728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 04 Juli 2014

Pelacak Percakapan Pilpres Diluncurkan di Facebook

Bubu.com bekerjasama dengan Facebook meluncurkan aplikasi pelacak percakapan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014. Aplikasi ini bisa menghimpun semua mentions atau percakapan di seluruh dunia terkait nama-nama capres dan cawapres yang sedang berlaga dalam Pilpres.

Chief Executive Officer (CEO) Bubu.com, Shinta Witoyo Dhanuwardoyo, di Jakarta, Selasa (24/6), mengatakan, aplikasi bernama “Indonesia Election Tracker: Suara Indonesia” tersebut dibangun oleh Bubu sebagai pengembang aplikasi. “Peran Facebook adalah memberi izin kami untuk menarik data dari percakapan di Facebook,” kata Shinta.

Facebook memberikan akses kepada Bubu dalam bentuk Antarmuka Pemrograman Aplikasi atau Application Programming Interface (API), yang memungkinkan aplikasi “Suara Indonesia” untuk berinteraksi dengan mesin Facebook. “Tanpa izin Facebook, kami tak bisa merealisasikan aplikasi ini,” kata Shinta.

Metodologinya cukup sederhana yaitu mengumpulkan semua percakapan terkait nama-nama capres dan cawapres yang bertanding. Kemudian, aplikasi tersebut memvisualisasikan dalam bentuk grafis. “Kami memvisualisasi mention atau penyebutan percakapan terkait nama-nama kandidat,” kata Shinta.

“Suara Indonesia” menarik data percakapan tersebut kemudian visualisasinya bisa dilihat berdasarkan per daerah, jenis kelamin, dan usia. “Yang ditarik semua percakapan di Facebook,” kata Shinta.

Shinta yakin, percakapan soal Pilpres di media sosial paling banyak, sekitar 70 persen – 80 persen, terjadi di Facebook bukan di Twitter. Percakapan yang dihimpun tersebut divisualisasikan dalam rentang per harian. “Kami masih berusaha untuk menampilkan data per jam nantinya,” kata Shinta.

Head of Facebook Indonesia, Anand Tilak, mengatakan di Indonesia, lebih dari 69 juta pengguna Facebook melakukan percakapn setiap bulannya. “Tampilan aplikasi ini membolehkan warga Indonesia yang menggunakan Facebook untuk melihat bagaimana kecenderungan kandidat dibicarakan dari sekarang hingga pemilihan nanti,” katanya.

Aplikasi bisa dibuka di http://goo.gl/62HKlK. Hingga kemarin malam, data satu hari terakhir menggambarkan Capres Prabowo Subianto dibicarakan oleh 43,87 persen pengguna Facebook, sementara untuk Joko Widodo dibicarakan oleh 54,3 persen. Untuk wapres, Hatta Rajasa dibicarakan oleh 0,89 persen pengguna Facebook, dan Jusuf Kalla oleh 0,94 persen pengguna Facebook.

Dari semua pulau besar di Indonesia, Prabowo tampak menguasai satu pulau yaitu di Sulawesi. Sisanya, dikuasai oleh Jokowi. (AMR)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Item Reviewed: Pelacak Percakapan Pilpres Diluncurkan di Facebook Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM