728x90 AdSpace

Latest News
Sabtu, 31 Mei 2014

Tim Kampanye Semuat Tingkatan Harus Buat Rekening Khusus

KPU juga mengharuskan agar tim kampanye tingkat nasional maupun provinsi dan atau kabupaten/kota wajib wajib mencatat semua penerimaan dan penggunaan dalam pembukuan khusus Dana Kampanye. Demikian disampaikan Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, di Jakarta, Jumat (30/5).

Jika tim kampanye nasional juga membentuk tim kampanye tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, maka mereka juga diwajibkan membuka dan melaporkan Rekening Khusus Dana Kampanye. Rekening Khusus yang dibuka atas nama Tim Kampanye tingkat nasional, provinsi atau kabupaten/kota harus dilengkapi dengan surat pernyataan pasangan calon.

Laporan Rekening Khusus Dana Kampanye harus disampaikan kepada KPU sesuai dengan tingkatannya paling lambat tujuh hari setelah pasangan calon ditetapkan sebagai peserta pemilu. KPU juga mengingatkan agar para penyumbang dicatat identitasnya dengan lengkap dan penyumbang membuat pernyataan yang menyatakan penyumbang tidak menunggak pajak, tidak dalam keadaan pailit berdasarkan putusan pengadilan, dana tidak berasal dari tindak pidana, dan sumbangan bersifat tidak mengikat.

Ketentuan batasan maksimal sumbangan dari perseorangan telah diatur di Pasal 10 PKPU No 17/2014. “Untuk perseorangan maksimal Rp 1 miliar, dan dari kelompok, perusahaan, atau badan usaha nonpemerintah maksimal Rp 5 miliar,” kata Ferry.

Ferry mengingatkan, para pasangan dilarang menerima sumbangan yang berasal dari pihak asing, penyumbang yang tidak benar atau tidak jelas identitasnya, hasil tindak pidana, sumbangan pemerintah atau badan usaha pemerintah.
(AmirSodikin.com)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Item Reviewed: Tim Kampanye Semuat Tingkatan Harus Buat Rekening Khusus Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM