728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 14 Februari 2014

Tiga Orang Meninggal Terdampak Abu Vulkanik Kelud

Ilustrasi
Walaupun letusan Gunung Kelud tak menimbulkan korban langsung, namun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan akibat menghirup abu vulkanik, tiga orang warga meninggal di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

"Berdasarkan verifikasi data korban dan perkembangan jumlah pengungsi, tiga orang tewas dan 76.388 jiwa mengungsi erupsi," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho langsung dari Gunung Kelud, Jumat (14/2).

Ketiga korban meninggal dunia itu merupakan warga Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, antara lain Mbok Nya (60) warga Dusun Plumbang, akibat sesak nafas.

Korban kedua adalah Sahiri (70) warga Dusun Ngutut, akibat ertimpa tembok saat menunggu kendaraan evakuasi. Korban ketiga adalah Sanusi (80), warga Dusun Plumbang, akibat sesak nafas saat berlindung di bawah meja.

Ketiga korban tinggal di desa yang berada di radius 7 kilometer dari puncak kawah Gunung Kelud. Di daerah tersebut, tebal abu mencapai 20 centimeter.

Jumlah pengungsi

Hingga kini, sudah ada 76.388 jiwa pengungsi dari lima kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Kediri 66.139 jiwa, Kota Batu 3.220 jiwa, Kabupaten Blitar 2.070 jiwa, Kabupaten Malang 3.610 jiwa, dan Kabupaten Tulungagung 1.349 jiwa.

Letusan Gunung Kelud telah mengeluarkan material sampai 80 juta meter kubik berupa abu dan pasir. Sampai saat ini, di Gunung Kelud masih terjadi gempa embusan dan tremor secara terus menerus, sehingga status Awas (level IV) masih diberlakukan. Dengan kondisi tersebut, radius 10 kilometer masih harus steril dari aktivitas warga.

Gubernur Jatim Soekarwo juga telah menyatakan masa tanggap darurat 13 Februari - 12 Maret 2014. Pemerintah telah menyiapkan sekitar 350.000 masker, yang diberikan kepada warga.
(adm)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Item Reviewed: Tiga Orang Meninggal Terdampak Abu Vulkanik Kelud Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM