728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 04 Februari 2014

Surat Suara Mulai Dicetak

*KPU buat TPS di pengungsian

Selasa (4/2) hari ini, Komisi Pemilihan Umum akan memulai pencetakan surat suara. Dua wilayah akan mendapat prioritas untuk segera mendapatkan logistik surat suara yaitu Luar Negeri dan Papua.

Demikian disampaikan Komisioner KPU Arief Budiman di sela-sela acara validasi terakhir surat suara oleh KPU seluruh Indonesia. Mereka berkumpul di Kantor KPU, Jakarta, Senin (3/2), mulai dari KPU provinsi hingga KPU kabupaten/kota seluruh Indonesia.

“Semua KPU dari seluruh Indonesia hari ini mengecek lagi surat suara sebelum akan dicetak masal, untuk mencookkan apakah sudah sesuai dengan apa yang telah mereka lakukan sebelumnya,” kata Arief.

Menurut Arief, paling lama besok (hari ini), surat suara harus sudah dicetak. Sesuai ketentuan, jumlah yang akan dicetak adalah sejumlah Daftar Pemilih Tetap ditambah dua persen.

“Diproduksi dulu dan kemudian dipak, kira-kira dua pekan prosesnya, setelah itu didistribusikan. Pertengahan Februari diperkirakan sudah bisa didistribusikan,” kata Arief.

Dengan jadwal yang sudah mepet, jika di kemudian hari ada caleg yang diketahui tak memenuhi syarat, maka sudah tak sempat lagi untuk dicoret. “Jika masih sempat, namanya dihapus dan dibiarkan nomor urutnya di situ,” kata Arief.

Setiap anggota KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota harus mengecek setiap DCT di semua daerah pemilihannya. “Mudah-mudahan dalam dua hari ini akan tuntas, paling lambat besok,” kata Arief.

TPS di pengungsian
Menanggapi maraknya bencana di sejumlah daerah, Komisioner KPU Hadar N Gumay, mengatakan, KPU akan mengecek kondisi terakhir di berbagai daerah bencana. Mulai dari korban meninggal, hingga kondisi daerah apakah masih bisa didirikan TPS seperti kondisi normal.

“Jadi perkiraan kami untuk lokasi yang akan lama digunakan untuk mengungsi, tentu kami akan memfasilitasi mereka dengan TPS,” kata Hadar. KPU akan mengecek kondisi terakhir daftar pemilih di daerah bencana, siapa saja yang mengungsi dan ke mana saja mengungsinya.

TPS tak mungkin dipasang di daerah yang dilanda bencana panjang. Oleh karena itu, KPU akan segera mencatat kembali siapa saja yang ada di pengusingsian dan siapa saja yang tetap bertahan di lokasi.

“Yang di Sumatera Utara, akibat erupsi Gunung Sinabung, akan kita cek lagi, sebetulnya TPS-nya bisa saja dicoret tapi yang lebih rumit itu pemindahan lokasi tempat tinggal karena mengungsi,” kata Hadar. Jadi nanti akan diupayakan agar dibangun TPS di sekitar tempat pengungsian.

“Kami akan bangun TPS di daerah pengungsian sehingga hak suara mereka masih bisa digunakan,” kata Hadar. (AMR)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Poskan Komentar

Item Reviewed: Surat Suara Mulai Dicetak Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM