728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 28 Mei 2014

Bakal Capres Masih Tunggu Verifikasi KPU


Kemarin, Selasa (27/5), semua bakal pasangan calon presiden baik dari kubu Joko Widodo - Jusuf Kalla dan Prabowo Subianto – Hatta Rajasa telah menyerahkan semua berkas kelengkapan ke Komisi Pemilihan Umum. Namun demikian, proses seleksi dan verifikasi belum berakhir bahkan baru akan dimulai dengan verifikasi berkas.

Komisioner KPU yang membidangi dividi hukum, Ida Budhiati, mengatakan, status dua pasangan tersebut masih sebagai bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden hingga ditetapkannya mereka sebagai calon presiden dan calon wakil presiden pada 31 Mei. Itu pun, jika mereka lolos dalah tahapan verifikasi persyaratan administrasi.

“Kami hari ini (kemarin) sudah menerima dokumen perbaikan dari bakal calon. Selanjutnya KPU akan melaksanakan verifikasi,” kata Ida. Verifikasi ini menjadi tahapan yang paling penting untuk meneliti kebenaran dokumen yang mereka lampirkan saat pendaftaran bakal calon.

Verifikasi akan digelar KPU hingga 29 Mei nanti. Selain verifikasi yang sifatnya administratif, KPU juga bisa melakukan verifikasi secara faktual. “Dalam melakukan verifikasi, KPU dapat melakukan klarifikasi pada instansi yang berwenang,” kata Ida.

Selanjutnya, hasil verifikasi yang telah dilakukan akan disampaikan pada bakal calon dan parpol pengusung pada 30 Mei. Jika bakal calon yang mendaftar semua lolos seleksi administratif, maka KPU akan menetapkan mereka dari statusnya bakal calon menjadi calon pada 31 Mei. Keesokan harinya, akan dilakukan pengundian nomor urut capres-cawapres.

Namun, jika ada pasangan bakal calon atau salah satu bakal calon yang tak lolos seleksi, tak serta merta parpol pengusung kehilangan kesempatannya untuk memiliki capres-cawapres. KPU sesuai kewenangannya, akan meminta parpol pengusung agar mengajukan bakal calon pengganti. Ketentuan ini diatur dalam UU no 42 Tahun 2008 tentang Pemilu Presiden maupun di Peraturan KPU No 15 Tahun 2014. (AmirSodikin.com)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Bakal Capres Masih Tunggu Verifikasi KPU Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM