728x90 AdSpace

Latest News
Sabtu, 31 Mei 2014

Timses Bayangan dan Ilegal Harus Didaftar ke KPU


Direktur Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini, menyoroti soal penggalangan dana dari tim relawan atau tim bayangan di luar tim resmi pasangan capres. Tim seperti ini jelas menguntungkan pasangan capres tersebut namun tak mau secara resmi.
“KPU harus tegas atur agar tim-tim ilegal yang menjadi titik penyalahgunaan dana kampanye itu didaftar,” kata Titi.

KPU harus belajar banyak dari pemilu legislatif. “Kontrol juga jajaran KPU di level bawah, jangan hanya fokus melayani peserta pemilu,” kata Titi.

Koordinator Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), M Afifudin, mengatakan, Parpol harus proaktif melaporkan dana kampanye dari semua pemasukan. “Kalo ada timses yang menggalang dana harus dilaporkan ke KPU, jangan sampai tak dilaporkan dengan dalih karena bukan timses resmi,” kata Afif.

Semua lalu lintas uang yang menjadi bagian pemenangan capres harus diawasi penyelenggara pemilu. “Belajar pada Pileg lalu, putaran uang Pileg yang tak dilaporkan itu 10 kali lipat dari yang dilaporkan, dengan berkilah itu rekening pribadi bukan rekening khusus dana kampanye,” kata Afif.

JPPR juga mendesak para pasangan calon agar penggalangan dana dari relawan iharus masuk dalam rekening khusus dana kampanye dan harus dilaporkan ke KPU.

“Rekening khusus dana kampanye dilaporkan ke KPU tapi kalau ada rekening lain untuk pemenangan, kita desak juga agar rekening seperti itu juga dilaporkan. Itu praktik sampingan yang harus dilaporkan. Kalau tidak ada penyalahgunaan, pasangan capres tak perlu takut melaporkan,” kata Afif. (AmirSodikin.com)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Item Reviewed: Timses Bayangan dan Ilegal Harus Didaftar ke KPU Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM