728x90 AdSpace

Latest News
Sabtu, 01 Februari 2014

Suami Anggota KPU Jambi Dimasalahkan Dalam Sidang DKPP

Kiprah suami salah seorang anggota KPU Jambi juga menjadi sasaran pengaduan Pengadu dalam sidang DKPP. Pasalnya, Pengadu menilai Indra Lesmana, suami Nuraida Fitri Habi anggota KPU Jambi, masih menjadi pengurus partai namun juga menjadi pengacara KPU kabupaten atau kota dalam sengketa pilkada.

“Teradu IV telah melanggar kode etik berat. Karena telah melakukan pembiaran terhadap suaminya yang juga pengurus Partai Gerindra Provinsi Jambi terlibat dalam kegiatan penyelenggara Pemilu dengan menjadi kuasa hukum KPU daerah di Provinsi Jambi dalam beberapa sengketa Pilkada,” kata Ilhammi kuasa dari Edi S dalam sidang perdana KPU Jambi tadi siang (30/1) pukul 10.00 WIB.
Selain itu, kata dia, Teradu juga telah menyarankan kepada KPU kabupaten dan kota di Jambi agar menunjuk suami Teradu sebagai kuasa hukum sengketa pilkada.

Pernyataan tersebut disangkal Nuraida Fitri Habi yang juga Teradu IV. Dirinya tidak pernah melakukan pembiaran terhadap suaminya untuk menjadi kuasa hukum dalam sengket pilkada. Dia telah mengingatkan namun suaminya tetap pada pendiriannya. Meskipun demikian, dirinya tidak pernah intervensi atau mempengaruhi kepada KPU kabupaten/kota agar menunjuk suaminya menjadi kuasa hukum dalm setiap sengketa pilkada.

“Selain itu, suami saya hanya dimintai bantuan. Kantor Hukum Maiful Efendi mengajak suami saya untuk membantunya sebagai kuasa hukum KPU kabupaten/kota pada sengketa,” jelasnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Maiful Efendi saat memberikan kesaksian. Dirinya sering menjadi kuasa hukum KPU dalam sengketa pilkada. Suami Teradu yang juga pernah menjadi anggota KPU Tanjung Jabung Barat dinilai telah memiliki pengalaman dalam sengketa Pilkada. “Saya mengajak suami Teradu untuk membantu menjadi kuasa hukum KPU dalam sengketa Pilkada,” jelas dia.

Ada pun keterlibatan suaminya di Partai Gerindra, kata Nuraida Fitri Habi, sudah mengundurkan diri. Suaminya sudah tidak lagi menjadi pengurus partai. Hal tersebut dibenarkan oleh ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Jambi AR Sutan Adil Hendra. Dalam kesaksiannya, Sutan Adil mengatakan, Indra Lesmana telah mengundurkan diri sejak satu tahun lalu pada bulan Januari 2013. “Pada tanggal 21 Januari 2013 mengajukan surat pengurundaran diri. Pada tanggal 25 surat itu sudah resmi kami terima dan sudah tidak ada di kepengurusan partai,” tutup Sutan.

Pihak Teradu I yakni HM Subhan, Teradu II adalah M Sanusi, Teradu III yaitu Desi Arianto, Teradu IV Nuraida Fitri Habi dan Teradu V Pahmi. Selaku ketua majelis Nur Hidayat Sardini dan anggota majelis Valina Singka Subekti serta Saut H Sirait. (*)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Suami Anggota KPU Jambi Dimasalahkan Dalam Sidang DKPP Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM