728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 11 Juni 2014

“Pindah Memilih” Sudah Bisa Diurus

Komisi Pemilihan Umum mengingatkan kepada para pemilih yang akan memilih di tempat lain atau pindah memilih, sudah bisa mengurus syarat pindah memilih. Pemilih harus mendapatkan formulir A5 atau formulir pindah memilih yang nantinya akan diserahkan ke Panitia Pemungutan Suara di desa atau kelurahan tempat tujuan memilih.

Komisioner KPU, Hadar N Gumay, di Jakarta, Rabu (11/6), mengatakan, sekarang dalam Peraturan KPU sudah eksplisit disebutkan untuk mengurus pindah memilih bisa dilakukan baik di tempat asal maupun di tempat tujuan. “Tujuannya untuk mempermudah pemilih di perantuan untuk bisa menggunakan haknya,” kata Hadar.

Ketentuan tersebut tertuang dalam Peraturan KPU No 9/2014 tentang Penyusunan Daftar Pemilih Untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014. “Sebenarnya Daftar Pemilih Tetap itu sudah ditetapkan di tingkat kabupaten pada rentang 7-9 Juni, nanti di tingkat nasional tinggal merekap saja, jadi sekarang pemilih sudah bisa mengurus formulir pindah memilih karena sudah ada DPT-nya,” kata Hadar.

Pemilih yang pindah memilih nantinya akan dimasukkan dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Untuk bisa pindah memilih, harus ada alasannya yaitu karena menjalankan tugas pada saat pemungutan suara atau karena kondisi tidak terduga di luar kemauan dan kemampuan pemilih. Misalnya karena sakit, menjadi tahanan, bencana alam, sehingga tidak dapat menggunakan hak pilihnya di TPS di tempat yang bersangkutan terdaftar.

DPTb disusun paling lama tiga hari sebelum tanggal pemungutan suara. Untuk bisa masuk dalam DPTb, pemilih harus sudah terdaftar dalam DPT dan kemudian melapor ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) asal untuk mendapatkan formulir A5 dengan membawa kartu identitas.

Nantinya, pemilih dengan membawa formulir A5 harus melapor kepada PPS tempat tujuan memilih paling lambat tiga hari sebelum pemungutan suara. “Kalau tak sempat mengurus A5 di tempat asal, bisa mengurus di tempat tujuan namun harus lewat KPU kabupaten/kota,” kata Hadar.

KPU dijadwalkan hari ini, Kamis (12/6) akan menggelar rekapitulasi DPT tingkat nasional di KPU. Hadar berharap, acara rekapitulasi tersebut tinggal merekap saja DPT dari berbagai provinsi dan tak ada masalah di dalamnya.

KPU tiap tingkatan telah memberikan data pemilih kepada parpol di tiap tingkatan dan juga diajak dalam rapat-rapat. “Harusnya yang di tingkat daerah mereka para parpol itu sudah ajukan keberatan karena mereka diajak rapat-rapat dan diberi tembusan data” kata Hadar.
Namun memang ada kendala, karena di daerah-daerah ternyata tak ada perwakilan tim pasangan calon sehingga sulit untuk berkoordinasi. Namun hal itu sudah diatasi dengan mengundang setiap perwakilan parpol. (AMR)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: “Pindah Memilih” Sudah Bisa Diurus Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM