728x90 AdSpace

Latest News
Sabtu, 31 Mei 2014

Sumbangan dari Masyarakat Harus Dilaporkan ke KPU

Para pemerhati dan pemantau pemilu mendesak Komisi Pemilihan Umum untuk mewajibkan dana-dana sumbangan dari relawan dan sumbangan dari masyarakat untuk pasangan calon presiden agar dilaporkan ke KPU. KPU sendiri meminta pasangan calon presiden agar memperhatikan aturan pengelolaan dana kampanye.

Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, mengatakan, untuk mengatasi berbagai pertanyaan atau polemik terkait penggalangan dana kampanye, KPU telah mengeluarkan peraturan baru yaitu Peraturan KPU No 17 Tahun 2014 tentang Dana Kampanye Peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014.

“Kita berharap mereka para pasangan calon mengacu ke PKPU No 17 Tahun 2014 itu,” kata Ferry. Kesulitannya, memang pendukung atau relawan dan tim bayangan tersebut biasanya tak terdaftar. Namun, KPU telah menetapkan aturan bahwa dana kampanye harus dikelola dan dipertanggungjawabkan secara akuntabel dan transparan.

Sumber dana kampanye sendiri hanya ada tiga yaitu dari pasangan calon, parpol atau atau gabungan parpol pengusul, dan dari sumbangan yang sah menurut hukum dari pihak lain.

Dana dari pihak lain itulah yang bisa berasal dari perseorangan, kelompok, perusahaan, dan atau badan usaha nonpemerintah. “Asalkan sumbangan pihak lain itu tidak berasal dari tindak pidana dan bersifat tidak mengikat,” kata Ferry.

Ferry mengingatkan, dana kampanye berupa uang yang bersumber wajib dicatat dan ditempatkan pada Rekening Khusus Dana Kampanye sebelum digunakan untuk kegiatan Kampanye Pemilu. Rekening khusus tersebut dibuat paling lambat tiga hari setelah ditetapkannya sebagai peserta pemilu. (AMR)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Item Reviewed: Sumbangan dari Masyarakat Harus Dilaporkan ke KPU Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM