728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 13 Februari 2014

Sidang Perdana KPU Tanah Laut

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) hari ini, Kamis (13/2) menggelar sidang perdana atas dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Ketua dan Anggota KPU Kab Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Para Teradu ini diperkarakan oleh mitra kerja mereka, Panwaslu Kab Tanah Laut.

Adapun pokok perkaranya yakni para Teradu dianggap tidak profesional karena telah meloloskan caleg dalam DCT yang dianggap tidak memenuhi syarat.

“Para Teradu telah meloloskan caleg dalam DCT atas nama Aflaha yang seharusnya tidak lolos karena terkena pidana korupsi,” terang Supono anggota Panwaslu Tanah Laut.

Mendengar sangkaan tersebut, para Teradu membantahnya. Menurut para Teradu yakni Kamaruzaman, Akhmad Rozi, Trias Handojo, Tri Widoyati dan Rahmatullah pihaknya menerima surat yang isinya hanya menduga-duga dan tanpa ada rekomendasi.

“Setelah penetapan DCT, kami menerima surat dari Panwaslu Kab Tanah Laut, yang isinya menduga-duga salah satu caleg diduga tidak memenuhi persyaratan. Jika isinya itu menduga-duga itu tidak ada kewajiban buat kami untuk menindaklanjutinya,” tegas Akhmad Rozi.
Dalam persidangan yang digelar tadi pagi juga terungkap bahwa ketiga anggota Panwaslu Kab Tanah Laut mendatangi Aflahah di kediamannya. Selaku ketua Panel Majelis Nur Hidayat Sardini didampingi Saut H Sirait dan Ida Budhiati.

Menurut Saut, penyelenggara Pemilu yang mendatangi caleg hingga ke rumahnya itu tidak wajar, lebih baik mendatangi kantor DPC Parpol yang mengurus caleg tersebut. Lebih lanjut Saut juga menjelaskan KPU tidak dapat mengubah putusannya, kecuali melalui Bawaslu, DKPP dan Pengadilan. (*)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Item Reviewed: Sidang Perdana KPU Tanah Laut Rating: 5 Reviewed By: Endonesia.COM