728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 04 Juli 2014

Pilpres Luar Negeri 4-6 Juli

Komisi Pemilihan Umum menyatakan kesiapannya untuk menggelar pemilu presiden di luar negeri yang digelar lebih awal dibanding pemilu di dalam negeri 9 Juli. Tiga metode untuk menggunakan hak pilih di luar negeri akan diterapkan, yaitu dengan langsung datang ke Tempat Pemungutan Suara, menggunakan kotak jemputan atau dropbox dan melalui pos.

Ketua KPU, Husni Kamil Manik, di Jakarta, Rabu (2/7), mengatakan, berdasarkan laporan yang masuk, ketersediaan logistik di luar negeri sudah siap semua untuk digelar Pemilu lebih awal pada 4, 5, dan 6 Juli nanti. “KPU juga telah mengirim surat suara ke pemilih yang sudah menyatakan mereka membutuhkan pelayanan lewat pos,” kata Husni.

Pemilih di luar negeri yang tak terjangkau dengan TPS telah dikirimi surat oleh panitia untuk menanyakan metode apa yang ingin mereka gunakan untuk memberikan suara. Jika memutuskan menggunakan metode pos, maka panitia telah mengirim surat suara yang nantinya harus dikembalikan lagi ke panitia.

Untuk sistem dropbox, KPU mengatakan pihaknya telah mengembangkan melalui prinsip yang mirip dengan pos antaran. “Dari pengalaman pemilu legislatif lalu, sistem dropbox dapat lebih melayani pemilih dibanding TPS yang statis. Kalau dropbox ini dinamis, bergerak,” kata Husni.

Ditanya soal bagaimana keamanan dropbox, Husni mengatakan, mekanisme pelayanan dropbox ini selalu didampingi saksi dari pasangan calon. “Kemudian jika di negara itu ada Bawaslu yang telah memiliki petugasnya, maka pengawas lapanganya jaga dibawa,” kata Husni.

Dropbox hanya dibuka satu hari dan setelah itu dibawa ke kantor perwakilan. “Di sana disimpan sementara sampai tanggal 9 Juli untuk nantinya dilakukan penghitungan bersamaan dengan di Indonesia pada 9 Juli,” kata Husni.

Dropbox tidak akan dibuka berhari-hari di suatu tempat. Husni mencontohkan, petugas akan datang ke lokasi yang banyak dihuni WNI. “Misal datang di suatu kilang di Malaysia, maka pemilih diberitahu bahwa dropbox diletakkan di kilang itu dan pemilih yang datang ke situ,” kata Husni.

Jadwal dan hari pemungutan suara di luar negeri telah ditetapkan dengan Surat Keputusan (SK) KPU No 462 Tentang Hari dan Tanggal Pemungutan Suara untuk Pilpres di Luar Negeri. Terdapat 130 perwakilan yang menggelar pemilu lebih awal.

Di media sosial sempat beredar gambar surar suara yang diklaim diterima di Hongkong, beberapa orang menyebutnya di Taiwan, dengan kondisi hanya ada satu gambar calon. Terkait masalah tersebut, Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, sempat menanyakan ke panitia di Hongkong.

PPLN Hongkong akan mengecek sisa surat surat suara yang ada di TPS. Sejauh ini, PPLN Hongkong belum menemukan dugaan surat suara yang rusak tersebut.

Namun, kata Ferry, pengecekan oleh PPLN Hongkong hingga malam kemarin belum selesai. Pihak PPLN Hongkong khawatir, gambar sura suara yang hanya memuat gambar salah satu pasangan calon tersebut hanyalah isu yang sengaja dihembuskan karena hingga kemarin tidak ada laporan resmi yang masuk ke PPLN Hongkong. (AMR)

Lampiran Jadwal Pemilu Presiden di Luar Negeri
Tanggal 4 Juli 2014
Abu Dhabi, Addis Ababa, Alger, Amman, Dhaka, Doha, Dubai, Havana, Jeddah, Khartoum, Kuwait, Kyiv, Manama, Maputo, Moskow, Muscat, Sana'a, dan Teheran.


Tanggal 4-5 Juli (4 Juli Pk 16.00 – 5 Juli Pk 03.00)
Riyadh


Tanggal 5 Juli 2014
Ankara, Antananarivo, Astana, Baghdad, Baku, Bangkok, Beograd, Berlin, Bern, Bogota, Brastislava, Brussel, Bucharest, Budapest, Buenos Aires, Canberra, Cape Town, Caracas, Colombo, Dakar, Darwin, Davao City, Den Haag, Dili, Frankfurt, Hamburg, Helsinki, Houston, Istanbul, Johar Bahru, Kaboul, Kairo, Karachi, Kopenhagen, Kuala Lumpur, Lagos Abuja, Lima, London, Los Angeles, Melbourne, Mumbai, Nairobi, New Delhi, New York, Oslo, Ottawa, Panama City, Paramaribo, Praha, Pretoria, Rabat, San Fransisco, Santiago, Sarajevo, Sofia, Songkhla, Stockholm, Suva, Sydney, Tashkent, Toronto, Tripoli, Tunis, Vancouver, Vanimo, Vientianne, Warsawa, Washington DC, Wellington, Wina, Windhoek, dan Zagreb.

Tanggal 6 Juli 2014
Abuja, Athena, Beijing, Beirut, Brazillia, BS Begawan, Chicago, Damascus, Dar Es Salam, Guangzhou, Hanoi, Harere, Ho Chi Minh, Hongkong, Islamabad, Kota Kinabalu, Kuching, Lisabon, Madrid, Manila, Marseille, Mexico City, Noumea, Osaka, Paris, Penang, Perth, Phnom Penh, Port Moresby, Pyongyang, Quito, Roma, Seoul, Shanghai, Singapura, Taiwan, Tawau, Tokyo, Vatikan, dan Yangoon.







  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Pilpres Luar Negeri 4-6 Juli Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM