728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 04 Juli 2014

Syarat Menang Capres Segera Ditetapkan KPU


Komisi Pemilihan Umum pada Senin (23/6) malam menggelar rapat pleno yang membahas soal syarat menang dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014. KPU diharapkan bisa segera mengambil keputusan untuk memastikan apakah perlu ada putaran kedua jika nantinya tak ada capres yang meraih dua syarat yang ditetapkan konstitusi dan undang-undang.

Komisioner KPU, Ida Budhiati, mengatakan, keputusan apakah akan ada putaran kedua atau tidak nantinya tak akan menunggu keputusan uji materi UU Pemilu Presiden dan Wakil Presiden yang sedang disidangkan di Mahkamah Konstitusi.

“Jika nanti hasil keputusan MK bertentangan dengan keputusan KPU, maka kami akan tetap mengikuti keputusan MK,” kata Ida. KPU tetap menghormati dan mengikuti proses yang sedang berjalan di MK.

Sejak awal, KPU berusaha mengatus sendiri soal syarat menang capres dengan mengeluarkan Peraturan KPU No 21/2014 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Serta Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Tahun 2014.

Namun, PKPU tersebut dinilai belum spesifik secara tekstual apakah nantinya akan ada putaran kedua atau tidak. Bunyi norma dalam konstitusi dan UU memang sudah jelas mengatur jika tak ada pasangan calon yang memenuhi ambang batas presidential, maka perlu dilakukan pemungutan suara lagi atau lebih dikenal sebagai putaran kedua.

Kriteria penetapan capres dan cawapres terpilih menjadi diperdebatkan dengan hanya ada dua pasangan calon yang bertanding. Kriteria tersebut telah tertuang dalam UUD 1945 Pasal 6a Ayat (3), yang diturunkan dalam UU Pemilu Presiden dan Wakil Presiden No 42/2008 Pasal 159 ayat (1).

Dalam Pasal 6a ayat (3) UUD 1945, yang diturunkan pula dalam UU No 42 Tahun 2008 Pasal 159 ayat (1), disebutkan pasangan calon terpilih adalah pasangan calon yang memperoleh suara lebih dari 50 persen dari jumlah suara dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dengan sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di lebih dari setengah jumlah provinsi di Indonesia. Ayat itu menjadi multitafsir ketika pasangan yang berlaga hanya ada dua.

Banyak pihak menilai, ketentuan soal putaran kedua hanya relevan untuk pasangan calon yang lebih dari dua pasangan. Namun demikian, Ida mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan seperti apa keputusan KPU nantinya. “Besok baru pasti seperti apa hasil keputusannya,” kata Ida.

Keputusan tersebut akan merevisi salah satu pasal di dalam PKPU No 21/2014. Hingga kemarin malam, rapat pleno baru digelar. “Nanti PKPU-nya akan direvisi sesuai dengan hasil pleno malam ini (kemarin),” kata Ida. (AMR)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Item Reviewed: Syarat Menang Capres Segera Ditetapkan KPU Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM