728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 07 Maret 2014

KPPS Harus Distribusikan Undangan dengan Adil

Komisi Pemilihan Umum mengingatkan tentang pentingnya petugas Kelompok Penyelengara Pemungutan Suara (KPPS) tingkat kelurahan/desa agar benar-benar menyerahkan undangan kepada pemilih, atau sering disebut formulir model C6, secara adil. Formulir ini bagi sebagian orang dianggap penting karena dianggap sebagai pemberitahuan kepada pemilih untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara.

Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, di Jakarta, Senin (24/2), mengingatkan agar KPPS sudah menyampaikan formulir C6 paling lambat tiga hari sebelum pemungutan suara.

Jika pemilih yang sudah terdaftar belum menerima formulir C6 atau formulir itu sudah diterima namun hilang, maka pemilih dapat meminta ke Ketua KPPS setempat dengan menunjukkan kartu tanda penduduk atau identitas lain.
“Harus dipastikan bahwa pemohon C6 itu ada di daftar pemilih,” kata Ferry.

Namun demikian, Ferry juga mengatakan, andaikan ada pemilih yang tak menerima formulir C6, maka itu bukan penghalang untuk ikut memberikan suaranya di TPS. Mereka tetap dijamin haknya untuk bisa mencoblos walaupun tak membawa C6.

Dalam berbagai kesempatan Ferry juga sering mengingatkan, agar KPPS tetap menjaga independensinya dengan memberikan formulir C6 kepada semua calon pemilih. Pada pemilu periode sebelumnya, memang banyak ditemukan KPPS yang dianggap tak independen sehingga hanya memberikan formulir C6 kepada orang-orang dari pendukung partai tertentu.

Karena itu, KPU membuat sistem baru agar bisa memantau bahwa para petugas KPPS sudah menyerahkan formulir C6 kepada pemilih yang terdaftar. “Nanti akan ada berita acaranya bahwa KPPS telah menyerahkan formulir C6 kepada semua pemilih,” kata Ferry.

KPU memahami, di banyak tempat di Indonesia, undangan atau formulir C6 ini bagi sebagian orang memang dianggap menjadi semacam legitimasi dan penghargaan bahwa seseorang memang berhak untuk memilih. Jangan sampai, nantinya KPPS tak memberikan formulir C6 hanya karena tidak independen terhadap salah satu peserta pemilu. (AMR)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: KPPS Harus Distribusikan Undangan dengan Adil Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM