728x90 AdSpace

Latest News
Sabtu, 31 Mei 2014

Ditetapkan Capres, Pasangan Jokowi-Kalla dan Prabowo-Hatta Dikawal Ketat

Komisi Pemilihan Umum secara resmi telah menetapkan dua pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden, yaitu Joko Widodo – Jusuf Kall dan Prabowo Subianto – Hatta Rajasa menjadi pasangan capres dan cawapres. Kepada kedua pasangan tersebut telah melekat fasilitas pengawalan ketat sebagai capres dan cawapres.

Rapat pleno penetapan pasangan capres-cawapres tersebut digelar tertutup pada Sabtu (31/5) di Kantor KPU, Jakarta, mulai pukul 10.00. Komisioner KPU, Hadar N Gumay, ditunjuk sebagai juru bicara dalam konferensi pers pasca rapat pleno tertutup.

Hadar mengatakan, semua pasangan calon telah memenuhi persyaratan calon yang diwajibkan oleh KPU dan lolos verifikasi. Persyaratan calon itu diantaranya WNI, tidak pernah mengkhianati negara, tak pernah korupsi atau melakukan pidana berat lainnya.

Kedua pasangan juga dinyatakan sehat jasmani dan rohani, tidak sedang memiliki tanggungan utang yang bisa merugikan negara, tidak sedang dalam pailit, tidak pernah melakukan perbuatan tercela, dan bukan bekas anggota PKI.

Penetapan tersebut dituangkan dalam Keputusan KPU No 453/KPPS/KPU tahun 2014 tentang Penetapan Capres dan Cawapres 2014. “Kami nanti akan mengirimkan surat keputusan ini kepada kedua pasangan calon,” kata Hadar.

Komisioner KPU lainnya, Ida Budhiati, mengatakan, berdasarkan verifikasi KPU, kedua pasangan calon sudah memenuhi persyaratan. Termasuk isu ada salah satu pasangan calon yang pernah mendapat kewarganegaraan dari negara lain, berdasarkan surat keterangan dari Depkumham hal itu tidak benar dan sudah clear.

Hadar mengatakan, kedua pasangan juga telah dinyatakan tak pernah melakukan perbuatan tercela. Hal itu diukur dengan adanya Surat Keterangan Catatan Kepolisian. “Surat yang kami terima jelas mereka tidak tercela,” kata Hadar.

Setelah tahapan penetapan capres dan cawapres, hari ini, Minggu (1/7), KPU akan menggelar pengundian nomor urut pasangan capres-cawapres di Kantor KPU, pukul 14.00. Kedua pasangan calon diwajibkan hadir dalam acara tersebut.

Pengawalan melekat
Dengan ditetapkan kedua pasangan itu sebagai capres dan cawapres, maka kepada mereka telah melekat sistem pengamanan dan pengawalan yang disedakan negara. KPU telah menerima daftar nama para pengawal yang cukup panjang untuk mengamankan dan mengawal kedua pasangan.

“Kami tadi terima daftar nama yg cukup panjang, ada 372 personel. Setiap pasangan dapat 93 personel x 2, itu terbagi dalam tiga shift,” kata Hadar. Pengamanan melekat ini akan dilakukan sampai Pilpres selesai.

Kewajiban pengamanan itu tertuang dalam UU No 42 Tahun 2008 tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden. Dalam Pasal 65 Ayat (3) dan (4), disebutkan capres dan cawapres yang bukan presiden dan wapres, selama kampanye diberikan fasilitas pengamanan, kesehatan, dan pengawalan oleh kepolisian. Pengamanan dan pengawalan tersebut dibiayai dari APBN. (AMR)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Item Reviewed: Ditetapkan Capres, Pasangan Jokowi-Kalla dan Prabowo-Hatta Dikawal Ketat Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM