728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 09 September 2014

Peluncuran Indonesia WOW: Para Menteri Harus Paham Marketing


Presiden terpilih Joko Widodo memastikan, orang-orang yang akan menduduki posisi menteri di kabinetnya nantinya harus memahami teknik marketing terhadap produk yang dimiliki. Percuma Indonesia sudah memiliki produk bagus jika ternyata para menteri tak bisa memasarkan produknya.

Demikian disampaikan Jokowi di acara peluncuran single milik Slank berjudul “Indonesia WOW” yang digelar di Auditorium RRI, Jakarta, Senin (8/9). Lagu “Indonesia WOW (World of Wonderful)” diciptakan Bimbim dan teman-temannya di Slank atas usulan pakar marketing Hermawan Kartajaya.

Peluncuran single lagu ini juga diinisiasi Hermawan, kerjasama dengan RRI. Kampanye Indonesia WOW merupakan bagian dari mempromosikan eksotika Indonesia di kancah dunia. Program ini juga bagian dari memperkuat revolusi mental warga agar mau bekerja keras dan mulai memikirkan hal-hal yang konstruktif untuk Indonesia.

“Negara kita sangat kaya. Semua produk ada di sini. Ada industri kreatif hingga pariwisata,” kata Jokowi. Di bidang industri kreatif, ada film, seni pertunjukan, musik, tari, animasi, games atau permainan, dan juga produk-produk kreatif di kampung seperti tenun bordir dan batik.

“Produk pariwisata dari ujung barat hingga ke timur semua ada. Pantai, gunung, danau, sungai, kawah, ada semuanya. Oleh sebab itu, apa yang dibutuhkan negara ini? Sekarang bukan product centric lagi arah kita,” kata Jokowi.

Produk yang dihasilkan sudah bagus tinggal bagaimana mendekati pelanggan. Karena itu, negara kita membutuhkan para pakar marketing yang bisa memasarkan produk negara sekuat tenga. “Karena itu menteri-menteri ke depan akan berasal dari marketing,” kata Jokowi yang disambut tepuk tangan pengunjung.

“Percuma punya produk bagus tapi tak tahu cara memarketingi produk. Nanti saya mau tanya Pak Hermawan, jagonya marketing siapa saja sih. Jangan hanya memarketingi korporat saja. Negara ini juga perlu dimarketingi,” kata Jokowi.

Sentuhannya nanti tak hanya melayani pelanggan tapi juga sentuhan kepada masyarakat yang lebih manusiawi atau human centric. “Bagaimana nanti juga memberi peran kepada masyarakat dan pelanggan agar merasa memiliki,” kata Jokowi.

Hermawan Kartajaya mengatakan, Jokowi adalah Presiden yang sudah berorientasi pada marketing. “Jokowi seorang pemasar ulang yang sudah mendasari pada konsep Marketing 3.0, yaitu sudah sampai pada tingkat human spirit, tak hanya mengandalkan produk atau pelanggan selmatan,” kata Hermawan.

Sebelum Pemilu Presiden, Hermawan sudah mengusulkan kepada Slank untuk membuat lagi sederhana bertemakan Indonesia WOW. Dalam lagu yang dibuat berbahasa Inggris tersebut, WOW diterjemahkan sebagai “World of Wonderful”.

Terkait lagu Indonesia WOW, Jokowi mengatakan, peluncuran kemarin merupakan salah satu bentuk membangun kesadaran akan kebesaran brand Indonesia lima tahun ke depan. “Lagunya tadi, kalau semua TV di semua negara menayangkannya, dibarengi promosi produk-produk yang kita punyai, saya tak bisa bayangkan, pasti negara ini bisa dikunjungi berapa puluh juta orang,” kata Jokowi.


Hermawan juga mendampingi presentasi perwakilan dari beberapa institusi seperti RRI, kepolisian, PT KAI, PT Telkom, yang memiliki beberapa program yang dianggap berkelas dan bisa menjanjikan Indonesia yang lebih baik.

Bimo Setiawan atau dikenal sebagai Bimbim, sebagai penulis lagu, mengatakan lagu tersebut dibuat di Ubud Bali. “Kita bsa berperang tanpa meletupkan pistol,” kata Bimbim mengomentari semangat dari lagu Indonesia WOW.

Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik RRI, Rosarita Niken Widhiastuti, mengatakan, peluncuran lagu Indonesia WOW di RRI bukanlah hal yang kebetulan. “RRI telah menjadi rumah untuk Rakyat Indonesaia,” kata Niken.

Program Indonesia WOW juga sejalan dengan RRI. “Visi RRI membangun karakter bangsa sesuai yang dicanangkan Pak Jokowi yaitu revolusi mental. Kami akan mengimplementasikan revolusi mental ini melalui siaran-siaran yang dilakukan RRI di dalam maupun luar negeri,” kata Niken. (AMR)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Peluncuran Indonesia WOW: Para Menteri Harus Paham Marketing Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM