728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 21 April 2014

TKI Protes Dugaan Pelanggaran Pemilu di Tawau


Para tenaga kerja Indonesia yang bekerja di ladang-ladang di Tawau, Sabah, Malaysia, membuat surat protes yang menyatakan pemilu di Sabah berlangsung tidak sesuai aturan. Banyak diantaranya mereka yang sudah mendapat izin dari majikan untuk ikut pemilu, namun nama mereka tak ada di daftar pemilih dan mereka tak bisa mencoblos karena tak mendapatkan surat suara.

Jumlah tenaga kerja yang menandatangani surat protes tersebut sebanyak 111 orang yang mengaku bekerja di ladang dan kebun di wilayah Tawau, Sabah, Malaysia. Surat protes itu kemudian dibawa oleh Dwiki Dharmawan, calon legislatif Partai Amanat Nasional, yang didampingi Dewan Pengurus Pusat PAN, untuk dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Ketua DPP PAN, Didi Supriyanto, mengatakan, pihaknya melaporkan dugaan pelanggaran pelaksanaan pemilu legislatif di Tawau tersebut ke Badan Pengawas Pemilu, Kamis (16/4). “Banyak TKI yang tak mendapatkan surat suara sehingga tak bisa mencoblos. Di Tawau itu tak pernah ada sosialisasi caleg dari manapun, tiba-tiba suaranya dikuasai partai tertentu,” kata Didi.

Dalam surat protes TKI, disebutkan, banyak dari mereka yang tak mendapatkan surat suara padahal nama-nama mereka sudah didaftarkan lewat perusahaan agar masuk dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri. “Yang menjadi kekesalan dan kekecewaan kami, hari itu kami sudah diberi izin perusahaan untuk cuti mencoblos di ladang kami, tapi surat suara yang dikirim tidak cukup sehingga merugikan kami,” kata mereka.

Mereka juga menduga, proses penghitungan suara tak sesuai dengan prosedur yang berlaku dan tak ada jaminan keamanan. Tak adanya saksi dalam setiap proses pemilu, menjadi sorotan utama dalam surat protes tersebut.

Masyarakat berharap, kasus tersebut ditelusuri dan diusut. Jika terbukti ada pelanggaran dalam pelaksanaan pemilu, maka Pemilu harus diulang. Didi mengatakan, Bawaslu diharapkan segera menindaklanjuti laporan TKI tersebut karena telah menyentuh aspek mendasar dalam pemilu yaitu prinsip yang seharusnya dilakukan secara jujur dan adil. (AMR)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Item Reviewed: TKI Protes Dugaan Pelanggaran Pemilu di Tawau Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM