Memberi Napas Baru buat Gadget Android Lama (Tulisan 1)

Produk teknologi yang telah berusia biasanya mengalami persoalan performa. Seperti halnya, komputer tua dan dipakai terus-terusan, telepon cerdas atau tablet berbasis Android pun akan mengalami penurunan performa setelah beberapa lama dipakai.

Banyak alasan mengapa hal itu terjadi seperti memori yang terbatas atau tidak lagi bisa mendukung aplikasi yang terus berkembang. Parahnya lagi, produsen smartphone maupun tablet biasanya tidak lagi mendukung perangkat lunak produknya setelah beberapa lama.

Saat produsen tak melanjutkan dukungannya, saat itulah smartphone maupun tablet perlahan tapi pasti bakal sekarat. Sistem operasi dari Google ini pertama muncul dalam versi satu pada 2007 lalu, kemudian diikuti dengan Android Cupcake, disusul Donut, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, dan terakhir Kitkat.

Produsen pun tak henti-hentinya mengeluarkan smartphone maupun tablet baru. Konsumen pun seperti dipaksa untuk terus-terusan mengikutinya.

Single content advertisement top

Namun, tentu tidak semua bisa setiap saat membeli telepon maupun tablet baru, membuang perangkat lamanya. Banyak yang tetap setia dengan gadget lamanya karena berbagai alasan seperti masalah ekonomi ataupun alasan lain.

Kemunculan Kitkat memberikan harapan baru bagi pemilik gadget lama. Google seperti mengerti kebutuhan pengguna telepon genggam yang tidak mau terus-terusan berganti perangkat.

Berkat pengurangan pada jejak memori, Kitkat bisa nyaman berjalan di gadget dengan RAM hanya 512 Mb. Gadget dengan memori sebesar itu jika tidak gadget murah, sudah pasti berusia lanjut.

Namun tak semua gadget Android mendapatkan ROM terbaru ini. Hanya model dan jenis tertentu saja gadget keluaran raksasa teknologi seperti Samsung, Sony, Motorola, dan lain-lainnya yang disuguhi Kitkat secara resmi. Samsung misalnya, tidak memberikan Kitkat untuk perangkat Galaxy Tab 2 10.1.

(Berlanjut ke Tulisan 2)

(Prasetyo Eko P)

Sumber: Kompas cetak, 5 Maret 2014

Single content advertisement bottom
Don't miss the stories followPortal Berita Indonesia and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
prev-next.jpg

Raspberry Pi : Komputer Mungil dengan Ambisi Besar

Hati-hati, Kloning Smartphone Makin Canggih

Related posts