728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 03 September 2014

KPU Siapkan Pelantikan Caleg Terpilih 1 Oktober

*Lukman Hakim mengundurkan diri


Komisi Pemilihan Umum telah menyiapkan pelantikan 560 calon anggota DPR dan 132 calon anggota DPD terpilih periode 2014-2019 pada 1 Oktober nanti. Akan ada pembatalan pelantikan beberapa caleg terpilih akibat meninggal dunia dan mengundurkan diri. Mereka akan diganti sesuai mekanisme Undang-Undang.


Pembatalan pelantikan yang sedang diproses adalah caleg DPR terpilih yang meninggal dunia, seperti caleg terpilih dari Partai Amanat Nasional Laurens Bahang Dama. “DPP PAN sudah ajukan pergantian. Yang lainnya belum termasuk
pengunduran Lukman Hakim Saifuddin caleg terpilih PPP,” kata Ketua KPU, Husni Kamil Manik, di Jakarta, Selasa (2/9).

Lukman adalah caleg terpilih daerah pemilihan Jawa Tengah VI yang saat ini menjabat Menteri Agama. KPU baru menerima surat pengunduran dari Lukman kemarin. “Kami mendapat surat tembusan yang ditujukan ke DPP PPP, saat sore ini kami belum memprosesnya karena DPP PPP belum mengizinkan,” kata Husni.

Alasan Lukman untuk mengundurkan diri, kata Husni, adalah karena menjadi amirul hajj pada pelaksanaan ibdah haji tahun ini, dan juga sebagai wujud pertanggungjawaban sebagai Menteri Negara yang masih menjabat.


PPP menyetujui
Sekjen DPP PPP, M Romahurmuziy, membenarkan soal surat pengunduran diri Lukman tersebut. Menurut Romahurmuziy, pengunduran diri itu disebabkan tugas-tugas negara melayani umat sebagai amirul hajj yang harus dituntaskan sampai masa jabatan kementerian berakhir pada 20 Oktober 2014.

“Puncak ibadah haji wukuf jatuh di awal Oktober 2014, masa di sekitar pelantikan DPR tanggal 1 Oktober 2014,” kata Romahurmuziy. Karena itu, DPP PPP memahami pengajuan pengunduran diri Lukman tersebut dan menyatakan menerima pengunduran diri Lukman.

“DPP PPP mengucapkan terima kasih atas perjuangannya yang gigih mempertahankan kursi PPP di Jateng VI pada Pemilu 2014, serta memberi apresiasi yang tinggi dan mendoakan keselamatan, atas pengutamaannya menuntaskan tugas-tugas keumatan,” kata Romahurmuziy.

Hari ini, DPP PPP akan membuat surat resmi penggantian caleg terpilih sesuai ketentuan Undang-Undang. Lukman akan diaganti oleh caleg yang memperoleh suara terbanyak berikutnya atas nama KH Muslih ZA dengan suara 16.183.




Dua caleg terpilih asal Golkar yang dipecat DPP Golkar, Nusron Wahid dan Agus Gumiwan, diperkirakan tetap akan masuk dalam daftar yang akan dilantik jika sampai pelantikan belum ada putusan berkekuatan hukum tetap untuk kasus pemecatan tersebut. “Sampai sekarang masih tetap akan dilantik, selama belum ada keputusan hukum yang bersifat tetap,” kata Husni.

Akomodasi pelantikan
Komisioner KPU, Arief Budiman, di Jakarta, Selasa (2/9), mengatakan, KPU akan mengumpulkan para caleg terpilih itu beberapa hari sebelum pelantikan untuk persiapan. Selain pelantikan, KPU akan memberi pembekalan kepada mereka.

“Kita akan kumpulkan caleg terpilih tanggal 29 September, kemudian 30 September gladi resik untuk sesi DPR dan DPD,” kata Arief. Tanggal 1 Oktober acara pelantikan dimulai dengan upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, kemudian rombongan baru dibawa ke gedung DPR/MPR untuk pelantikan.

KPU akan menanggung anggaran pelantikan caleg terpilih terutama untuk transportasi dan akomodasi serta transportasi. Pendanaan akan diambilkan dari anggaran KPU, yang saat ini alokasinya masih tersedia sekitar Rp 4 triliun.

Arief belum bisa menyebutkan, berapa anggaran pasti untuk pelantikan nantinya. “Kira-kira satu persennya saja tak sampai. Pokoknya saya pesan agar yang bisa diefisienkan bisa diefisienkan. Misalnya kalau tak perlu 5 hari di Jakarta kita kurangi 4 hari, jadi kita mampatkan semuanya,” kata Arief. (AMR/NTA)



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 comments:

Item Reviewed: KPU Siapkan Pelantikan Caleg Terpilih 1 Oktober Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM