin "Panic Buying" Indonesia, Server Lazada pun Tumbang Akibat Flash Sale

Akhirnya, pembelian ponsel Xiaomi Redmi 1s dimulai di Indonesia melalui situs Lazada. Pembelian dengan sistem flash sale mengharuskan pembeli mendaftar terlebih dulu pada beberapa hari sebelum flash sale dimulai. Flash sale sudah ditetapkan dimulai hari ini Kamis 4 September pukul 11.00. Harganya cukup menarik, Rp 1.499.000.

Saya yang sudah mendaftar terlebih dulu sebelumnya, sudah mendapat email pemberitahuan sebelumnya untuk ikut pembelian mulai pukul 11.00. Terlambat sedikit, sekitar 10-15 menit, saya sudah sulit membuka web Lazada. Server Lazada pun down beberapa menit. Sempat hidup kembali, namun tombol "beli sekarang" tidak berfungsi, hanya menampilkan loading jam pasir.


Saya coba kembali membukanya sekitar 11.40 dan berhasil dengan menekan tombol "beli sekarang", selanjutnya berhasil memasukkan item belanjaan ke dalam kerangjang belanja. Kini tinggal memilih payment system. Setelah selesai memilih payment system, kemudian tinggal tekan tombol terakhir yaitu Konfirmasi Pesanan......dan akhirnya beberapa detik kemudian server Lazada kembali down.

Beberapa menit baru bisa direfresh, tapi komentar terakhir adalah Redmi 1s sudah tak lagi tersedia.
Sepertinya, sistem marketing Xiaomi telah berhasil membuat panic buying para pembeli. Sebenarnya Redmi 1s bukanlah gajet ideal idaman. Namun karena harganya termasuk paling murah di kelasnya, produk ini banyak ditunggu. Satu-satunya kendala bagi saya pribadi adalah memory internalnya yang hanya 8GB. Saya sudah menggunakan ponsel Android lainnya dengan memory internal 8GB sebelumnya dan sebenarnya itu tak cukup.

Redmi 1s dipersenjatai dengan layar 4,7 inch, resolusi layar 720 x 1280. Diperkuat prosessor quad-core 1,6GHz Snapdragon 400 dengan GPU Adreno 305, RAM sebesar 1GB dengan internal memory 8GB. Redmi 1s masih menyediakan slot kartu memory eksternal hingga berkapasitas 64GB tipe microSD, slot memory eksternal ini tak akan dijumpai pada seri di atasnya yaitu Mi3 dan bahkan Mi4. Resolusi kamera lumayan besar untuk ponsel dikelasnya yaitu 8MP untuk kamera belakang, dan 1,6MP untuk kamera depan. Untuk baterai, menggunakan 2000mAh dan dengan dilengkapi Android 4.3, yang pada produk khas Xiaomi, OS Android ini dibungkus tersendiri dengan MIUI versi 5.

Kita tunggu Xiaomi untuk merilis versi di atasnya yaitu Mi3 di Indonesia, yang mempunyai spesifikasi dua kali lipat dibanding Redmi 1s. Mi3 sendiri sebenarnya di negara asalnya, Tiongkok, sudah satu tahun lewat dan mereka sudah memiliki penerusnya yaitu Mi4. Namun, Mi3 tetaplah gajet yang dipersenjatai jeroan gahar yang layak untuk dinanti di Indonesia.

Dari flash sale Redmi 1s ini, sebaiknya Xiaomi dan Lazada sudah bisa belajar dan mengantisipasi rush pada saat flash sale. Tentunya, dari pihak Lazada sendiri diharapkan bisa mempertangguh servernya agar tak langsung down ketika kebanjiran pengunjung. Dari pengalaman pertama Xiaomi ini, diharapkan juga bisa menambah stok barang untuk memungkinkan rentang penjualan lebih lama.

Belum diketahui berapa lama flash sale berlangsung di Indonesia dan berapa unit yang terjual. Yang jelas, jika nanti ada klaim bahwa flash sale Redmi 1s itu kurang dari 45 menit, maka saya orang pertama yang mengatakan angka itu tidak valid. Soalnya, ketika saya kembali 45 menit setelah pukul 11.00, saya masih bisa membeli unit tersebut walaupun akhirnya server down dan mengakibatkan saya tak bisa membeli selanjutnya.

Di India, tercatat pembelian Redmi 1s ludes terjual hanya dalam rentang waktu 4,2 detik dengan jumlah unit terjual mencapai 40.000 unit. Fantastis! Inilah strategi "Hunger Marketing" yang fenomenal saat ini. Lalu, apa kabar Samsung dan Apple? (amr)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Xiaomi Redmi 1s Sukses Bikin "Panic Buying" Indonesia, Server Lazada pun Tumbang Akibat Flash Sale Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM